Panduan Lengkap - Ukuran dan Schedule Pipa beserta Tabel

Di proyek konstruksi perpipaan tentu tidak asing dengan istilah Pipe Size maupun Schedule.

Ya, Pipe Size dan Schedule adalah metode standar untuk menentukan ukuran dan ketebalan pipa yang secara umum digunakan di Process Plants / Pabrik Proses.

Dimensi pipa yang termasuk ukuran dan scedule ini merupakan salah satu pengetahuan yang wajib dimiliki seorang Pipefitter, utamanya ketika bekerja di proyek konstruksi perpipaan.

Pada awalnya, ukuran pipa hanya didasarkan pada Sistem Iron Pipe (IPS), yang tersedia dalam tiga ukuran, yaitu:

  • Standard weight (STD) 
  • Extra-Strong (XS)
  • Double Extra-Strong (XXS)

Namun, seiring perkembangan teknologi dengan adanya modernisasi di berbagai industri, termasuk dalam kondisi pressure dan temperature yang semakin meningkat, tiga macam standart tersebut tidak cukup untuk mengcover semua kebutuhan perpipaan industri. Sehingga untuk menyempurnakannya dirumuskan konsep ‘Schedule Number’ yang menggabungkan ketebalan dinding/thickness dan diameter pipa.

Dalam prakteknya saat ini, ketika mendengar kata ‘pipa’ di proyek konstruksi perpipaan, yang muncul pertama kali di benak kita adalah ‘pipa berapa’ dan ‘schedule berapa’. Secara umum memang penggunaan pipa ditentukan berdasarkan dua item, yaitu:

  1. Pipe Bore, diameter nominal
  2. Pipe Schedule, yang tidak lain adalah ketebalan dinding pipa.

Untuk lebih memahami apa itu NPS, NB, DN dan SCH silahkan lanjut menyimak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Dasar-dasar Ilmu Perpipaan untul Pipefitter Pemula


Apa Itu NPS


NPS yang merupakan kepanjangan dari Nominal Pipe Pize adalah metode untuk menentukan ukuran suatu pipa berdasarkan diameter nominal pipanya, dan bukan berdasarkan diameter yang sebenarnya.

'Diameter Nominal' yang dimaksud adalah diameter luar pipa atau biasa disebut 'OD' / Outside Diameter.

Ukuran pipa berdasarkan NPS, outside diameternya terkadang nilainya tidak sama dengan outside diameter sesungguhnya pada pipa. Misalnya, saat Anda mengatakan pipa 4" (baca: 4 inch), maka 4” adalah ukuran nominal pipa itu, padahal ukuran diameter luar sebenarnya 114,3 mm yang tidak persis 4”.

Bisa lihat contoh di bawah ini:


tabel-nps-dan-sch-pipa
Gambar penampang pipa 4" sch STD / standart


Dari gambar di atas terlihat bahwa pipa NPS 4” sch STD, outside diameter (OD) pipa=114,3mm, ID=102,26mm sedangkan posisi ukuran 4” sebenarnya berada di antara ID.

Note: 1 inch = 25,4 mm, kalau dikalikan menjadi 4 x 25,4 = 101,6 mm

Ada pengecualian untuk NPS ini bahwa pipa 14” ke atas NPS nya dibuat sama dengan ukuran OD actual pipanya. Misalnya, pipa 16”, kalau diukur secara actual outside diameternya juga 16”.

Jadi NPS sebenarnya adalah ukuran yang dibuat pabrik berdasarkan standart yang sudah diatur oleh ASME. Apa itu ASME? American Society of Mechanical Engineering yang disingkat ASME adalah organisasi swasta dan nirlaba di Amerika Serikat yang berfokus terutama untuk memastikan keseragaman dalam standart yang digunakan dalam disiplin teknik. 


Apa itu NB (Nominal Bore)?


Pada dasarnya istilah NB (Nominal Bore) sama dengan NPS. Yang membedakannya adalah kalau NPS menggunakan satuan inchi sedangkan NB menggunakan satuan milimeter(mm). 


Apa itu DN (Diameter Nominal)?


DN atau Diameter Nominal adalah sebutan Internasional (SI atau Matric Designator) setara dengan NPS, yang dipakai di Eropa. Perlu dicatat bahwa DN menunjukkan ukuran pipa yang berbeda dari NPS. DN menggunakan satuan milimeter, dimana 1 inch dibulatkan menjadi 25 mm tanpa ada angka desimalnya.

Misalnya, Pipa 2 ”secara sederhana disebutkan sebagai DN 50, Pipa 4” disebut DN 100, dan seterusnya. Di negara kita istilah DN secara umum sering dipakai untuk standart pipa HDPE.


pipa-hdpe
Pipa HDPE /image: pipawavin.com


Sedikit berbagi pengalaman, saya pernah partner dengan PT AKIRA-perusahaan spesialis pipa HDPE- untuk menggarap repair pipa HDPE Fire Water Pump di salah satu Perusahaan Gas Negara. Pipa yang saya kerjakan waktu itu adalah 10”. Saya buta tidak tahu sama sekali mengenai pipa hdpe. 

