Rencana Shutdown di Area Turbine Generator

Fitter,Teknik,Maintenance,Peralatan Kerja,Tools,equipment,Shutdown di PLTU,Turbine Generato

Persiapan peralatan kerja sebelum mengeksekusi pekerjaan adalah penting dan wajib hukumnya bagi pekerja.

Selanjutnya saya akan menjabarkan peralatan apa saja yang harus kita persiapkan untuk memulai pekerjaan shutdown di area turbine and generator.

shutdown-pltu-rembang

Pengertian shutdown pltu adalah proses menonaktifkan semua peralatan dari beban 400 MW sampai beban 0 MW dengan pedoman standart operasi. Biasanya diperlukan shutdown pada saat akan dilakukan kegiatan maintenance dengan jadwal normal 2 kali dalam setahun. Saat penurunan batu bara dari 100% sampai 50%. dan ketika beban 50% oil gun (solar) dimasukan. Beban daya diturunkan perlahan-lahan dengan mengontrol secara bertahap di flow (aliaran) fedder sampai mininum. Setelah itu stop semua Oil gun (solar).

Sebelumnya dilanjutkan, saya ingin berbagi sedikit tentang shutdown di PLTU 1 Jateng tepatnya di Turbine and Generator area. Shutdown kali ini bukanlah pekerjaan mudah bagi saya karena entah kebetulan atau lagi nasib baik saya. Jadi saya masuk di tim Turbine, padahal seharusnya scoop pekerjaan saya ada di Boiler dan Auxiliary.

shutdown-pltu-rembang

Seperti kita ketahui bahwa dari sekian banyak auxiliary dan mesin-mesin operasional di PLTU, pekerjaan yang paling rumit dan ‘njelimet’ ada di Turbine and Generator area dan saya termasuk tim yang kebagian untuk removing and reinstalling Turbine and Generator.

Dibutuhkan planning progress dan schedule yang jelas dan perencanaan yang matang sebelum melakukan pekerjaan ini. Juga dibutuhkan tenaga-tenaga professional dan berpengalaman untuk memonitoring, karena sedikit melakukan kesalahan, fatal akibatnya.Saya tidak sanggup membayangkan apa jadinya jika shutdown ini gagal !!

shutdown-pltu-rembang


shutdown-pltu-rembang

Disamping planning progress dan schedule yang matang juga tidak kalah penting disini adalah ‘tools’ atau peralatan kerja.Planning bagus dan kerja keraspun akan sia-sia jika tidak didukung peralatan yang memadai.

Untuk merealisasikan hal itu kami segenap tim turbine melakukan pertemuan (meeting) guna menggodok step by step technic mengekskusi turbine dan generator termasuk juga deretan tools dan consumable yang akan direquest.Sekitar 2 jam meeting selesai,segenap tim menyatukan tekad dan optimis pekerjaan ini akan selesai sesuai schedule atau On Target.

Kami segenap tim turbine telah menyusun daftar tools dan equipment yang dibutuhkan untuk shutdown.

LihatTutupKomentar