-->

Settings Posts Feature

Daftar10 Perusahaan Konstruksi Terbesar dan Terbaik di Indonesia. Apa saja?

Daftar10 Perusahaan Konstruksi Terbesar dan Terbaik di Indonesia. Apa saja?

Nursahid

Pembangunan infrastruktur di Indonesia berkembang pesat. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak fasilitas publik yang lebih maju telah dibangun untuk memenuhi mobilitas masyarakat.

daftar-10-perusahaan-terbesar-terbaik-di-indonesia
(Jembatan Suramadu / image : Tribun Manado)

Keberadaan pembangunan infrastruktur ini tidak terlepas dari aktivitas dan pekerjaan perusahaan konstruksi di Indonesia. Perusahaan konstruksi terbesar dan terbaik adalah perusahaan yang berpengalaman dan bersertifikat, bertanggung jawab penuh untuk melaksanakan rencana pengembangan saat ini.

Rata-rata perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia ini adalah perusahaan BUMN. Mereka telah go publik dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tapi sebagian juga ada kontraktor besar dari perusahaan swasta asing yang ada di Indonesia. 

Perusahaan terbesar dan terbaik dalam daftar ini hanya sebatas pandangan penulis belaka. Jadi, bukan berdasarkan pemeringkatan nasional atau dari situs tertentu, karena tidak ada sumber resmi yang menyatakan peringkat perusahaan konstruksi terbesar dan terbaik di Indonesia.

10 perusahaan konstruksi terbesar dan terbaik di Indonesia


PT Adhi Karya

Daftar 10 Perusahaan Kontraktor Terbesar dan Terbaik di Indonesia
(Image: Istimewa)

Perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia ini pada awalnya milik Belanda. Sebelumnya bernama "Architecten-Ingenicure-en Annemersbedrijf Associatie Selle en Bruyn, Reyes de Vries N.V" atau disingkat (Associate N.V.). Perusahaan dinasionalisasi pada 11 Maret 1960 dan mengambil nama Perusahaan Negara Adhi Karya (PN).

Pada 1960-an, pemerintah Indonesia sedang gencar berkembang. PN Adhi Karya adalah perusahaan yang berkontribusi.

Empat belas tahun kemudian, PN Adhi Karya berubah status menjadi perseroan terbatas (PT). Perubahan status ini disetujui oleh Menteri Kehakiman Indonesia pada tanggal 1 Juni 1974.

Setelah beberapa dekade bertindak, PT Adhi Karya akhirnya secara resmi berbicara di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan ini terdaftar untuk pertama kalinya pada tahun 2004 dengan kode listing bursa ADHI.

Sejauh ini, perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia ini memiliki beberapa anak perusahaan, seperti Adhi Persada Beton, Adhi Persada Gedung dan Adhi Persada Properti.

Rekomendasi artikel: Daftar lengkap perusahaan BUMN di Indonesia

PT Amarta Karya (Persero)

Daftar 10 Perusahaan Kontraktor Terbesar dan Terbaik di Indonesia
(Image: kabarberita.id)

Mirip dengan PT Adhi Karya, PT Amarta Karya adalah perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia, berasal dari Belanda.

Dari segi sejarah, kedua perusahaan konstruksi N.V Lindeteves Stokvis dan Fa De Vri'es Robbie, yang berbasis di Semarang, bergabung dengan perusahaan. Merger melahirkan perusahaan baru, yaitu N.V. Konstruksi Werk Plaatsen Dari Vri'es Robbe Lindeteves atau disingkat Robbe Linde & Co. Perusahaan merger ini bergerak ke jantung kegiatan manufaktur fabrikasi baja.

Perusahaan Robbe Linde & Co akhirnya dinasionalisasi pada tahun 1962 dan berubah menjadi PN Amarta Karya. Sepuluh tahun kemudian, perusahaan bergabung dengan PT Amarta Karya pada tahun 1972.

Selama pengembangannya, perusahaan pelat merah publik ini telah memperluas kegiatannya ke konstruksi sipil, listrik dan mekanik.

