-->

Settings Posts Feature

Istilah Dan Fungsi Jabatan di Proyek Konstruksi

Istilah Dan Fungsi Jabatan di Proyek Konstruksi

Nursahid

Dalam dunia proyek konstruksi, ada istilah yang menunjukkan posisi jabatan dengan tanggung jawab serta tugasnya masing-masing.

Nah kali ini kita akan mengulasnya mulai dari jabatan yang paling atas sampai bawahannya. Terutama yang bekerja langsung di lapangan.

istilah-dan-fungsi-jabatan-di-proyek-konstruksi

Manager Proyek

Orang yang bertanggung jawab secara menyeluruh pekerjaan suatu proyek tertentu. Dan secara garis besar tanggung jawab manager proyek adalah:
  • Merencanakan kegiatan-kegiatan dalam proyek, termasuk pemecahan pekerjaan, penjadwalan dan anggaran.
  • Mengorganisasikan, memilih dan menempatkan orang-orang dalam tim proyek.
  • Mengorganisasikan dan mengalokasikan sumber daya.
  • Memonitor status proyek.
  • Mengindentifikasikan masalah-masalah teknis.
  • Titik temu dari para konstituen: subkontraktor, user, konsultan, top management.
  • Menyelesaikan konflik yang terjadi dalam proyek.
  • Merekomendasikan penghentian proyek atau pengerahan kembali sumber daya.

Rekomendasi: Lengkap, nama dan istilah dalam manajemen proyek konstruksi

Chief

Orang yang bertugas dan bertanggung jawab menyelesaikan suatu proyek tertentu yang membawahi beberapa supervisor dan merupakan kepanjangan tangan dari manager proyek.Kita mengenal adanya Chief Engineering dan Chief Konstruksi.

istilah-dan-fungsi-jabatan-di-proyek-konstruksi

Supervisor 

Orang yang bertugas dan bertanggung jawab menyelesaikan suatu pekerjaan dalam suatu area proyek tertentu dan membawahi beberapa foreman. Baca juga: Tugas Supervisor di Proyek Onshore Migas

Foreman 

Orang yang bertugas dan bertanggung jawab menyelesaikan suatu pekerjaan dalam lingkup area tertentu yang lebih kecil dan membawahi beberapa team fitter, welder dan helper. Dalam proyek skala besar biasanya antara fitter dan welder akan masuk dalam management team terpisah, meskipun dalam area pekerjaan yang sama.

Material Control

Orang yang bertugas mengurus material proyek di lapangan, termasuk mengecek, mengatur dan mensuplai material ke lokasi bidang pekerjaan masing-masing.

W I (Welding Inspector)

Orang yang bertanggung jawab dan bertugas melakukan pengecekkan atau inspeksi menyeluruh pada hasil pengelasan. Selengkapnya mengenai bidang pekerjaan ini bisa Anda lihat di Empat cara menjadi Welding Inspector beserta tugas-tugasnya.

QC (Quality Control)

Orang yang bertugas mengontrol dan mengecek kelayakan suatu barang atau produk sesuai penilaian standart dan berhak memutuskan yes or not dari hasil penilaian tersebut.

Welder

Orang yang bekerja dengan keahlian melakukan pengelasan di proyek konstruksi. Ada tips dan trik khusus untuk Anda jika ingin jadi welder profesional terutama welder piping yang gajinya cukup tinggi.

Fitter

Orang yang bekerja dengan keahlian dalam proses fabrikasi, setting maupun erection material di area proyek konstruksi. Bagaimana mereka bisa menjadi fitter yang baik dan selalu dibutuhkan proyek? Jawabannya ada di artikel lainnya.

Pipe Fitter

Orang yang bekerja dengan keahlian di bidang instalasi perpipaan. Pipe fitter juga mempunyai skill yang baik dalam hal membaca gambar proyek piping, terutama gambar isometrik pipa. 

Rigger

Orang yang bekerja dan mempunyai keahlian khusus dalam bidang pengangkatan termasuk tali menali sling wire dan memandu material ke tempat yang semestinya. Pekerjaan rigger selalu berhubungan dengan alat berat crane.

Schafolder

Orang yang bekerja dan mempunyai keahlian di bidang pemasangan perancah dari pipa schafolding maupun stagger sebagai alat bantu pekerjaan fitter, welder maupun untuk keperluan lainnya.

Surveyor

Orang yang bekerja melakukan pengukuran topografi lapangan kemudian menyusun laporan berdasarkan data-data yang didapat untuk kemudian diaplikasikan pada pekerjaan di lapangan. Senjata utama surveyor lapangan biasanya Theodolite, ya. 

Helper

Orang yang baru mulai bekerja dan belum mempunyai skill apapun di proyek konstruksi baja. Helper bekerja untuk membantu fitter, welder atau bagian lain yang tidak memerlukan keahlian.

Itulah pembahasan ringkas mengenai istilah dan fungsi jabatan di proyek konstruksi terutama yang berhubungan langsung pekerjaan di lapangan. Di proyek lain kadang istilah dan fungsi pada jabatan mempunyai arti yang berbeda, tapi itulah penggunaan istilah yang paling umum di proyek konstruksi baja. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan semoga berguna.

Rekomendasi: 

Add Comments

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts