Istilah Dan Fungsi Jabatan di Proyek Konstruksi

Fitter,Welder,Foreman,WI,QC,Fungsi Jabatan,Proyek Konstruksi,Manager Proyek,Proyek Indonesia

Proyek Konstruksi


Dalam dunia proyek terutama proyek konstruksi ada istilah-istilah yang menunjukkan posisi jabatan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.Berikut penjelasan ringkas tentang istilah,posisi dan jabatan dalam proyek konstruksi mulai dari jabatan teratas sampai bawah,khusus untuk jabatan yang terjun langsung di lapangan.

Manager Proyek adalah orang yang bertanggung jawab secara menyeluruh pekerjaan suatu proyek tertentu.
Secara garis besar tanggung jawab manager proyek adalah:
  1. Merencanakan kegiatan-kegiatan dalam proyek, termasuk pemecahan pekerjaan, penjadwalan dan anggaran.
  2. Mengorganisasikan, memilih dan menempatkan orang-orang dalam tim proyek.
  3. Mengorganisasikan dan mengalokasikan sumber daya.
  4. Memonitor status proyek.
  5. Mengindentifikasikan masalah-masalah teknis.
  6. Titik temu dari para konstituen: subkontraktor, user, konsultan, top management.
  7. Menyelesaikan konflik yang terjadi dalam proyek.
  8. Merekomendasikan penghentian proyek atau pengerahan kembali sumber daya.

Chief adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab menyelesaikan suatu proyek tertentu yang membawahi beberapa supervisor dan merupakan kepanjangan tangan dari manager proyek.Kita mengenal adanya Chief Engineering dan Chief Konstruksi


Supervisor adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab menyelesaikan suatu pekerjaan dalam suatu area proyek tertentu dan membawahi beberapa foreman.

Foreman adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab menyelesaikan suatu pekerjaan dalam lingkup area tertentu yang lebih kecil dan membawahi beberapa team fitter, welder dan helper. Dalam proyek skala besar biasanya antara fitter dan welder akan masuk dalam management team terpisah, meskipun dalam area pekerjaan yang sama.

Material Control adalah orang yang bertugas mengurus material proyek di lapangan, termasuk mengecek, mengatur dan mensuplai material ke lokasi bidang pekerjaan masing-masing.

W I (Welding Inspector) adalah orang yang bertugas melakukan pengecekkan atau inspection menyeluruh pada hasil pengelasan. Selengkapnya mengenai bidang pekerjaan ini bisa Anda lihat di Empat cara menjadi Welding Inspector beserta tugas-tugasnya.

QC (Quality Control) adalah orang yang bertugas mengontrol dan mengecek kelayakan suatu barang atau produk sesuai penilaian standart dan berhak memutuskan yes or not dari hasil penilaian tersebut.

Welder adalah orang yang bekerja dan mempunyai keahlian dalam melakukan pengelasan. Ada tips dan trik tersendiri untuk bisa menjadi welder profesional terutama di bidang piping.

Fitter adalah orang yang bekerja dan mempunyai keahlian dalam proses fabrikasi, setting maupun erection material di area proyek dan fabrikasi. Bagaimana mereka bisa menjadi fitter yang baik dan selalu dibutuhkan proyek? Jawabannya ada di artikel lainnya.

Pipe Fitter adalah orang yang bekerja dan mempunyai keahlian di bidang instalasi perpipaan. Pipe fitter juga mempunyai skill yang baik dalam membaca gambar-gambar proyek, terutama gambar isometrik pipa. 

Rigger adalah orang yang bekerja dan mempunyai keahlian khusus dalam bidang pengangkatan termasuk tali menali sling wire dan memandu material ke tempat yang semestinya. Pekerjaan rigger selalu berhubungan dengan alat berat crane.

Schafolder adalah orang yang bekerja dan mempunyai keahlian di bidang pemasangan perancah dari pipa schafolding maupun stagger sebagai alat bantu pekerjaan fitter, welder maupun untuk keperluan lainnya.

Surveyor adalah orang yang bekerja melakukan pengukuran topografi lapangan kemudian menyusun laporan berdasarkan data-data yang didapat untuk kemudian diaplikasikan pada pekerjaan di lapangan. Senjata utama surveyor lapangan biasanya Theodolite, ya. 

Helper adalah orang yang baru mulai bekerja dan belum mempunyai skill apapun di proyek konstruksi baja. Helper bekerja untuk membantu fitter, welder atau bagian lain yang tidak memerlukan keahlian. 

Demikian istilah dan fungsi jabatan di proyek konstruksi terutama yang berhubungan langsung pekerjaan di lapangan. Di proyek lain kadang istilah dan fungsi jabatan mempunyai arti yang berbeda, tapi itulah penggunaan istilah yang paling umum di konstruksi baja. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan semoga berguna.

Baca juga: 


Diupdate: 02 Agustus 2021
Bagikan ke
LihatTutupKomentar