PT Brantas Abipraya (Persero)


Daftar 10 Perusahaan Kontraktor Terbesar dan Terbaik di Indonesia
(Image: bumn.go.id)

Perusahaan konstruksi ini mengelola proyek sipil dan lingkungan. Dimulai dengan proyek pengembangan utama Sungai Brantas, PT Brantas Abipraya dikembangkan dan dapat diandalkan di sektor konstruksi.

Melalui manajemen yang konsisten, perusahaan memperluas area kerjanya seperti konstruksi jalan dan jembatan, infrastruktur transportasi laut dan udara, listrik, bangunan, properti, jalan tol, dan sebagainya. Dengan begitu banyak kontribusi, ia akhirnya menjadi kontraktor umum.

Perusahaan konstruksi ini memiliki anak perusahaan, PT Brantas Energi, yang berinvestasi dalam energi terbarukan, dengan spesifikasi di bidang tenaga air. 

Selain itu, kontraktor besar ini juga telah mendirikan pabrik batching beton di wilayah Jawa Timur, DKI Jakarta dan Sumatera Barat, dengan tujuan diversifikasi bisnisnya dan menyediakan layanan yang memenuhi kebutuhan produk beton.

PT Hutama Karya (Persero)

10-perusahaan-terbesar-dan-terbaik-di-indonesia
(Image: hutama karya)

Di sebuah perusahaan swasta "Hollandsche Beton Maatshappij" dari Belanda, pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan tersebut pada tahun 1960. Dengan nama Hutama Karya NP, perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia ini secara resmi diratifikasi oleh Peraturan Pemerintah (PP) no. 61 tahun 1961, 29 Maret 1961.

Tahun itu, pekerjaan Hutama PN dalam konstruksi bangunan bernilai historis dan monumental. Misalnya, gedung MPR / RI dan monumen patung dirgantara di Jakarta.

Pada tahun 1970-an, Hutama Karya menghadirkan untuk pertama kalinya sistem konstruksi "sistem pratekan" BBRV di Swiss, dengan teknologi beton pracetak. Keberadaan inovasi ini, Hutama Karya NP, berkembang pesat dan berubah status menjadi PT Hutama Karya.

Selama periode 1980-2016, perusahaan melakukan diversifikasi dan memperluas operasinya di luar negeri. Selain itu, ia juga membangun infrastruktur teknologi tinggi dalam bentuk jembatan bentang panjang seperti Jembatan Ampera di Palembang. Jangan lupa untuk membangun infrastruktur lain seperti gedung tinggi, jalan raya, dan properti.

Hutama Karya memiliki anak perusahaan diantaranya PT Hutama Karya Infrastruktur, PT HK Realtindo dan PT Hakaaston.

PT Leighton Contractors Indonesia

Daftar 10 Perusahaan Kontraktor Terbesar dan Terbaik di Indonesia
(Image: rigzone.com)

Perusahaan konstruksi internasional swasta di Hong Kong, Cina ini mengelola proyek arsitektur dan sipil. Didirikan pada tahun 1975, perusahaan dengan nama Leighton Asia juga hadir di Indonesia (memasuki tahun 2000-an), India, Makao, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Irak.

Perusahaan konstruksi ini adalah bagian dari CIMIC Group Ltd. Perusahaan ini telah bekerja pada proyek pemulihan Tuen Mun di Hong Kong pada 1970-an, pembangunan rel kereta api ringan di Hong Kong pada 1980-an, proyek Terowongan Tseung Kwan O dan Stasiun di Hong Kong, Proyek penambangan batubara Ukhaa Khudag di Mongolia, dll.

Sedangkan proyek besar yang sudah dikerjakan di Indonesia, antara lain; Donggi-Senoro LNG Site Preparation, RCBK 1500 Man Barrack. Supreme Energy Rantau Dedap Geothermal, dan sebagainya (sumber: https://www.leightonasia.com/en/global-search#global-search_sxatags=Indonesia&tag-search=true).

PT Nindya Karya (Persero)

Daftar 10 Perusahaan Kontraktor Terbesar dan Terbaik di Indonesia
(Image: nindya karya)

Nindya Karya adalah perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang General Contractor, EPC dan Investment. yang memiliki lima pilar bisnis utama, yaitu Kontruksi, Energi, Manufaktur, Properti dan Badan Usaha Jalan Tol.

Sejarahnya berawal dari sebuah perusahaan Belanda yang didirikan pada tahun 1877 dengan nama N.V. Nederlands Aannemings Maastchappij (NEDAM) v/h Fa.H. Boersma, yang kemudian dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1961. Namanya kemudian diubah menjadi Perusahaan Negara Nindya Karya.

Pada tahun 1969 dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah No.12 tahun 1969 dilakukan pengalihan Perusahaan Negara menjadi Persero. Dan pada 1973 Persero Nindya Karya beralalih status menjadi Perseroan Terbatas(PT) Nindya Karya melalui Anggaran Dasar pertama yang dimuat dalam akte notaris Kartini Moeljadi SH No.76 tanggal 15 Maret 1973 (sumber: https://www.nindyakarya.co.id/profile).

PT PP (Persero) Tbk.

Daftar 10 Perusahaan Kontraktor Terbesar dan Terbaik di Indonesia
(Image: karirindonesia)

Perusahaan konstruksi terbesar dan terbaik di Indonesia, PT PP, pada awalnya diciptakan sebagai NV Housing Development pada tahun 1953. Pada saat itu, perusahaan konstruksi milik negara ini dipercaya. untuk pembangunan rumah bagi pimpinan PT Semen Gresik Tbk.

Berkat profesionalisme, perusahaan telah membangun sebuah proyek besar terkait kompensasi perang pemerintah Jepang di Indonesia, termasuk hotel di Indonesia, hotel di Pantai Bali, hotel di Istana Ambarukmo dan hotel di Pantai Samudera.

Pada tahun 1961, perusahaan berubah status menjadi PN Housing Development, kemudian pada tahun 1971, menjadi PT Pembangunan Perumahan (PTPP).

Dari 1991-2016, PT PP telah membawa banyak inovasi. Di antara mereka adalah pemain utama di sektor konstruksi nasional, diversifikasi sektor real estat, menciptakan anak perusahaan, secara resmi memulihkan kode inventaris BEI dengan PT PP dan investasi mereka, dan mengakuisisi beberapa perusahaan. .

Perusahaan raksasa PT Pembangunan Perumahan memiliki anak perusahaan, antara lain: PT PP Properti, PT PP Infrastruktur, PT PP Energi, PT PP Urban, dan PT PP Presisi.

PT Total Bangun Persada Tbk.


Daftar 10 Perusahaan Kontraktor Terbesar dan Terbaik di Indonesia
(Image: rumah.com)

Perusahaan konstruksi, PT Tjahja Rimba Kentjana, didirikan pada tanggal 4 September 1970. Perusahaan ini bergerak di bidang konstruksi dan direstrukturisasi menjadi PT Total Bangun Persada pada tahun 1981.

Pada tahun 2006, perusahaan ini menjadi perusahaan terbatas publik dengan nama PT Total Bangun Persada Tbk dan secara resmi berbicara di BEI dengan kode kutip dari perusahaan TOTL.

Dengan pengalaman hampir 40 tahun, kontraktor besar ini mengelola berbagai proyek arsitektur, teknik sipil, mekanik dan lingkungan. 

Kontraktor besar ini juga melakukan banyak pekerjaan di fasilitas umum, gedung perkantoran, rumah sakit, tempat ibadah, hotel, perbelanjaan perusahaan industri, perusahaan multi-lantai dan lembaga pendidikan. Misalnya, Konvensi dan Teater JIEXPO, ICE BSD, Menara Astra, Menara Kompas, Gedung BRI Menara BSD, Persimpangan BSD, dll.

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Daftar 10 Perusahaan Kontraktor Terbesar dan Terbaik di Indonesia
(Image: liputan6)

Perusahaan Belanda Naamloze Vennotschap Technische Handel Maatschappij en Bouwbedijf Vis in Co. atau N.V. Vis Co., adalah cikal bakal perusahaan konstruksi terbesar dan terbaik di Indonesia, Wijaya Karya (WIKA).

