-->

Settings Posts Feature

5 Tips Khusus Cari Kerja di Proyek Konstruksi

5 Tips Khusus Cari Kerja di Proyek Konstruksi

Nursahid

Mencari pekerjaan di proyek konstruksi bisa dibilang gampang-gampang susah. Kadang secara tiba-tiba ada yang menawari kerja, tapi jika dicari malah susahnya minta ampun. Anda pernah mengalami ini?


tips-cari-kerja-konstruksi
Aktifitas Fitter di proyek konstruksi perpipaan

Proses perjalanan untuk mendapatkan pekerjaan memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Terkadang ada saja kondisi tak terduga yang menghambat perjalanan Anda, padahal peluang sudah di depan mata. Ketika secara tak sengaja Anda mendapat info tawaran kerja tetapi Anda lupa membawa berkas (files), tidak membawa pas photo, belum membuat biodata atau curriculum vitae dan lain sebagainya. Ini pengalaman yang sering dialami sobat tim proyek semua.

Nah, agar Anda tidak bingung cara mencari pekerjaan di proyek konstruksi, kami sudah menyiapkan beberapa tips-tips khusus di artikel ini.

Tips-tips Cari Kerja Konstruksi

Berikut tips-tips melamar pekerjaan di proyek konstruksi yang bisa Anda terapkan:

1. Menyiapkan Berkas

Untuk mencari pekerjaan di proyek konstruksi, baik di fabrikasi, piping maupun mekanikal dan semua yang berhubungan dengan proyek, anda akan diminta oleh perusahaan yang bersangkutan untuk menyiapkan berkas-berkas, antara lain:

  1. Pas photo
  2. Foto Copy KTP
  3. Surat Pengalaman Kerja (Sertificate Of Employment)
  4. Biodata (Curriculum Vitae).

Selain itu, sejumlah perusahaan bahkan ada yang memberikan syarat khusus untuk melampirkan transcript nilai serta surat rekomendasi atau sertifikasi tertentu.

Persiapkan semua berkas-berkas yang Anda miliki kedalam sampul tersendiri, agar jika ada informasi mendadak anda tinggal mengambil dan menyerahkannya. Anda tidak perlu repot dan kelabakan untuk mengumpulkan berkas, mem-photo copy dan lain sebagainya. Usahakan Anda siapkan beberapa sampul dengan masing-masing sudah Anda isi dengan semua berkas-berkas tersebut.

2. Cari Informasi

Jangan segan-segan tanya ke teman, rekan kerja serta orang-orang yang berkecimpung di dunia proyek konstruksi. Bukan hanya lewat telephone saja, ada baiknya anda jalan-jalan dan mampir ke warkop atau cafe, karena di sanalah biasanya para pekerja proyek berkumpul. Jangan lupa coba juga browsing di internet cari lowongan kerja fitter, welder dan lain-lain.

3. Cek and Recek

Setiap Anda akan mengirimkan berkas lamaran kerja, sebaiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk mengecek kembali kelengkapan berkas-berkasnya. Hendaknya Anda juga mengecek penulisan dan penyusunan dalam surat curriculum vitae Anda, barangkali ada yang terlewat atau ada penulisan tanggal yang salah. 

Pengecekan berkas sangatlah penting untuk Anda lakukan, karena kemungkinan salah tulis atau salah cetak itu bisa saja terjadi, misalnya Anda salah dalam penulisan nama perusahaan ataupun nama pejabat perusahaan yang dituju.

4. Buat Catatan

Selanjutnya buatlah note atau catatan. Luangkan waktu sedikit untuk mencatat nama-nama dan alamat perusahaan yang Anda tuju, serta perusahaan mana yang sudah anda kirim surat lamaran - jika lewat online. Dengan demikian Anda tidak akan kehilangan jejak telah melamar untuk lowongan apa serta perusahaan mana saja yang telah Anda hubungi. Anda dapat mencantumkan data-data perusahaan yang telah Anda lamar, nama kontak dan nomor telepon atau email ke dalam catatan khusus.

5. Ikhlas dan Sabar

Yang terakhir adalah berdoa, ikhlas dan bersabar. Selalu bersikap positif dan serahkan semuanya kepada Yang di Atas. Semoga dengan demikian Anda mendapat rezeki yang barokah.

Cara Membuat Curriculum Vitae

Apa itu Curriculum Vitae? CV adalah formulir yang berisi data-data personal dan riwayat pekerjaan yang pernah dilakukan mulai awal sampai yang terakhir dalam suatu proyek. Istilah umunya adalah 'Biodata'.

Berbeda dengan Surat Pengalaman Kerja yang biasanya didapatkan dari suatu perusahaan ketika proyek selesai, CV atau Biodata bisa dibuat sendiri berdasarkan pengalaman kerja. CV ini sangat penting, apalagi jika anda melamar lewat online.

Cantumkan semua data-data pengalaman kerja Anda mulai awal sampai yang terakhir tempat Anda bekerja ke dalam suatu formulir. Atau cukup  Anda bawa file-file pengalaman kerja dan serahkan ke ahlinya yang biasa membuat CV. 

Data-data yang dicantumkan ke dalam CV paling tidak memuat beberapa hal berikut:
  1. Tanggal,bulan dan tahun masa kerja anda
  2. Nama Perusahaan
  3. Proyek dan lokasi
  4. Jabatan

Contoh cuplikan Curriculum Vitae kira-kira seperti ini:

tips-khusus-cari-kerja-di-proyek-konstruksi

Contoh cuplikan CV

Itulah tips-tips cari pekerjaan di proyek konstruksi dan cara membuat cv biodata. Semoga bisa membantu sobat project team yang saat ini sedang berburu pekerjaan. Memang proyek saat ini lagi sepi, tapi Anda jangan patah semangat.Terus berjuang, jangan lupa selalu berdoa dan TETAP SEMANGAT!


Diupdate: 11 Agustus 2021


Bagikan ke

Add Comments

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts