-->

Settings Posts Feature

Cara Marking Plat Untuk Fabrikasi Ducting

Cara Marking Plat Untuk Fabrikasi Ducting

Nursahid

Marking dalam proses fabrikasi adalah istilah yang dipakai untuk membuat sketsa (pola gambar) tiap section dari suatu product yang akan dibuat oleh seorang fitter dalam lembaran plat atau material lainnya. Bisa berbentuk titik – titik atau garis-garis disesuaikan dengan bentuk barang yang akan dibuat berdasarkan drawing.

Sebelum melakukan hal ini seorang fitter seharusnya sudah memahami betul apa yang diinginkan oleh drawing, misalnya bentuknya seperti apa, bagian mana yang akan dimarking, ukurannya berapa dan sebagainya. Atau istilahnya harus bisa membaca gambar.

Selanjutnya kami akan menjelaskan cara marking plate untuk fabrikasi ducting steinless dengan ukuran diameter 1200mm x panjang 6000mm x tebal plat 6mm?

Lihat gambar berikut:

fabrikasi-ducting-stainless-steel

Langkah-langkah Marking Plat

Berikut akan dijelaskan secara sederhana proses markingnya:

  1. Buat coretan untuk menghitung berapa panjang x lebar plat yang kita butuhkan ( baca keterangan di bawah )
  2. Siapkan lembaran plate sesuai kebutuhan.Gunakan ukuran standart,yaitu 6100mm x 1525mm x 6mm.
  3. Siapkan juga peralatan untuk marking, antara lain: meteran, spidol, penggaris panjang, centerpen dll. Silahkan lihat di alat-alat kerja fitter
  4. Tarik meteran dari tepi plat sekitar 5 mm dan buat garis mendatar sejajar dengan tepi plat
  5. Tarik meteran sepanjang 3749,5mm dari 5 mm tadi dan buatlah garis.
  6. Check diagonal sketsa yang sudah kita buat.Lakukan ini dengan benar,usahakan selisih diagonal hanya 0-1 mm,karena jika tidak maka hasil ducting kurang bagus.
  7.  Agar marking tidak mudah terhapus maka gunakan centerpen/penitik untuk menandai tiap sudutnya.

Selanjutnya lakukan seperti langkah no 1 sampai no 7 untuk lembar plat berikutnya.

Lihat gambar:

cara-marking-plat-untuk-fabrikasi-ducting

Cara menghitung panjang plat per-segmen untuk ducting OD 1200 mm

Gunakan rumus lingkaran ini :

   Keliling = 3,14 x diameter   

Jika ingin mengukur dan memotong plat yang melalui proses pengerollan sehingga menjadi lingkaran dengan outside diameter benar-benar 1200 mm , maka bisa menggunakan rumus seperti ini:

Panjang plat = 3,14 x ( OD dikurangi tebal plat ) 
                       = 3,14 x (1200-6)
                       = 3749,5mm

Jadi, panjang plat yang dibutuhkan untuk 1 segmen ducting dengan outside diameter 1200 mm dan tebal plat 6 mm adalah  3749,5 mm.

Berapa lembar plat yang dibutuhkan untuk fabrikasi ducting  dengan panjang 6 meter?

Mari kita hitung. Mengacu pada ukuran plat standart dengan lebar 1525 mm maka untuk membuat ducting dengan panjang 6000 mm, dibutuhkan sebanyak 4 lembar plat markingan dengan ukuran masing-masing: 
  • ukuran 3749,5 x 1525 x 6mm sebanyak  3 lembar, dan
  • ukuran 3749,5 x 1425 x 6mm sebanyak 1 lembar.

Apa langkah selanjutnya setelah marking?

1. Pemotongan / cutting

Pemotongan plat steinless tidak bisa dilakukan dengan cutting torch biasa - kombinasi gas acetyline dan oksigen - tapi harus menggunakan mesin potong plasma,yaitu kombinasi mesin plasma dengan oksigen.

2. Pengerollan plat

Jangan lupa sebelum plat diroll,sambung kedua tepinya dengan plat carbon steel biasa selebar 100 - 150mm untuk free banding agar hasil pengerollan maksimal dan tidak membentuk sudut di pertemuan kedua ujung plat.

Catatan penting:

Mungkin Anda bertanya kenapa harus ada free banding

Jawabannya adalah karena pada saat proses pengerollan, kedua tepi plat tidak mungkin tersentuh oleh roll penjepit,sehingga jika tidak dilakukan penambahan free banding maka hasil pengerollan akan membentuk sudut atau tidak bisa benar-benar lengkung pada ujung plat.Kecuali jika operator pengerollan sanggup melakukannya.

Demikian sedikit penjelasan cara marking plat untuk ducting SS 316 L diameter OD 1200mm X p 6100mm X t 6mm.Semoga berguna.

Add Comments

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts