Tuesday, 20 December 2016

Sekilas PT Pupuk Indonesia Holding Company (Persero) Beserta Anak Perusahaan

pt.pupuk.indonesia.holding.company


Apa yang ada dipikiran Anda ketika mendengar nama PT Pupuk Indonesia?

Pertama kali saya mendengar nama PT Pupuk Indonesia, sempat terlintas pertanyaan dalam diri saya sendiri "Dimanakah lokasi pabriknya?" Saya sempat browsing di internet,sampai akhirnya saya menemukan informasi yang lengkap di situs PT Pupuk Indonesia dan di wikipedia.Ternyata ini jawabannya,simak uraian berikut.

PT Pupuk Indonesia atau lengkapnya PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) dulu bernama PT Pupuk Sriwidjaja (Persero)yang merupakan perusahaan pupuk di Palembang, Sumatera Selatan yang berganti nama berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No AHU-17695.AH.01.02.Tahun 2012.

Didirikan pada tanggal 24 Desember 1959,PT Pupuk Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dahulu dikenal dengan nama PT Pupuk Sriwidjaja (Persero) atau PUSRI (Persero) sebagai produsen pupuk urea pertama di Indonesia .

PT Pupuk Indonesia merupakan produsen pupuk terbesar di Asia dengan total aset pada tahun 2015 sebesar Rp. 93,13 triliun dan total kapasitas produksi pupuk mencapai 12,6 juta ton per-tahun.

Sejarah berdirinya PT Pupuk Indonesia (Persero) yang terbentang selama lebih dari lima dekade terbagi menjadi dua periode utama.

Periode PT Pupuk Sriwidjaja (Persero)

Pada periode 1959-1997, perusahaan ini hanya menjadi produsen pupuk urea di Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh Pemerintah. Akan tetapi pada pertengahan tahun 1997, yaitu pada tanggal 7 Agustus 1997, Pemerintah secara tidak langsung menunjuk PT Pupuk Sriwidjaja (Persero) menjadi holding company atau perusahaan induk/pengendali untuk BUMN pupuk di Indonesia. Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 28 tanggal 7 Agustus 1997.

Dalam PP ini Pemerintah mengalihkan seluruh saham yang dimilikinya pada PT Pupuk Kalimantan Timur (Persero), PT Petrokimia Gresik (Persero), PT Pupuk Kujang (Persero) dan PT Pupuk Iskandar Muda kepada PT Pupuk Sriwidjaja (Persero).

Pada tahun 1998, PT Pupuk Sriwidjaja (Persero) menerima pengalihan saham Pemerintah dari PT Mega Eltra (Persero).

Pada tahun 2010, PT Pupuk Sriwidjaja (Persero) merestrukrisasi dengan memisahkan atau spin-off PT Pupuk Sriwidjaja Palembang sebagai unit produksi.

Periode PT Pupuk Indonesia Holding Company (Persero)

Pada tahun 2012, berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No AHU-17695.AH.01.02.Tahun 2012, PT Pupuk Sriwidjaja (Persero) berganti nama menjadi PT Pupuk Indonesia Holding Company (Persero) dengan melakukan perubahan Anggaran Dasar perusahaan.

Dalam mengemban tugas bagi ketahanan pangan nasional, PT Pupuk Indonesia (Persero) dan 10 (sepuluh) anak perusahaannya Merupakan produsen pupuk terbesar di Asia yang terdiri dari pupuk urea, NPK, ZK, ZA, dan SP-36 dengan yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Baca juga :


Daftar Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) 


A. Produsen Pupuk


1. PT Petrokimia Gresik (PKG)


Resmi berdiri pada tanggal 10 Juli 1972, PT Petrokimia Gresik memproduksi pupuk urea, ZA, SP-36, Phonska, DAP, NPK, ZK, Petroganik, KCL, Rock Phosphate, TSP dan industri kimia lainnya.
Perusahaan berlokasi di Kabupaten Gresik, Propinsi Jawa Timur dengan kepemilikan saham PT Pupuk Indonesia (Persero) 99,99% dan Yayasan Petrokimia Gresik 0,01%.

2. PT Pupuk Kujang (PKC)



Resmi berdiri pada tanggal 9 Juni 1975, yang memproduksi pupuk urea, NPK, dan industri kimia lainnya.
Perusahaan berlokasi di Cikampek, Propinsi Jawa Barat dengan kepemilikan saham PT Pupuk Indonesia (Persero) 99,99% dan Yayasan Kesejahteraan Warga PT Pupuk Kujang 0,01%.

3. PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)


Resmi berdiri pada tanggal 7 Desember 1977, yang memproduksi pupuk urea, NPK, dan industri kimia lainnya
Perusahaan berlokasi di Bontang, Propinsi Kalimantan Timur dengan kepemilikan saham PT Pupuk Indonesia (Persero) 99,99% dan Yayasan Kesejahteraan Karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur 0,01%.

