Apa Saja Komponen-Komponen Las Argon Dan Peralatan Kerja Welder?

Fitter-Welder-Pengelasan-Teknik Pengelasan-Peralatan Kerja Welder-Komponen-komponen Las Argon

Istilah jenis pengelasan argon dikalangan para pekerja proyek konstruksi dan piping, kadang berbeda-beda. Ada yang mengatakan las GTAW ada pula yang mengatakan las TIG. Pada dasarnya sih sama saja, dan kebanyakan kita menyesuaikan lidah orang Indonesia lebih gampang menyebut 'Las Argon' saja. 

Jika pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai Pengertian dan proses pengelasan argon, kali ini kita akan membahas mengenai komponen-komponen yang digunakan untuk pengelasan argon serta akan kita bahas juga mengenai alat-alat kerja yang digunakan oleh welder argon.

Komponen-komponen Las Argon


komponen-peralatan-las-argon
Gambar rangkaian komponen-komponen untuk pengelasan Argon

Bila Anda bekerja di proyek piping tentunya tidak asing dengan jenis pengelasan ini. Tapi terkadang ada juga beberapa orang pekerja yang kurang memahami. Pengelasan argon bisa dilakukan jika semua komponen dirangkai dengan benar. Kekurangan salah satu komponen bisa berakibat gagalnya pengelasan.

Bila ingin menekuni ilmu pengelasan piping Anda bisa mulai belajar untuk mengenal beberapa peralatan termasuk komponen-komponen untuk merangkai las argon. Berikut, alat-alat dan komponen-komponen yang digunakan untuk pekerjaan pengelasan menggunakan las argon:

1. Mesin las AC/DC

Merupakan mesin las pembangkit yang digunakan dalam pengelasan menggunakan las argon. Pemilihan arus AC atau DC biasanya tergantung pada jenis logam yang akan dilas.

2. Tabung gas

Tabung yang digunakan tempat penyimpanan gas lindung seperti argon dan helium yang digunakan dalam pengelasan.

3. Regulator Dan Flowmeter

Pengatur tekanan gas yang digunakan dalam pengelasan. Regulator berfungsi untuk menunjukkan tekanan / pressure gas di dalam tabung. Sedangkan Flowmeter difungsikan untuk menunjukkan besarnya aliran gas lindung yang dipakai.

4. Selang Gas

Selang gas berfungsi sebagai penghubung aliran gas dari tabung menuju stang las.

5. Kabel Masa

Kabel masa disebut juga kabel elektroda yang berfungsi untuk penghantar arus ke benda kerja. Penempatan kabel masa berada pada kutup positif (+), berbeda dengan las SMAW. Tapi dalam keadaan tertentu kadang juga dibalik.

6. Cable Adapter (connecting)

Connecting digunakan untuk mengikat atau menghubungkan antara kabel las dan selang gas menuju stang las.

7. Stang las (welding torch)

Berfungsi untuk menyatukan sistem las yang berupa penyalaan busur dan penyaluran gas lindung selama dilakukan proses pengelasan.

8. Elektroda Tungsten

Berfungsi sebagai pembangkit busur nyala selama dilakukan pengelasan. Elektroda ini tidak berfungsi sebagai bahan tambah, berbeda dengan pengelasan pada umumnya, seperti las SMAW.

9. Kawat Las

Berfungsi sebagai bahan tambah. Penambahan kawat las dilakukan ketika bahan dasar yang dipanasi dengan busur tungsten sudah mendekati cair.

Itulah serangkaian komponen utama yang digunakan untuk las argo. Jika dibutuhkan untuk jenis pengelasan tertentu kadang ditambahkan peralatan lainnya, seperti: sistem pendingin, rheostat dan pengatur waktu busur.

Rekomendasi untuk Anda:
Arti Kode Dan Simbol Kawat Las SMAW
Tentang Elektroda Dan Jenis-jenis Kawat Las SMAW

 Peralatan Kerja Welder Argon


peralatan-kerja-welder-argon


Alat perlengkapan yang digunakan welder SMAW biasanya hanya kap las, sarung tangan kulit, cipping dan beberapa peralatan pribadi. Tapi untuk welder argon, terutama untuk pengelasan di proyek piping lebih lengkap lagi, berikut dafta peralatannya: 
  1. Kap las
  2. Kaca kap las
  3. Apron,pelindung dada dan tangan
  4. Sarung tangan khusus argon
  5. Gerinda
  6. Kabel power
  7. Cipping,semacam palu kecil yang ujung satu bentuk gepeng dan ujung lain bentuk kerucut.
  8. Brush,untuk membersihkan las-lasan dan sekitarnya.
  9. Lampu senter kecil,untuk mengamati bagian dalam pipa.
  10. Masker khusus
Nah itulah ulasan mengenai komponen-komponen las argon dan peralatan kerja welder argon. Jika Anda ingin terjun di bidang pengelasan atau belajar ilmu piping, hal-hal seperti ini juga harus dipahami karena welder argon dan piping selalu saling berkaitan. Terima kasih sudah baca artikelnya, simak juga informasi menarik lainnya di sini.

Diupdate: 12 Agustus 2021

Bagikan ke:
LihatTutupKomentar