Tips dan Cara Menjadi Welder Piping Profesional

Profesi Welder merupakan figur paling penting pada sebuah proyek sistem perpipaan. Tugas welder juga merupakan juru las yang profesional dan bersertifikasi. Menjadi seorang welder profesional juga wajib memiliki kualifikasi tertentu dan harus melalui berbagai tahap.

Profesi sebagai welder pipa saat ini sangat dibutuhkan dalam berbagai proyek swasta atau pemerintah. Perusahaan sanggup menggaji mereka dengan nilai sangat besar, andaikan mampu bekerja secara maksimal dan sesuai dengan keinginan perusahaan.

cara-menjadi-welder-pipa-profesional
Gambar pengelasan pipa oleh welder pipa profesional

Tips dan Cara Menjadi Welder Profesional di Bidang Piping

Kalau Anda tertarik untuk menjadi welder yang profesional dan banyak dicari oleh perusahaan dan pemilik proyek besar di Indonesia atau bahkan dunia, dibawah ini adalah tips yang bisa dilakukan :

1. Paham dan Tahu Betul Welder Piping

Anda wajib mengetahui semua hal tentang pengelasan pipa, dari hal-hal terkecil sampai trik untuk menyambungkan pipa dengan hasil yang maksimal.

Pembelajaran semacam ini bisa Anda dapatkan dengan belajar langsung kepada orang yang sudah berpengalaman. Mereka tahu betul semua seluk beluk pengelasan pipa. Kemudian perdalam lagi pemahaman Anda melalui buku-buku referensi maupun via internet.

2. Pelajari Dasar Pengelasan Pipa

Pastikan Anda sudah mempelajari semua dasar pekerjaan welder piping, termasuk kelas-kelasnya yang sudah diklasifikasikan oleh pemerintah. Termasuk kelas 1 dengan kualifikasi pengelasan pada sambungan yang bertekanan.

Kemudian kelas atau golongan 2 untuk welder yang mampu melakukan pengelasan pada support (penyangga), bagian dari steam boiler hingga isolasi. Kemudian untuk kelas tiga yaitu pekerjaan pengelasan pada pipa dengan masalah yang tak terlalu krusial. 

Baca juga : Teknik las smaw – prosedur pengelasan yang baik

3. Ikut Training

Ketika Anda sudah punya modal pemahaman, maka langkah selanjutnya adalah rajin mencoba dengan melakukan pengelasan sendiri atau dibantu profesional. Kemudian mulailah untuk ikut training sehingga Anda mendapatkan sertifikasi resmi dari lembaga kompeten. 

Training bisa dilakukan di Dinas Tenaga Kerja, Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Industri Petrokimia atau sertifikasi dari Migas.

4. Teliti dan Rapi

Pastikan hasil kerja pengelasan pipa yang Anda lakukan sudah bagus, sangat rapi dan tanpa undercut maupun porisity. Hal-hal tersebut yang akan menjadi pertimbangan untuk merekrut Anda menjadi tenaga welder profesional di berbagai proyek.

Untuk mendapatkan kemampuan ini, tentu dengan banyak belajar dan terus mengevaluasi pekerjaan sendiri. Kemudian tak ragu untuk mengasah kemampuan dengan bekerja bersama pada welder berpengalaman, jadi semakin banyak ilmu yang didapat dan diterapkan nantinya.

5. Selalu Diskusi dengan Komunitas Welder

Untuk menambah wawasan di bidang pengelasan perpipaan, Anda sangat disarankan untuk bergabung dengan komunitas welder yang siap membantu mana-mana yang perlu dimaksimalkan saat bekerja dan mana yang dapat dihindari.

Karena mereka sendiri pasti sudah memiliki pengalaman di lapangan untuk melakukan pekerjaan pengelasan terbaik. Gabung komunitas via grup welder di Facebook, sosial media lain atau website  forum yang membahas mengenai pengelasan dan pengalaman sebagai welder piping.

Kisaran Gaji yang didapat Welder Profesional

Saat Anda sudah mempunyai kemampuan untuk menjadi seorang welder, pasti Anda akan tergiur setelah tahu pendapatan dari profesi ini. Di Indonesia sendiri saat ini, welder pemula saja bisa mendapat penghasilan berkisar Rp 5.000.000 - Rp 10.000.000/bulan. Dan saat Anda mampu naik untuk bekerja di perusahaan di luar negeri, gaji yang akan didapatkan sekitar Rp 40-50 jutaan (mengikuti kurs dollar terbaru).

Kemudian untuk welder pipa yang berpengalaman dan bersertifikasi bisa mendapatkan gaji diatas jumlah yang sudah kami sebutkan tadi. Biasanya jumlah tersebut untuk pengelasan pipa air, pipa gas atau minyak. Semuanya tentu juga tergantung dari jenis proyek, pemilik proyek dan beberapa alasan lainnya.

Baca juga : Kerja proyek ingin gaji tinggi. Pilih profesi ini!

Itulah pembahasan singkat mengenai profesi welder piping profesional. Bagi Anda yang baru memulai karir bisa dimulai dengan menjadi welder plat atau welder support dahulu. Selalu asah kemampuan Anda dari sekarang dan jadilah welder pipa yang profesional, yang kedepannya akan semakin diburu perusahaan proyek. Semoga artikel ini dapat menambah semangat Anda untuk terus maju.

Baca juga :

Terima kasih sudah baca artikel. Simak artikel menarik lainnya di blog ini.

LihatTutupKomentar