4. PT Pupuk Iskandar Muda (PIM)


Resmi berdiri pada tanggal 24 Februari 1982, yang memproduksi pupuk urea, dan industri kimia lainnya.
Perusahaan berlokasi di Lhokseumawe Propinsi Aceh dengan kepemilikan saham PT Pupuk Indonesia (Persero) 99,99% dan Yayasan Kesejahteraan PT Pupuk Iskandar Muda 0,01%.

5. PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (PSP)


Resmi berdiri pada tanggal 24 Desember 1959,yang memproduksi dan memasarkan pupuk urea dan industri kimia lainnya serta pupuk organic.
Perusahaan berlokasi di Palembang, Propinsi Sumatera Selatan dengan kepemilikan saham PT Pupuk Indonesia (Persero) 99,99% dan Yayasan Kesejahteraan Karyawan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang 0,01%.


6. PT Pupuk Indonesia Logistik (PILog)


PT Pupuk Indonesia Logistik resmi berdiri pada tanggal 23 Desember 2013, yang bergerak dalam bidang usaha jasa pelayaran dan jasa angkutan laut.
Perusahaan berlokasi di Jakarta, dengan kepemilikan saham PT Pupuk Indonesia (Persero) 97% dan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang 3%.

7. PT Pupuk Indonesia Energi (PIE)


PT Pupuk Indonesia Energi resmi berdiri pada tanggal 18 Agustus 2014, yang bergerak dalam bidang jasa pembangkitan energi lsitrik dan utilitas.
Perusahaan berlokasi di Jakarta, dengan kepemilikan saham PT Pupuk Indonesia (Persero) 50%, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang 10%, PT Petrokimia Gresik 10 %, PT Pupuk Kalimantan Timur 10%, PT Pupuk Kujang 5%, PT Pupuk Iskandar Muda 5% dan PT Rekayasa Industri 10%.

8. PT Pupuk Indonesia Pangan (PIP)


PT Pupuk Indonesia Pangan resmi berdiri pada tanggal 17 Juni 2015, yang bergerak dalam bidang perindustrian dan perdagangan di bidang pertanian yang komprehensif dalam rangka mendukung ketahanan pangan.
Perusahaan berlokasi di Jakarta, dengan kepemilikan saham PT Pupuk Indonesia (Persero) 90%, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang 2,5%, PT Petrokimia Gresik 2,5%, PT Pupuk Kalimantan Timur 2,5%, dan PT Pupuk Kujang 2,5%

B. Produsen Non-Pupuk


9. PT Rekayasa Industri (Rekind)


PT Rekayasa Industri resmi berdiri pada tanggal 12 Agustus 1981, yang bergerak di bidang usaha rancang bangun dan Perekayasaan serta Jasa Konstruksi,
penyediaan jasa engineering,procurement,& construction (EPC).
Perusahaan berlokasi di Jakarta, dengan kepemilikan saham PT Pupuk Indonesia (Persero) 90,06%, Pemerintah Republik Indonesia 4,97% dan PT Pupuk Kalimantan Timur 4,97%.


10. PT Mega Eltra (ME)


PT Mega Eltra resmi berdiri pada tanggal 28 Desember 1970, yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan umum dan jasa konstruksi.
Perusahaan berlokasi di Jakarta, dengan kepemilikan saham PT Pupuk Indonesia (Persero) 98,73%, Pemerintah Republik Indonesia 4,97% dan PT Rekayasa Industri 1,27%.


Kegiatan Operasional Pupuk Indonesia Group

  • Industri pupuk,
  • Petrokimia dan agrokimia,
  • Steam (uap panas) dan listrik,
  • Pengangkutan dan distribusi,
  • Perdagangan serta EPC (Engineering, Procurement and Construction).

Fasilitas Pendukung Yang Dimiliki PT Pupuk Indonesia

  • Pelabuhan dan sarananya
  • Kapal angkutan
  • Pergudangan
  • Unit pengantungan pupuk dan perbengkelan yang memperlancar proses produksi dan distribusi pupuk

Kantor Pusat PT Pupuk Indonesia

Jl. Taman Anggrek Kemanggisan Jaya,
Jakarta 11480, Indonesia

Hotline: +62 800 100 800 1
SMS: +62 822 100 100 81

Telepon: +62 21 536 54 900
Faksimili: +62 21 8064 7955

E-mail:
pemasaran@pupuk-indonesia.com

Facebook:
Pupuk Indonesia Customer Care

Informasi lengkap langsung ke sumbernya :
http://pupuk-indonesia.com/id/profil#
https://id.wikipedia.org/wiki/Pupuk_Indonesia_Holding_Company