Cara Kerja Gate Valve Dan Fungsinya

Jika Anda bekerja dalam dunia proyek konstruksi, piping dan mekanikal sudah pasti mengenal yang namanya valve. Dan salah satu jenis valve yang banyak kita jumpai adalah Gate Valve.

cara-kerja-gate-valve-dan-fungsinya

Apa itu Gate Valve?

Gate Valve adalah jenis valve pada sistem instalasi perpipaan yang hanya berfungsi untuk memblokir dan meneruskan aliran (flow) dengan menggunakan seat lempengan yang terhubung dengan stem yang digerakan secara naik dan turun menggunakan handwheel / setiran.

Cara Kerja Gate Valve

Cara kerja gate valve sangat sederhana yaitu pada saat handwheel diputar, bagian stem (tangkai berulir) akan bergerak naik membuat seat/stopper yang terhubung ikut naik menempati ruang bonnet, jalur aliran kemudian akan terbuka untuk dilewati fluida.

cara-kerja-gate-valve-dan-fungsinya

Untuk mengetahui posisi open close (buka atau tutup), valve jenis ini bisa dikenali berdasarkan tinggi rendahnya stem (tangkai berulir). Jika posisi stem terlihat rendah berarti valve dalam kondisi tertutup. Dan sebaliknya jika stem posisinya tinggi berarti kondisi valve dalam keadaan terbuka karena posisi seat/stopping sekarang berada di dalam ruang bonnet.

Casing valve yang sedikit lebih lebar dari pipa yang terhubung memungkinkan seat/stopper benar-benar menutupi ruang aliran dan membuatnya benar benar tertutup rapat.

Fungsi Gate Valve

Dalam banyak hal jenis valve ini didesain dan difungsikan untuk membuka dan menutup aliran dengan cara tertutup rapat dan terbuka penuh. Valve ini tidak cocok untuk mengatur debit aliran, karena kurang akurat dalam hal mengontrol besar aliran.

Gate valve ketika dalam posisi hanya menutup sebagian (tidak tertutup atau terbuka penuh) bisa meningkatkan tekanan dan mengakibatkan getaran tak terduga dalam sistem cairan. Itulah sebabnya pengoperasian gate valve biasanya dilakukan secara terbuka penuh atau tertutup penuh.

Gate Valve mempunyai kemampuan yang cukup baik untuk digunakan dalam instalasi bertemperatur dan bertekanan tinggi, misalnya dalam sistem instalasi di:
  • Pertambangan,
  • Pembangkit Listrik,
  • Pengolahan Air,
  • Aplikasi lepas pantai.

Itulah mengenai cara kerja dan fungsi gate valve. Silahkan lihat artikel lainnya untuk menambah wawasan dan bidang perpipaan.

Rekomendasi:
Terakhir diupdate: 10 Agustus 2021
LihatTutupKomentar