Pada tahun 1960, N.V. Vis en Co mengalami nasionalisasi dan mengubah status menjadi PN Widjaja Karja, dengan kegiatan komersial di instalasi listrik dan pipa air. Pada tahun yang sama, PN Widjaja Karja juga berkontribusi pada pengembangan pusat kebugaran Bung Karno dalam rangka Asian Games ke-4 di Jakarta.

Pada tahun 1972, PN Widjaja Karja menjadi PT Wijaya Karya, yang menjadi perusahaan konstruksi dan subkontrak. Pada tahun 1982, WIKA mengalami banyak pengembangan manajemen, seringkali melibatkan proyek-proyek infrastruktur utama pemerintah. Hingga 1997, WIKA mendirikan anak perusahaan pertamanya, salah satunya adalah PT WIKA Beton.

Baca juga: 

Selain PT WIKA Beton, anak perusahaan lainnya, yaitu PT WIKA Industri Konstruksi, PT WIKA Bitumen, PT WIKA Bangunan, PT WIKA Rekayasa Konstruksi, PT WIKA Realty dan PT WIKA Serang Panimbang.

Sejalan dengan perkembangannya, WIKA berhasil meluncurkan IPX BEI pada tahun 2007 dengan kode registrasi WIKA, dan bertahan hingga sekarang.

PT Wika juga meraih penghargaan The Most Outstanding Company in Indonesia - Construction Sector dari Asiamoney Asia's Oustanding Companies Poll.

PT. Waskita Karya (Persero) Tbk

Daftar 10 Perusahaan Kontraktor Terbesar dan Terbaik di Indonesia
(Image: waskita karya)

Waskita Karya adalah perusahaan konstruksi terbesar berikutnya dan didirikan dengan nama Perusahaan Negara Waskita Karya pada 1 Januari 1961. Pemegang saham pengendali Waskita Karya (Persero) Tbl adalah Republik Indonesia, dengan persentase kepemilikan sekitar 66 persen.

Itulah 10  perusahaan konstruksi terbesar dan terbaik di Indonesia. Perusahaan konstruksi terbesar lainnya tentu masih banyak dan bahkan muncul dalam daftar saham BEI. Namun, kontraktor terbesar yang tercantum di atas dipilih karena diketahui dan sangat familer oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat yang bekerja dalam bidang konstruksi.

1 Comments

  • PENERBITAN JAMINAN BANK GARANSI DAN ASURANSI
    PENERBITAN JAMINAN BANK GARANSI DAN ASURANSI
    13 Maret 2021 pukul 21.32
    Kepada Yth,
    Perusahaan BUMN/Swasta

    Di Tempat
    Attn: Direktur / Bag. Finance
    HAL : Penawaran penerbitan Bank Garansi & Surety Bond tanpa cash collateral proses cepat dan mudah biaya kompetitif murah
    ( Rate Terendah, Terpercaya & Lebih Cepat Penerbitannya )

    Dengan Hormat,

    Perkenalkan kami dari PT. KARUNIA INDAH BERSAMA Sebagai Consultant Bank Guarantee, Insurance & Surety Bond di mana Perusahaan kami telah ditunjuk untuk memasarkan penerbitan Bank Garansi & Surety Bond bahkan perusahaan kami telah di Back-Up oleh asuransi kerugian Swasta & BUMN. Di sini kami memberikan procedure yang relative mudah yaitu Tanpa Agunan (Non Collateral), Proses Cepat,Bisa dicek Keabsahannya dan Polis Jaminan kami antar untuk memperkenalkan perusahaan kami dengan ini kami melampirkan data-data Penawaran Bank Guarantee & surety Bond, Syarat-Syarat Penerbitannya dibawah ini sbb :



    Best Regards
    ANTONI
    Div. Marketing
    0812-3898-3373
    PT. KARUNIA INDAH BERSAMA (KIB)
    Jl.JATI PAKIS No.12
    PULO GADUNG JAKARTA TIMUR(13220)
    Telephone : (021) 4750036 (hunting)
    Faximile : (021) 22476969
    Email : antonikarunia17@yahoo.com

    Delete
Cancel

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts