Mudah! Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan untuk Orang Proyek Tahun 2021

 Mengurus perpanjangan STNK tahun 2021 sekarang sangat cepat dan mudah, bahkan untuk orang awam. Syaratnya siapkan berkas Anda - BPKB, STNK dan KTP.


cara-perpanjang-stnk-5-tahunan-di-samsat
Mengurus perpanjangan stnk 5 tahunan di Samsat Gresik

Tidak seperti sebelum masa pandemi yang berjubel orang mengantri di loket-loket untuk penyerahan dan pengambilan berkas. Sekarang tidak lagi. Semua tertata rapi dan tertib mengikuti alur pengurusan mulai dari awal sampai selesai.


Berapa jam waktunya. Tiga jam, setengah hari atau satu hari? Tidak! Hanya, sekitar satu setengah jam sudah selesai pengurusan perpanjangan stnk sepeda motor Anda.


Kali ini kami ingin berbagi pengalaman untuk teman proyek konstruksi khususnya dan buat Anda semua cara mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Gresik. Barangkali Anda yang masih ragu bahkan takut untuk mengurusnya sendiri, silahkan baca sampai selesai artikel ini semoga mendapatkan pencerahan.


Cara dan Persyaratan Perpanjang STNK 5 Tahunan di Samsat


Ingin tahu cara mengurus perpanjangan STNK tahun 2021 dan berapa biayanya? Simak step by step cara mengurus perpanjangan stnk sepeda motor di Samsat Gresik, berdasarkan pengalaman kami beberapa waktu yang lalu, berikut langkah-langkahnya;

  1. Siapkan berkas-berkas asli yaitu; BPKB, STNK dan KTP (sesui nama yang tertera pada stnk). Jangan lupa siapkan uangnya juga yaa.
  2. Masuk ke area Samsat jl.DR.Wahidin Sudiro Husodo No.680, Kembangan kec.Gresik, Kab.Gresik, Jawa Timur 61124. Langsung menuju ke parkiran belakang, nanti ada petugas di sana yang mengarahkan.
  3. Fotocopy BPKB, STNK dan KTP. Letaknya persis di sebelah Anda parkir. Kemudian masukkan semua berkas tersebut ke dalam map yang sudah disediakan. Biaya Rp.3000 – termasuk map.
  4. Menyerahkan ke loket Tes Fisik kemudian tunggu panggilan sekitar 10 menit.
  5. Setelah itu, berkas akan dikembalikan kepada Anda dan isi form (warna kuning) dengan nama dan alamat sesuai ktp stnk (kolom di bawahnya tidak perlu diisi). Kemudian sambil membawa berkas, ambil dan parkir sepeda motor Anda di area gesek. Nanti ada petugas yang menggesek nomer rangka dan nomer mesin sepeda Anda. Lokasinya ada di depan loket Cek Fisik. Tunggu antrian sekitar 10 menit. Bayar atau tidak? Gratis! Tapi jika Anda ikhlas, bolehlah sekedar untuk ngopi.
  6. Kemudian, serahkan kembali ke loket Cek Fisik semua berkas-berkas Anda (termasuk gesekan no.rangka dan no.mesin) untuk divalidasi. Tunggu panggilan sekitar 10 menit.
  7. Setela itu Anda akan dipanggil untuk pengambilan berkas. Isi formulir yang terlampir persis sesuai data-data yang ada di stnk. Jangan ditambahi dan jangan dikurangi. Kolom-kolom yang harus diisi yaitu; Identitas Pemilik, Identitas Kendaraan dan Jenis Permohonan STNK (beri tanda silang pada kotak ‘Perpanjangan’.
  8. Setelah terisi semua langsung menuju ke gedung Samsat bagian depan. Di sana akan ada petugas yang mengarahkan Anda. Serahkan berkas di Loket I bagian ‘Perpanjangan STNK 5 tahunan’ dan tunggu panggilan sekitar 15 menit. Sampai pada tahap ini semua gratis! Hanya ada pengeluaran tiga ribu, dan yaa, mungkin ada sedikit untuk ngopi.
  9. Selanjutnya Anda akan dipanggil untuk pengambilan BPKB dan KTP. Kemudian langsung ke Loket II bagian Kasir untuk melakukan pembayaran. Jangan pulang dulu, STNK dan TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor) belum diambil loh.
  10. Silahkan ambil tempat duduk yang nyaman di ruang tunggu paling selatan – loket pengambilan stnk dan tnkb sambil menunggu panggilan. Ya sekitar 15 menit.
  11. Selanjutnya ambil STNK dan TNKB, selesai. Sebelum beranjak pulang ada baiknya Anda cek dulu kesesuaian nomor tnkb (plat nomor) baru dengan nomor yang tertera di stnk. Barangkali tidak sama atau bisa saja plat nomornya tertukar?

Berapa jam waktu yang kita butuhkan? Hanya sekitar satu jam lebih sedikit. Tapi...Kok ada tapi-nya..? Ya! Mengingat ada pembatasan orang berkerumun di masa pandemi maka BPKB yang sudah kita ambil tadi sebenarnya belum ada tanda tangan pengesahan dari pihak berwenang. Jadi, satu minggu ke depan kita harus balik lagi ke Samsat membawa BPKB asli untuk minta tanda-tangan pengesahan.


Berapa biaya perpanjangan STNK 5 tahunan?


Sebagai contoh, kami mengurus perpanjangan STNK sepeda motor CB 150 CC tahun 2016 yang jatuh tempo pada tanggal 18 Juli 2021.

Mari kita lihat rincian biaya yang tertera di STNK baru;

  • BBN.KB = xxxx
  • PKB = 288.000
  • SWDKLLJ = 35.000
  • PNBP STNK = 100.000
  • PNBP TNKB = 60.000
  • PNBP MUT KELUAR = *
JUMLAH = 483.000

Jadi biaya untuk perpanjangan stnk 5 tahunan untuk sepeda motor CB150cc keluaran tahun 2016 pada tahun 2021 di Samsat Gresik adalah Rp.483.000,- 


Bonus: arti singkatan yang ada di stnk

  • BBN.KB singkatan dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor
  • PKB singkatan dari Pajak Kendaraan Bermotor
  • SWDKLLJ singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan
  • PNBP singkatan dari Pendapatan Negara Bukan Pajak


Bagaimana mudah bukan?

Kalau diurutkan lagi secara simple, Cara dan Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan di Samsat, adalah;

  1. Menyiapkan berkas asli dan fotocopy (BPKB,STNK dan KTP)
  2. Registrasi Cek fisik kendaraan 
  3. Mengisi dan menyerahkan formulir Permohonan perpanjangan
  4. Membayar biaya perpanjangn di kasir
  5. Pengambilan BPKB, KTP, STNK dan TNKB.
  6. Selesai.


Itulah langkah-langkah cara pengurusan perpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Gresik tahun 2021. So, buat Anda atau teman-teman proyek konstruksi yang masih awam dan tidak pernah sama sekali mengurus perpanjangan stnk, jangan ragu. Sekarang waktunya berangkat. Apalagi jika sepeda motor atas nama sendiri, akan lebih mudah. Anda juga bisa saling bertanya pada orang di sekitar situ – jangan kuatir, sekarang tidak ada calo. Semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar