Arti dan Fungsi Regeneration Gas Heater pada Proses Pengolahan Migas

Regen gas heater adalah alat sistem pemanas yang berfungsi membuang senyawa air dan hidrokarbon dalam liquid gas sehingga menghasilkan gas bersih.
 Pengolahan minyak di industri migas dari minyak mentah sampai menjadi barang komersial yang siap digunakan membutuhkan proses yang sangat rumit dan njelimet.

Agar produksi berjalan dengan baik berbagai tingkat pemrosesan diperlukan. Mulai dari proses destilasi, cracking, reforming, proses polimerasi dan alkilasi, proses treating sampai pada tahapan proses blending yaitu proses penambahan aditif tertentu ke fraksi minyak bumi agar menghasilkan kualitas terbaik sesuai standar mutu yang berlaku.

Mungkin Anda suka artikel ini:

Sistem Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi
Demikian juga dengan mesin dan alat-alat produksi yang digunakan, hampir tidak bisa dihitung, karena saking banyaknya. Tapi gambaran secara umum alat-alat produksi yang digunakan di industri pengolahan minyak dan gas antara lain: pompa, heat exchanger, desalter, furnace, condensor, air cooler, separator, regen gas heater dan masih ada banyak lagi yang belum disebutkan.
fungsi-regen-gas-heater-pada-proses-pengolahan-minyak
Ilustrasi bedahan Regeneration Gas Heater / image source: https-astecindustries.com

Mendengar nama 'Regen Gas Heater' jadi teringat kembali zaman tempoe doeloe, saat fabrikasi dan assembly Air Preheater Boiler di PLTU Tuban tahun 2011 silam - (buat teman-teman seperjuangan yang tersesat di blog ini “Salam hangat, semoga sehat dan sukses selalu”)

Itulah sebabnya saya jadi penasaran untuk mengetahui lebih dalam mengenai Regen Gas Heater yang namanya mirip dengan Air Preheater. Yuk, kita lanjut untuk mengulasnya lebih jauh.

Jadi, apa itu Regen Gas Heater?


Regen gas heater atau Regeneration gas heater adalah alat sistem pemanas yang digunakan untuk membuang sisa-sisa senyawa air dan hidrokarbon dalam gas sehingga menghasilkan gas bersih yang dapat digunakan.

Regen gas heater yang biasanya digunakan pada area pengolahan gas LPG ini berbentuk tabung horisontal tertutup yang di dalamnya terpasang helical coil (kumparan pipa heliks), dan burner di bagian luar pusat cover end plate untuk menyemburkan api ke dalam ruangan tabung.

* Helical Coil biasanya terbuat dari pipa carbon yang dibentuk melingkar seperti lilitan spiral. Diameter pipa bisa 4 inch atau tergantung desain dan ukuran tabungnya. Tapi seperti  yang saya tahu tabung regen gas heater dengan diameter luar casing 2 meter adalah menggunakan pipa 4 inch sch 80.

Apa Fungsi Regen Gas Heater?


Gas alam yang diproses dalam pengolahan minyak biasanya masih jenuh tercampur air sehingga dapat menyebabkan masalah dan kerusakan pada peralatan dan komponen produksi. Gas alam tersebut harus melalui proses dehidrasi untuk menghilangkan kelembaban dan kandungan hidrokarbon yang masih ada. Sistem pemanas Regen gas heater akan membakar dan menghilangkan kandungan senyawa air dan hidrokarbon yang masih tersisa sehingga gas alam bisa diregenerasi untuk dapat digunakan dalam proses selanjutnya.

Bagaimana Cara Kerja Regen Gas Heater?


Fluida termal mengalir melalui helical coil (kumparan pipa spiral) yang ada di dalam tabung. Burner kemudian bekerja memancarkan api ke dalam ruangan di titik pusat kumparan membentuk panas dengan temperatur tinggi menyebar ke seluruh ruangan.

Radiasi panas dari burner kemudian merambat ke permukaan coil. Dengan temperatur tinggi yang mencapai sekitar 550 deg.F atau 288 deg.C tersebut kandungan air dan hidrokarbon yang ada dalam fluida termal akan menguap ke bagian luar kumparan menyebar ke isolation yang ada di bagian dalam tabung.

Apakah bisa meledak?


Semua peralatan proses pengolahan minyak dan gas mengandung resiko yang tinggi, termasuk regen gas heater. Coil pipa yang bocor bisa menyebabkan ledakan yang serius, meskipun tidak ambyar.
Bisa Anda bayangkan ketika sebuah coil pipa yang ada di dalam tabung tertutup dialiri gas tiba-tiba bocor, sedangkan di dalam tabung dipancarkan api panas hingga 300deg.C? Bloom! Semoga kejadian itu tidak pernah ada.

Di industri migas standar keselamatan kerja adalah nomor satu termasuk keselamatan peralatan yang ada di site. Sehingga tentunya hal sekecil apapun yang beresiko akan dihilangkan paling tidak diminimalisir. Apalagi sampai menimbulkan insiden.

Lihat juga:

Pentingnya APD dan Sarana K3 di Proyek Konstruksi dan Migas


Untuk mengurangi dampak resiko akibat kejadian tak terduga biasanya lokasi regen gas heater ditempatkan pada lokasi yang menjauh dari area produksi gas termasuk tabung-tabung penyimpan gas.

Yang masih tersisa di dalam pikiran kita mungkin adalah

  • Mengapa coil pipa regen gas heater bisa bocor
  • Bagaiman cara repaire coil pipa regen gas heater jika terjadi kebocoran
  • Bagaimana cara mengganti/replacement coil pipa regen gas heater dengan yang baru
  • Bagaimana prosedur start up regen gas heater setelah penggantian coil

Demikian mengenai apa itu regeneration gas heater serta fungsinya pada proses pengolahan minyak bumi. Semoga lain waktu bisa terjawab pertanyaan itu.

Bagikan ke
LihatTutupKomentar