-->

Settings Posts Feature

Cara Menjadi Welder di Bidang Piping

Cara Menjadi Welder di Bidang Piping

Nursahid

Profesi welder merupakan figur paling penting dalam sebuah proyek konstruksi. Apalagi yang berhubungan dengan sistem perpipaan.

Pipe welding harus dilakukan oleh tenaga profesional yang memiliki sertifikasi dan kualifikasi yang melalui berbagai tahap.

Profesi sebagai welder termasuk di sini welder piping, saat ini memang sangat dibutuhkan dalam berbagai proyek swasta atau pemerintah. Perusahaan sanggup menggaji mereka dengan nilai sangat besar berdasarkan keahlian yang mereka miliki, serta mampu bekerja secara maksimal dan sesuai dengan keinginan perusahaan.

cara-menjadi-welder-pipa-profesional

Pipe welding

Jika Anda berminat ingin menjadi Welder profesional utamanya di bidang piping, berikut beberapa tips dan cara yang bisa Anda terapkan.

Tips dan Cara Menjadi Welder Profesional di Bidang Piping

Menjadi Welder profesional memang tidak bisa secara instan. Butuh kerja keras dan ketekunan terus-menerus untuk belajar dan menggali pengalaman.

Tips dan cara ini bisa Anda lakukan untuk memulai merintis menjadi Welder profesional, utamanya Welder pipa. Di bawah ini adalah cara yang bisa dilakukan :

1. Paham dan Tahu Betul Teknik Pengelasan

Cara menjadi Welder pipa profesional yang pertama adalah Anda wajib mengetahui semua hal tentang teknik pengelasan, baik itu pengelasan pipa maupun pada jenis material lainnya.

Dasar-dasar teknik welding dari hal-hal terkecil sampai trik untuk menyambungkan pipa dengan hasil yang maksimal, harus dipelajari. Termasuk di sini adalah pengetahuan types welding; las smaw, gmaw, fcaw maupun gtaw atau TIG.

Pembelajaran semacam ini bisa Anda dapatkan melalui referensi dari berbagai buku teknik pengelasan maupun panduan via internet. Ada baiknya perdalam pengetahuan Anda dengan belajar langsung kepada orang yang sudah berpengalaman, yang tahu betul semua seluk beluk teknik pengelasan.

2. Pelajari Dasar Pengelasan Pipa

Tips kedua, cara jadi Welder pipa yang profesional adalah pastikan Anda sudah mempelajari semua dasar pekerjaan welder piping, termasuk kelas-kelasnya yang sudah diklasifikasikan oleh pemerintah. 

Untuk kelas 1 dengan kualifikasi pengelasan pada sambungan yang bertekanan.

Kelas 2 atau golongan 2 untuk welder yang mampu melakukan pengelasan pada support (penyangga), bagian dari steam boiler hingga isolasi.

Kemudian untuk kelas tiga yaitu pekerjaan pengelasan pada pipa dengan masalah yang tak terlalu krusial.

Dengan demikian Anda akan tahu dan bisa mengukur tingkat keahlian yang sudah Anda miliki.

Baca juga : Teknik las smaw – prosedur pengelasan yang baik dan benar.

3. Ikut Training

Ketika Anda sudah punya modal pemahaman, maka langkah selanjutnya adalah rajin mencoba dengan melakukan pengelasan sendiri atau dibantu profesional. Kalau punya kesempatan kerja di workshop fabrikasi itu akan lebih mudah peluang untuk jadi Welder, termasuk Welder piping.

Kemudian mulailah untuk ikut training sehingga Anda mendapatkan sertifikasi resmi dari lembaga kompeten. Training bisa dilakukan di Dinas Tenaga Kerja, Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Industri Petrokimia atau sertifikasi dari Migas.

4. Teliti dan Rapi

Pastikan hasil kerja pengelasan pipa yang Anda lakukan sudah bagus, sangat rapi dan tanpa undercut maupun porisity. Hal-hal tersebut yang akan menjadi pertimbangan untuk merekrut Anda menjadi tenaga welder profesional di berbagai proyek.

Untuk mendapatkan kemampuan ini, tentu dengan banyak belajar dan terus mengevaluasi pekerjaan sendiri. Kemudian tak ragu untuk mengasah kemampuan dengan bekerja bersama pada welder pipa berpengalaman, jadi semakin banyak ilmu yang didapat dan diterapkan nantinya.

5. Selalu Diskusi dengan Komunitas Welder

Untuk menambah wawasan di bidang pengelasan pipa, Anda sangat disarankan untuk bergabung dengan komunitas welder yang siap membantu mana-mana yang perlu dimaksimalkan saat bekerja dan mana yang dapat dihindari.

Informasi lowongan pekerjaan Welder pada umumnya didapatkan dari komunitas semacam ini. Buatlah diri Anda mudah komunikasi dan dihubungi.

Ada baiknya gabung juga dengan grup welder di Facebook, forum atau sosial media lainnya mengenai welder piping.

Kisaran Gaji yang didapat Welder Profesional

Saat Anda sudah mempunyai kemampuan untuk menjadi seorang welder, pasti Anda akan tergiur setelah tahu pendapatan dari profesi ini.

Di Indonesia sendiri saat ini, welder pemula saja bisa mendapat penghasilan berkisar lima sampai sepuluh jutaan. Dan saat Anda mampu naik untuk bekerja di perusahaan di luar negeri, gaji yang akan didapatkan sekitar 40 sampai 50 jutaan (mengikuti kurs dollar terbaru).

Kemudian untuk welder pipa yang berpengalaman dan bersertifikasi bisa mendapatkan gaji di atas jumlah yang sudah kami sebutkan tadi. Biasanya jumlah tersebut untuk pengelasan pipa air, pipa gas atau minyak. Semuanya tentu juga tergantung dari jenis proyek, pemilik proyek dan beberapa alasan lainnya.

Baca juga : Kerja proyek ingin gaji tinggi. Pilih profesi ini!

Itulah pembahasan singkat mengenai tips dan cara menjadi Welder piping profesional. Buat Anda yang baru memulai karir bisa dimulai dengan menjadi welder plat atau welder support dahulu sambil mengasah keterampilan.

Selalu asah kemampuan dari sekarang semoga kemudian Anda jadi welder pipa profesional yang bisa diandalkan sehingga kedepannya akan semakin diburu oleh pemilik perusahaan.

Baca juga :

Terima kasih sudah baca artikel. Simak artikel menarik lainnya di blog ini.

Add Comments

Cancel

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts