Cara Daftar Mobile JKN Berikut Fitur dan Manfaatnya

Daftar sebagai peserta BPJS Kesehatan cukup dari rumah saja jika kamu punya aplikasi Mobile JKN, tidak perlu repot datang ke kantor cabang.

JKN Mobile merupakan salah satu aplikasi dari BPJS Kesehatan yang dibuat untuk mempermudah akses layanan kepada masyarakat.

Melalui aplikasi ini kamu bisa mengakses berbagai informasi penting diantaranya cek iuran BPJS Kesehatan, cek jadwal operasi, data kepesertaan dan informasi penting lainnya seputar akun BPJS.

cara-daftar-mobile-jkn-berikut-fitur-dan-manfaatnya

Foto: cnbcindonesia.com

Ada juga fitur KIS Digital yang berfugsi sebagai pengganti kartu fisik, jadi kamu tidak perlu menunjukkan kartu fisik jika mau mendaftar perawatan kesehatan.

Lalu, bagaimana sih cara mendaftar JKN Mobile? Yuk simak penjelasan cara daftar online BPJS Kesehatan, fitur serta manfaat dari JKN Mobile berikut ini.

Cara Daftar JKN Mobile untuk Pengguna Lama

Jika kamu adalah pengguna lama yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS, ikuti ulasan cara menggunakan aplikasi JKN Mobile berikut:
  1. Download aplikasi JKN Mobile
  2. Pilih “Pendaftaran Pengguna Mobile”
  3. Melengkapi data diri 
  4. Verifikasi pendaftaran

1. Download dan install apk JKN Mobile di smartphone

Kunjungi App Store atau PlayStore untuk mengunduhnya gratis. Kemudian install apk di HP kamu.

2. Pilih “Pendaftaran Pengguna Mobile”

Buka aplikasi JKN Mobile dan melakukan pendaftaran. Karena kamu adalah pengguna lama yang sudah memiliki nomor peserta BPJS maka pilih opsi “Pendaftaran Pengguna Mobile".

3. Lengkapi data diri sesuai ID kamu

Pada tahap ketiga ini kamu harus melengkapi beberapa data berikut:
< Nomor Kartu BPJS Kesehatan.
< Nomor KTP (NIK).
< Tanggal Lahir.
< Nama Ibu Kandung.
< Alamat Email.
< No. Handphone.
< Password.

< Konfirmasi Password.

Lengkapi semua data isian di atas dengan benar sesuai identitas kamu, termasuk alamat email yang kamu gunakan.

* Bila kamu sebelumnya sudah terdaftar sebagai peserta BPJS dan belum mengetahui nomor peserta, ganti saja lima digit awal nomor virtual account - yang kamu dapatkan pada saat pendaftaran -  dengan angka 00 sebagai BPJS.

Contohnya, nomor virtual account kamu adalah 222221234567899, maka lengkapi isian nomor kartu BPJS Kesehatan kamu seperti ini; 001234567899.

Selanjutnya kamu akan menerima Kode Verifikasi yang dikirim melalui email.

Rekomendasi artikel: Daftar lengkap alamat BPJS Kesehatan se-Indonesia

4. Verifikasi pendaftaran

Buka email yang kamu gunakan untuk pendaftaran tadi. Kemudian cari Kode Verifikasi dari JKN Mobile, lalu klik “Verify”. Langkah terakhir ini wajib kamu lakukan karena aplikasinya tidak bisa kamu gunakan jika tidak verifikasi.

Pendaftaran kamu selesai. Selanjutnya kamu bisa login ke aplikasi untuk menggunakan semua fitur yang tersedia.

Cara Daftar BPJS Secara Online

Buat kamu yang belum mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan bisa melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Mobile JKN ini. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Download aplikasi JKN Mobile

Aplikasi ini bisa kamu download melalui Play Store untuk Android dan App Store untuk iPhone.

2. Pilih opsi “Pendaftaran Peserta Baru”

Selanjutnya layar akan menunjukkan beberapa syarat dan ketentuan. Pilih saja “Ya, Setuju untuk melanjutkan”.

3. Melengkapi data diri

Kamu akan diminta untuk memasukkan data diri:
< mengisi nomor KTP, dan

< memasukkan kode captcha. 

Kemudian, sistem akan menampilkan daftar data keluarga dan calon peserta BPJS Kesehatan. Isi semua data diri sesuai. Lalu, pilih menu “Selanjutnya”.

4. Pilih fasilitas kesehatan

Kamu akan diminta untuk memilih fasilitas kesehatan dan fasilitas gigi yang akan menjadi tempat pertama yang kamu kunjungi ketika akan mengajukan klaim.

5. Masukkan alamat email dan verifikasi

Mengisi alamat email kemudian klik simpan. Kode verifikasi akan dikirim ke alamat email beserta nomor Virtual Account kamu. Cek email masuk dan salin Kode Verifikasi ke aplikasi JKN Mobile.

6. Pembayaran iuran 

Lakukan pembayaran pertama ke kantor Bank terdekat dengan menggunakan virtual account (VA) yang kamu terima. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan bisa kamu lakukan melalui Bank BRI, BNI atau Mandiri. Atau bisa juga melalui Indomart, Alfamart, kantor pos dan sebagainya.

Keterangan tambahan: 

Semua peserta yang telah melakukan proses pendaftaran BPJS Kesehatan, baik daftar secara online maupun secara offline akan mendapatkan Nomor Virtual Account (VA).

Nomor VA ini semacam nomor rekening tujuan yang harus dimasukan setiap kali kamu membayar  iuran BPJS, baik iuran pertama untuk mengaktifkan kartu BPJS maupun iuran-iuran berikutnya. Setiap peserta akan memiliki nomor virtual account yang berbeda satu sama lain.

Fitur yang Ada di Mobile JKN

Aplikasi JKN Mobile menyediakan berbagai fitur penting yang bisa kamu gunakan. Fitur apa saja sih? Yuk cari tahu fitur apa saja yang tersedia dan fungsinya berikut:
  1. Info JKN. Berisi informasi lengkap mulai dari pendaftaran, hak dan kewajiban peserta JKN, sanksi, fasilitas dan manfaat yang didapatkan peserta. 
  2. Peserta. Fitur yang menampilkan informasi peserta JKN mulai dari nama, tanggal lahir, nomor BPJS hingga kelas dan lokasi faskes. 
  3. Kartu peserta. Fitur yang menampilkan foto kartu peserta yang dapat digunakan sebagai ganti jika kamu tidak membawa kartu BPJS. 
  4. Ubah data peserta. Fitur ini memungkinkan peserta JKN untuk mengubah data seperti nomor telepon, email, alamat surat, faskes, dan kelas BPJS. 
  5. Pendaftaran peserta. Fitur untuk mendaftarkan diri menjadi peserta JKN bagi pengguna yang merupakan calon peserta mandiri atau calon Peserta Bukan Penerima Upah.
  6. Premi. Menampilkan tagihan iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayar oleh peserta kategori peserta mandiri. 
  7. Catatan Pembayaran. Menampilkan riwayat informasi pembayaran premi, pembayaran denda dan pembayaran mobile.
  8. Pembayaran. Fitur untuk melakukan pembayaran Premi BPJS kesehatan secara mobile beserta pilihan metode pembayaran yang tersedia.
  9. Pendaftaran auto debit. Fitur untuk mempermudah peserta JKN KIS dalam membayar iuran setiap bulannya. 
  10. Riwayat pelayanan. Menampilkan informasi riwayat kunjungan dan pelayanan peserta BPJS. 
  11. Skrining. Fitur pelayanan skrining riwayat kesehatan kesehatan untuk membantu melihat potensi risiko penyakit peserta. Hasil skrining dapat digunakan untuk konsultasi lanjutan atau tes di faskes tingkat pertama. 
  12. Obat ditanggung. Menampilkan daftar obat-obat yang ditanggung BPJS. 
  13. Pendaftaran pelayanan. Fitur pendaftaran antrian online pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). 
  14. Lokasi fasilitas kesehatan. Memuat informasi mengenai lokasi kantor BPJS, faskes pertama dan lanjutan 
  15. Cek VA. Fitur untuk mencari nomor virtual account peserta berdasarkan NIK.
  16. Fitur Pengaduan Keluhan. Layanan untuk mengajukan aduan dan keluhan yang tersambung ke BPJS Kesehatan Care Center.
  17. Program relaksasi tunggakan. Fitur pengajuan untuk mendapatkan keringanan dalam membayar iuran bagi peserta yang telah menunggak lebih dari enam bulan. 
  18. Jadwal tindakan operasi. Menampilkan informasi mengenai jadwal tindakan operasi bagi peserta. 
  19. Ketersediaan tempat tidur. Fitur untuk melihat ketersediaan tempat tidur atau ruang rawat inap.
  20. Konsultasi dokter. Fitur untuk memudahkan peserta melakukan komunikasi ke dokter di tempat FKTP terdaftar. Fitur ini dikeluarkan untuk mendukung penerapan physical distancing selama pandemi. 
  21. Skrining mandiri Covid-19. Fitur terbaru untuk memberikan panduan bagi peserta dalam memantau kondisi kesehatannya dengan melihat gejala-gejala penularan Covid-19.

Manfaat JKN Mobile

Setidaknya ada 21 manfaat yang bisa kamu peroleh sesuai dengan fitur-fitur yang tersedia. Tapi secara umum beberapa manfaat berikut bisa kamu rasakan, diantaranya:

  • Memudahkan pendaftaran

Pendaftaran peserta jadi gak ribet karena gak perlu datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Cukup buka aplikasi, isi biodata, verifikasi, maka kamu sudah terdaftar.

Kemudahan pendaftaran lewat JKN Mobile bisa dilakukan semua, baik calon Peserta Bukan Penerima Upah ataupun peserta mandiri yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan.

  • Mengubah data dan informasi diri lebih simpel

Untuk mengganti nomor ponsel, email, atau yang lainnya gak lagi ribet lewat aplikasi ini. Kamu hanya perlu buka fitur Ubah Data Peserta dan mengganti dengan informasi terbaru. 

  • Gak ribet antre di faskes

Antre di faskes seperti Puskesmas itu panjang lho! Lewat JKN Mobile, kamu gak perlu berlama-lama di faskes untuk mendapatkan perawatan kesehatan atau berkonsultasi dengan tenaga medis.

  • Gampang cek tagihan dan bayar iuran

Cek tagihan dan bayar iuran juga gak perlu ribet lagi dengan fitur yang tersedia. Dengan memakai aplikasi ini kita bisa mengecek berapa jumlah tagihan untuk iuran program JKN kita. 

  • Mudah dalam menyampaikan keluhan

Kalau sebelumnya harus melaui telepon atau email untuk menyampaikan keluhan dan layanannya kepada BPJS. Nah, lewat fitur yang tersedia, kamu bisa menyampaikan pengaduan atau keluhan dengan mudah.

  • Gampang cari dokter untuk konsultasi offline dan online

Fitur yang memudahkan lainnya adalah konsultasi dengan dokter secara offline ataupun online.Kamu bisa melihat jadwal praktek dokter untuk konsultasi langsung. Jadi, gak perlu mendatangi faskes dan menanyakan ke petugas di faskes.

Rekomendasi: Lengkap! Daftar alamat kantor BPJS cabang se-Indonesia

*Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi Pusat Layanan Informasi BPJS Kesehatan :

Call : 165
Call (nomor lama) : 1500400
Channel Keluhan : https://sipp.bpjs-kesehatan.go.id/sipp/

Nah, itulah penjelasan mengenai JKN Mobile untuk BPJS Kesehatan beserta cara pendaftaran online, fitur dan manfaat dari aplikasinya. Semoga bermanfaat! 

LihatTutupKomentar
Cancel

TERIMA KASIH