-->

Settings Posts Feature

India Saingi Amerika, Cetak Rekor Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Di Dunia

India Saingi Amerika, Cetak Rekor Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Di Dunia

Nursahid
India,negara dengan jumlah penduduk no 2 dunia yang juga merupakan negara dengan tingkat kadar polusi tertinggi di dunia,baru saja meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terbesar di dunia.

pembangkit.listrik.tenaga.surya.terbesar.dunia
(PLTS India/gbr:National Geograpic Channel)

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berada di Kamuthi, Tamil Nadu, India yang berkapasitas 648 Megawatt itu berhasil merebut gelar PLTS terbesar di dunia dari Topaz Solar Farm di California, Amerika Serikat (AS), yang hanya memiliki daya 550 MW

Pembangunan PLTS yang menghasilkan tenaga sebesar 648 MW itu jika dihitung, kira-kira bisa memberikan tenaga yang cukup untuk 150 ribu rumah. Fasilitas tersebut dibangun dengan menggunakan 2,5 juta modul surya, 576 inverter, 154 transformer serta kabel dengan total panjang 6 ribu km.

Nilansir dari situs The Next Web, panel surya terbesar ini memiliki luas 10 km persegi atau 2500 acre dengan total biaya menyentuh USD 679 juta atau sekitar Rp 9,1 triliun. Hebatnya, meski menyandang predikat sebagai panel surya terbesar, ternyata panel surya Kamuthi ini menghabiskan biaya yang lebih murah serta paling cepat pembangunannya daripada panel surya yang berada di Topaz Solar Farm di Amerika Serikat.

pembangkit.listrik.tenaga.surya.terbesar.dunia
(Topaz Solar Farm,Amerika)

Sekedar informasi, panel surya Topaz Solar Farm yang sebelumnya menyandang predikat terbesar tersebut menghabiskan dana lebih dari USD 2,5 miliar atau sekitar Rp 33,7 triliun dengan proses pembangunan selama dua tahun dan hanya menghasilkan tenaga 550 MW saja.

Baca juga :



Dengan hadirnya panel surya terbesar yang dibangun oleh Adani Group ini, India langsung masuk menjadi negara ketiga yang memiliki panel surya terbesar setelah sebelumnya ada China dan Amerika.

Namun tak cukup hanya disitu, India juga berencana untuk bisa menghasilkan energi bertenaga surya untuk 60 juta rumah pada 2022 mendatang serta berencana untuk memproduksi 40 persen dari bahan bakar non-fosil untuk kebutuhan listrik pada 2030 mendatang.
(source:https://telset.id/)

Bagaimana dengan Indonesia?

pembangkit.listrik.terbesar.di.indonesia
(Presiden Jokowi resmikan PLTS Kupang NTT)

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar di Indonesia berada di Kupang NTT. PLTS yang dibangun oleh PT LEN Industri (Persero) yang bertindak sebagai Independent Power Producer (IPP) ini berkapasitas 5 Megawatt.

Add Comments

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts