-->

Settings Posts Feature

Jenis-jenis Flange Pipa Berdasarkan Tipe Permukaannya

Jenis-jenis Flange Pipa Berdasarkan Tipe Permukaannya

Nursahid

Selain jenis-jenis flange pada pipa secara umum, kali ini kami akan mengulas mengenai jenis-jenis flange berdasarkan tipe face-nya atau tipe permukaan pada flange.

Jenis flange ini bisa kita bedakan hanya dengan melihat permukaan flange (face) yang merupakan tempat gasket.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan ini mungkin dari Anda ada yang ingin mengetahui apa itu flange.

Flange adalah suatu komponen yang digunakan untuk menggabungkan dua benda menjadi satu kesatuan yang utuh dengan menggunakan baut sebagai bahan untuk merekatkan.

Kalau flange pipa berarti komponen tersebut digunakan untuk menggabungkan dua pipa menjadi satu kesatuan yang bisa digunakan untuk aliran.

Baca juga: Jenis pipa dan fungsinya

Types of Flange Face

Berbicara mengenai jenis-jenis flange pipa, jika dikategorikan berdasarkan type face (permukaannya) maka jenis flange dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Type Flat Face (FF)
  2. Type Raised Face (RF)
  3. Ring Type Joint (RTJ)

Mari kita uraikan satu persatu mengenai jenis-jenis flange ini.

Flange tipe Flat Face (FF)

jenis-flange-berdasarkan-tipe-face-permukaan

Flat Face adalah flange yang memiliki permukaan sentuh rata, flat atau polos tidak ada tekstur apapun.

Flange jenis ini biasanya digunakan untuk operasi tekanan rendah, jenis baja tuang (cast iron) dan juga galvanize.

Tipe gasketnya menggunakan flat sheet atau full face dari bahan asbes atau campuran serat kawat. Seperti Tombo, Klingerit, atau Graphite.

Flange tipe Raised Face (RF)

jenis-flange-berdasarkan-bentuk-face-permukaan

Jenis flange tipe Raised Face / RF memiliki permukaan sentuh yang lebih tinggi atau istilahnya raised, dengan tekstur garis-garis kecil melingkar. Jadi kalau kita lihat dari samping akan terlihat bentuk agak menonjol di tengah dengan garis melingkar.

Flange jenis ini biasanya digunakan untuk rating yang medium, ukuran untuk fluida C150 ~ CL900, atau rating #150 sampai #900. 

Untuk gasketnya bisa menggunakan model Graphite, Klingerit atau Tombo. Tapi akan lebih aman (recommended) menggunakan model SPWD (spiral wound gasket).

Flange tipe Ring Type Joint (RTJ)

jenis-flange-berdasarkan-bentuk-face-permukaan

Flange jenis RTJ memiliki bentuk yang ada cekungan pada permukaan flange, yang merupakan tempat ring gasket. Perhatikan contoh flange di atas.

Tipe flange ini biasanya digunakan untuk operasi tekanan tinggi, atau high pressure dan high temperature. Memiliki rating #900 ke atas, dan pada umumnya digunakan untuk fluida yang memiliki nilai aliran CL900 ke atas.

Gasket yang digunakan adalah jenis Ring-type, yang memiliki bentuk seperti cincin metal. Jenis dari gasket R-Type itu sendiri ada dua macam, yaitu ring tipe oval dan ring tipe oktagonal.

Cara Membaca Spesifikasi Flange

Sebelum membahas poin ini, ada baiknya Anda baca juga jenis-jenis flange pipa pada artikel sebelumnya. Karena jika Anda sudah baca pastinya Anda akan tahu cara membaca spesifikasi yang tertulis pada permukaan flange. 

Spesifikasi dari suatu flange pipa biasanya dicetak rapi di sepanjang diameter luar flange. Identifikasi tersebut menjelaskan tentang jenis dan ukuran flange, rating dan schedule, standar internasional dan sebagainya, seperti tampak pada gambar di bawah ini.

identifikasi-jenis-flange-pipa

Contoh cara mengetahui spesifikasi suatu jenis flange, misalnya: WNRF 1” X 600# SCH80S ASTM A182 GR F316L dst. 

Maka cara membacanya adalah:
  • WNRF : flange join weldneck, tipe raised face
  • 1" : ukuran flange untuk pipa 1 inch.
  • 600# : rating 600
  • SCH80S : schedule 80, huruf 'S' adalah kode schedule untuk stainless steel.
  • A182 : standar ASTM untuk fitting
  • GR F316L : grade stainless steel 316L, dst

Itulah penjelasan sederhana mengenai tipe flange berdasarkan bentuk permukaan flange dan cara membaca spesifikasi flange. Semoga bisa menambah ilmu piping buat sahabat fitter dan pipe fitter. 

Jika bermanfaat silahkan bagikan ke media sosial Anda. (Referensi: http://www.idpipe.com - http://www.suryadikandiyas.com).

Add Comments

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts