-->

Settings Posts Feature

Cara Daftar Prakerja Online 2022 Lewat HP, Cepat dan Mudah

Cara Daftar Prakerja Online 2022 Lewat HP, Cepat dan Mudah

Nursahid

Pemerintah memiliki sebuah program yaitu kartu prakerja. Dimana program ini dikhususkan kepada orang yang sedang mencari pekerjaan atau pengalaman dan keterampilan.

Bahkan cara daftar prakerja online sangat mudah sekali, bisa melalui HP maupun komputer.

cara-daftar-kartu-prakerja-online

Tetapi, tidak semua orang dapat untuk mengikuti program dari pemerintah ini. Kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang memang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sehingga, tidak sembarang orang bisa mendaftarkan dirinya melalui program kartu prakerja ini. Ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi atau beberapa kriteria yang dibolehkan mendaftar.

Perlu diketahui, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 23 akan dibuka kembali. Rencananya akan dimulai pada akhir Januari atau awal Februari 2022 (https://depok.pikiran-rakyat.com).

Bila kamu berminat dan memenuhi kriteria, simak persyaratan dan cara daftar kartu prakerja online 2022 berikut.

Persyaratan Daftar Program Kartu Prakerja

Apa saja syarat daftar kartu prakerja? 

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Persyaratan wajib yang harus dipenuhi calon peserta kartu prakerja adalah, menjadi warga negara Indonesia. Kalau bukan sebagai warga negara Indonesia maka dilarang untuk mendaftar. 

Program ini memang hanya di khususkan untuk WNI saja. Jadi warga negara asing tidak boleh atau dilarang ikut mendaftar program pemerintah yang satu ini.

2. Usia Minimal 18 Tahun

Usia ini adalah usia yang sudah mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Serta usia 18 tahun ini sudah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA). Jadi diperbolehkan untuk mendaftarkan diri.

Usia 18 tahun ini sudah dapat mengetahui mana yang baik dan yang buruk. Sehingga, dijadikan sebagai persyaratan utama untuk mengetahui cara daftar prakerja online.
Rekomendasi:

3. Tidak Sedang Menempuh Pendidikan Formal

Pendidikan formal itu, pendidikan di sebuah institusi atau yayasan. Jika kamu sedang menempuh pendidikan umum seperti kuliah. Maka, kamu tidak masuk kedalam kriteria tersebut. Sehingga kamu tidak boleh melakukan pendaftaran program kartu prakerja ini.

Ini merupakan persyaratan utama yang wajib kamu penuhi jika kamu ingin mendaftarkan diri. Jika salah satu persyaratan utama tersebut tidak terpenuhi, maka kemungkinan terbesar kamu akan tertolak.

Cara Mendaftarkan Akun Secara Online Di Kartu Prakerja

Bagaimana cara daftar kartu prakerja online? Simak caranya berikut ini.

1. Buka Laman Prakerja

Pertama untuk kamu, buka laman prakerja melalui pencarian internet. Seperti Google, Google Chrome atau pencarian lainnya yang tersedia di HP atau ponsel kamu masing-masing. Pastikan alamat yang kamu tuju benar dan tidak salah.

Ketik https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. Ini merupakan alamat yang benar untuk kamu masukkan pada kolom pencarian internet.

2. Masukkan Alamat Email Serta Password

Selanjutnya kamu bisa masukkan alamat email serta password yang aktif terdaftar secara benar. Lalu nanti kamu akan disuruh untuk mengulangi password. Masukkan password yang sama untuk mengulangi kata sandi email kamu.

3. Klik Setuju

Jika kamu sudah mengisi perintah dengan benar. Maka, selanjutnya kamu mentap ‘saya menyetujui syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi yang berlaku’. Ini merupakan cara daftar prakerja online yang wajib kamu klik.

Biasanya kolom tersebut berada pada akhir atau berada paling bawah sebelum kamu mengklik setuju. Kamu wajib untuk menceklis kolom tersebut jika ingin mendaftarkan diri.

4. Klik Buat Akun

Setelah menyetujui syarat serta ketentuan yang berlaku. Kamu hanya perlu tap buat akun. Jika sudah maka nanti akan ada notifikasi yang masuk kedalam email yang kamu daftarkan tadi.

5. Cek Email Serta Verifikasi

Jika kamu mendapatkan email atau notifikasi untuk melakukan verifikasi maka lakukan saja. Jangan takut terhadap data kamu. Karena sangat aman sekali. Ini merupakan langkah awalan saja.

Selanjutnya kamu bisa masuk kedalam akun prakerja kamu. Cara masuk di akun prakerja kamu bisa menggunakan email serta password yang tadi. Kalau sudah benar terdaftar maka kamu bisa langsung mengisi tes secara online. 

Ada beberapa tes kompetensi dasar yang perlu kamu isi dengan jujur. Jika kamu sudah selesai untuk mengisi kompetensi tersebut, maka kamu diminta untuk memilih seleksi batch yang telah tersedia.

Jika batch sebelumnya telah berakhir, maka cek prakerja kamu secara berkala untuk mendapatkan informasi yang tepat. 

Kemudian sesuaikan domisili kamu. Apabila kamu telah terpilih sebagai peserta kartu prakerja. Maka kamu bisa mempersiapkan diri kamu dalam memilih pelatihan mana yang akan kamu pilih. Atau kemampuan mana yang mungkin akan kamu kembangkan.
Rekomendasi artikel:
Itulah tadi cara daftar prakerja online yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya. Sangat mudah sekali bukan. Jika bermanfaat, silahkan bagikan ke media sosial Kamu melalui ikon di bawah.

Add Comments

Cancel

Settings Related Posts