-->

Settings Posts Feature

Inilah Raksasa Tambang di Indonesia dari 3 Sektor Berbeda

Inilah Raksasa Tambang di Indonesia dari 3 Sektor Berbeda

Nursahid

Indonesia dikenal sebagai negara dengan sumber daya alam yang besar dan luas di berbagai wilayahnya. Diantara berbagai sumber daya yang ada, hasil tambang bumi menjadi salah satu sumber daya yang cukup menghasilkan. 

Terdapat beberapa perusahaan tambang terbesar di Indonesia yang memanfaatkan hasil tambang tersebut untuk kegiatan komersilnya.

perusahaan-tambang-terbesar-di-indonesia

Photo by: ptba.co.id

Hasil tambang yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan tersebut tentu juga memberikan pengaruh secara signifikan terhadap kondisi ekonomi dan sumber daya di Indonesia. Dunia pertambangan memang dikenal sebagai sektor penyumbang ekonomi yang cukup besar di Indonesia.

Mengenal Dunia Pertambangan

Sektor pertambangan menjadi sektor yang cukup diperhatikan oleh berbagai kalangan termasuk pemerintah. Berbagai hal yang berkaitan dengan sektor pertambangan bahkan di atur secara terpisah dalam undang-undang salah satunya adalah Undang-Undang nomor 4 tahun 2009.

Dalam undang-undang ini disebutkan bahwa pertambangan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan penyelidikan umum, eksplor, studi mengenai kegiatan penambangan serta kegiatan pasca penambangan. Undang-Undang ini juga membahas secara detail mengenai pertambangan mineral dan batu bara.

Diketahui bahwa ada beberapa jenis barang tambang yang dikelola oleh berbagai perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Beberapa barang tambang tersebut diantaranya :
  • Batu bara
  • Gas alam
  • Minyak bumi
  • Emas, perak, fosfat, intan, platina, alumunium
  • Gipsum
  • Nikel, timah, tembaga
  • Marmer, belerang, mangan, bauksit, batu gamping, aspal, bijih besi

Berbagai kegiatan pertambangan yang terkait dengan barang tambang di atas tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Hasil tambang yang melimpah ruah dari setiap jenisnya ini membuat bidang pertambangan menjadi salah satu bidang penyumbang pendapatan terbesar di Indonesia.

Informasi Daftar Perusahaan Tambang Terbesar di Indonesia

Meski berbagai barang tambang di Indonesia diketahui memiliki jumlah yang banyak dan tak terhingga, namun tentu jenis-jenis barang tambang tersebut hanya berpengaruh terhadap ekonomi Indonesia setelah dikelola oleh perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Ada beberapa perusahaan tambang yang dikenal sebagai perusahaan dengan kegiatan tambang terbesar di Indonesia diantaranya :

1. PT. Pertamina (Persero)

Perusahaan tambang terbesar di Indonesia ini namanya tentu tidak asing buat kita yaitu PT. Pertamina (Persero). Perusahaan ini menjadi perusahaan tambang yang telah dikenal luas oleh masyarakat karena berbagai produknya yang banyak digunakan di masyarakat.

PT. Pertamina (Persero) bergerak di bidang industri minyak dan gas ini telah memiliki cukup banyak produk di pasaran seperti bahan bakar minyak, gas, pelumas, dan lain sebagainya. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1957 ini juga telah memiliki kurang lebih 18 anak perusahaan yang mengelola berbagai produk pertambangan.

PT. Pertamina (Persero) mengelola 7 kilang minyak dengan kapasitas mencapai 1051,7 MBSD serta memiliki pabrik gas dan pabrik petrokimia dengan kapasitas ratusan juta ton per tahun. Dengan kapasitas penambangan yang besar serta berbagai produk olahan hasil tambang yang dipasarkan di Indonesia, tidak heran jika PT. Pertamina (Persero) dikenal sebagai perusahaan tambang minyak dan gas terbesar di Indonesia.

Rekomendasi: Simak, ini daftar anak perusahaan Pertamina terkini

2. PT. Freeport Indonesia

Perusahaan tambang terbesar di Indonesia lainnya yang juga sudah dikenal luas oleh masyarakat adalah PT. Freeport Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang penambangan mineral terbesar di Indonesia.

Beberapa hasil tambang yang terkenal dari perusahaan ini adalah emas, tembaga, dan perak. PT. Freeport Indonesia merupakan pengelola resmi dari tambang emas terbesar di dunia yaitu tambang Grasberg. Tambang Grasberg juga merupakan tambang tembaga terbesar ketiga di seluruh dunia.

Perusahaan tambang terbesar di Indonesia ini telah memiliki nama besar di kancah internasional sehingga berbagai pencapaiannya juga turut menyumbangkan perbaikan pada kondisi negara Indonesia. Perusahaan yang bertempat di Mamika, Papua ini diketahui telah menyumbangkan dana lebih dari USD 800 juta untuk berbagai sektor di Papua seperti pembangunan, pengembangan sosial, hingga infrastruktur.

PT. Freeport Indonesia yang berdiri sejak tahun 1967 ini juga memiliki kapasitas produksi barang tambang yang besar, seperti kapasitas produksi tembaga yang mencapai 700.000 ton per tahunnya. Tidak heran jika perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia ini menjadi impian bagi para calon pekerja yang ingin bekerja di bidang pertambangan.

Rekomendasi: Tentang Freeport dan besaran gaji karyawan

3. Perusahaan Tambang Terbesar Di Indonesia – PT. Bukit Asam Tbk.

Nama PT. Bukit Asam menjadi nama perusahaan yang sudah tidak asing di dunia pertambangan. Perusahaan yang termasuk dalam BUMN ini memiliki kegiatan pertambangan yang cukup besar di Indonesia. Karena statusnya yang merupakan BUMN, maka tidak heran jika performa perusahaan ini berpengaruh besar terhadap kondisi ekonomi dan dunia pertambangan di Indonesia.

Perusahaan tambang terbesar di Indonesia ini bergerak di bidang penambangan batu bara dan mulai beroperasi sejak tahun 1950. BUMN yang berpusat di Sumatera Selatan ini diketahui memiliki beberapa produk batu bara dengan 2 merek dagang yaitu IPC dan PTBA. Setiap produk yang dimiliki oleh kedua merek dagang ini memiliki kadar kandungan batu bara yang berbeda-beda.

PT Bukit Asam Tbk berada di peringkat pertama dari 7 perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia dengan cadangan mencapai 3,05 miliar ton, lebih besar dari yang dimiliki Bumi Resource sebesar 2,46 miliar dan lebih dari dua kali lipat cadangan Adaro Energy yang berjumlah 1,30 miliar ton (sumber:cnbcindonesia.com/market).

Berkaitan dengan operasional pertambangan yang dilakukannya, perusahaan ini telah meraih berbagai penghargaan yang membuktikan kesuksesan perusahaan ini. Kesuksesan ini juga semakin meningkat sejak perusahaan pertambangan ini memasuki pasar saham pada 2002 dan memiliki kapitalisasi pasar mencapai 42,86 triliun hingga saat ini.

Rekomendasi: 

Itulah beberapa perusahaan tambang terbesar di Indonesia yang berasal dari beberapa sektor pertambangan berbeda. Selain ketiga perusahaan di atas, masih ada beberapa perusahaan besar lain yang juga turut menyumbang besar terhadap kemajuan bidang pertambangan di Indonesia. Berbagai perusahaan tambang juga telah mengangkat nama Indonesia sebagai produsen sumber daya alam hingga menempati posisi negara produsen batu bara terbesar keempat di seluruh dunia.

Add Comments

Cancel

Settings Related Posts