Saya browsing di internet mencari referensi mengenai spesifikasi dan harga material. Sekitar 1 jam meluncur di internet tidak menemukan hasil, yang ada adalah HDPE DN250. Saya coba menghubungi teman untuk memastikannya. Dan ternyata benar bahwa DN250 ya pipa 10” itu.

Jadi untuk mengetahui ukuran NPS ke DN cukup mengalikannya dengan 25, terkecuali untuk ukuran kurang dari 4” harus lihat tabel. Periksa tabel di bawah untuk memudahkan pemahaman. 


Apa itu Pipe Schedule?


Pipe Schedule adalah ukuran berdasarkan ketebalan pipa (wall thickness), biasanya disingkat ‘SCH’. Semakin besar nomor schedule maka semakin tebal wall thickness pipanya. Dan, semakin kecil pula inside diameternya.

Terdapat 3 nomor schedule yang secara umum dipakai saat ini, yaitu:

  1. Standart (STD)
  2. Strong (XS)
  3. Extra Strong (XXS)

Selain 3 nomor sch tersebut di atas masih ada nomor sch yang lain untuk pipa CS /Carbon Steel dan SS/Stainless Steel yang diatur dalam ASME B36.10 dan ASME B36.19.

Catatan penting;

  • STD (Standard) dan Schedule 40 memiliki ketebalan yang sama untuk pipa 1/8 sampai dengan pipa ukuran 10” /  NPS 10” (DN 250)
  • Di atas NPS 10”, STD memiliki ketebalan dinding 9,53 mm.
  • XS memiliki ketebalan yang sama dengan schedule 80 hingga NPS 8” (DN 200)
  • Di atas NPS 8”, XS memiliki ketebalan dinding 12,5 mm.
  • XXS mempunyai ukuran yang lebih besar daripada schedule 160.


  • Standart Pipe Schedule

Standart schedule pipa CS / Carbon Steel di atur dalam ASME B36.10 yaitu:

SCH 10, 20, 30, 40, 60, 80, 100, 120, 140, 160, STD, XS dan XXS.

Sedangkan untuk pipa Stainless Steel/SS mengingat biaya material yang tinggi serta tidak mengurangi kekuatan dan kualitasnya ASME telah mengatur nomor schedule yang berbeda untuk pipa dan fitting Stainless Steel.

Standart schedule pipa SS/Stainless Steel di atur dalam ASME B36.10 yaitu: SCH 5S, 10S, 20S, 40S dan 80S. Huruf ‘S’ dibelakang nomor sch menunjukkan kode untuk material stainless steel.

Untuk seorang pipefitter, penulisan kode ‘ASME’ ini bisa anda lihat di description material dalam gambar isometric pipa, misalnya: Pipe SMLS, SCH40, A106, GR B, ASME B36.10 dan seterusnya. Cara membacanya adalah Pipa seamless schedule 40 sesuai standart astm A106 dan asme B36.10


  • Rumus Pipe Schedule

Rumus untuk perhitungan schedule pipa bisa di lihat di bawah ini;

Schedule = P / S
adalah pressure/tekanan dalam (psi)

S adalah stress/tegangan yang diperbolehkan dalam (psi)

Tegangan ‘S’ yang diijinkan untuk material pada suhu tertentu tetap, artinya dengan bertambahnya angka Pressure ‘P’ maka schedule-yang merupakan penanda ketebalan dinding pipa-juga akan bertambah.


Tabel NPS dan Schedule Pipa


Untuk mengetahui ukuran pipa / NPS berdasarkan schedule dalam satuan milimeter/mm di bawah ini kami lampirkan tabelnya.

Klik 'Open Scroll' untuk melihat tabel.


Setiap Fitter dan Pipefitter mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda mengenai istilah perpipaan ini. Ada yang menyebut ukuran pipa dengan nama NPS atau DN, bahkan kebanyakan mereka tidak mempermasalahkan apa itu NPS dan DN yang penting tahu ‘pipa berapa dan schedule berapa’.

Padahal sebenarnya kata 'pipa berapa' itu sama dengan NPS berapa atau DN berapa.

So, berdasarkan penjelasan lengkap di atas semoga teman-teman proyek konstruksi yang selama ini bingung memahami arti schedule pipa bisa terjawab. 

Jadi sebenarnya arti schedule itu menjelaskan tentang ketebalan pipa yang standart ketebalannya sudah ditentukan oleh pabrik pembuat pipa berdasarkan ketentuan ASME. Sedangkan Nominal Pipe Size menjelaskan tentang ukuran diameter luar pipa yang standart ukurannya juga sudah ditentukan.

Catatan penting:

  • NPS merupakan istilah umum yang dipakai untuk mengetahui ukuran pipa carbon steel/CS serta pipa baja lainnya.
  • DN adalah istilah umum yang sering dipakai untuk mengetahui ukuran pipa dari bahan HDPE dan sejenisnya.
  • NPS didasarkan pada ukuran diameter luar (OD) untuk pipa 14 inch ke atas, sedangkan untuk pipa diameter kurang dari 14 inch ukuran standart OD nya sudah ditentukan.Lihat Tabel di atas.
Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Pipefitter serta teman-teman proyek mengenai ilmu pipa di proyek konstruksi dan migas. 

Related Posts