-->

Settings Posts Feature

5 Perusahaan Migas Terbesar di Dunia Hingga Saat Ini

5 Perusahaan Migas Terbesar di Dunia Hingga Saat Ini

Nursahid

Harga minyak mentah dunia telah meningkat selama setahun terakhir setelah mencapai rekor terendah pada April 2020. Kenaikan harga ini disebabkan meningkatnya permintaan seiring pemulihan ekonomi global. 

Perusahaan besar dunia dari sektor migas juga diuntungkan dari kenaikan harga minyak internasional. Berdasarkan data dari CompaniesMarketCap.com, Saudi Aramco menjadi salah satu perusahaan paling beruntung berkat kenaikan harga minyak dunia pada 2021.

Sementara, akibat perang di Ukraina dan sanksi berkelanjutan terhadap ekspor energi Rusia, China berpotensi menghasilkan keuntungan besar berkat impor yang diterimanya dari Rusia.

kontraktor-migas-terbesar-dunia

Saudi Aramco Facility

Mengutip dari forbes.com, menarik untuk diulas 5 kontraktor produsen minyak dan gas bumi terbesar dunia saat ini.

#1 Saudi Aramco (Saudi Arabian Oil Company)

Saudi Aramco (juga dikenal sebagai Saudi Arabian Oil Co.) adalah pengekspor minyak terbesar di dunia. Perusahaan ini dimiliki oleh pemerintah Saudi dan keluarga kerajaan. 

Baru-baru ini, perusahaan mengumumkan rencana untuk meningkatkan kapasitas ekspor minyak mentah sebesar 1 juta barel per hari pada tahun 2027 dengan meningkatkan penggunaan gas alam negaranya sendiri, yang bersumber dari lapangan Jafura.

Pada tahun 2021, Saudi Aramco menarik $110 miliar dalam hal pendapatan bersih. Angka ini kembali mendekati level 2018, sebelum perusahaan go public dengan IPO pada 2019. Pada 2018, laba bersih adalah $111,1 miliar, tetapi pada 2019 dan 2020, laba bersih masing-masing hanya $88,2 miliar dan $49 miliar.

Beberapa hal menyebabkan penurunan pendapatan bersih Saudi Aramco pada 2019 dan 2020. Harga minyak turun, fasilitas gas alam cairnya mulai menimbulkan serangan mahal dari pemberontak Houthi Yaman pada 2019, dan ada perang penawaran terkait OPEC dengan Rusia di tengah-tengah pandemi. Ketika harga minyak mentah naik, begitu pula keuntungan perusahaan. Itu adalah tren yang mungkin diasumsikan akan berlanjut di masa depan.

Rekomendasi artikel: Daftar Anak Perusahaan Pertamina Terbaru

#2 Exxon Mobil (XOM)

Exxon Mobil adalah perusahaan minyak dan gas Amerika terbesar. Laba bersih Exxon Mobil untuk tahun 2021 adalah $23,04 juta, naik dari rugi bersih sebesar $22,44 juta pada tahun 2020. 

Laba bersih di Exxon mengikuti tren serupa dengan Saudi Aramco selama beberapa tahun terakhir, dengan laba bersih yang lebih rendah pada tahun 2019 dan 2020 dibandingkan dengan tahun 2018 dan 2022.

Keluaran gas alam Exxon telah mengalami tren penurunan sejak 2011. Ini mencapai titik terendah – 2.574 juta kaki kubik per hari – pada 2018. Itu naik tepat di atas titik itu selama tiga tahun berikutnya hingga 2021.

Pada musim gugur 2021, tiga investor aktivis masuk ke dewan direksi Exxon Mobil. Tidak puas dengan cara perusahaan menangani kontribusinya terhadap perubahan iklim hingga saat ini, mereka telah mencoba menggunakan pengaruhnya untuk menghentikan proyek minyak dan gas, sebaliknya memilih investasi miliaran dolar dalam program penangkapan kembali karbon, proyek hidrogen, dan biofuel sebagai bagian dari unit rendah karbon Exxon.

Karena harga minyak berosilasi, kita bisa berharap untuk melihat laba bersih Exxon mengikuti. Itu tetap menjadi perusahaan minyak dan gas terbesar yang berbasis di AS, terlepas dari harga minyak mentah.

Baca juga: Profil Exxon Mobil Indonesia Operasi Produksi Cepu

#3 Chevron (CVX)

Chevron adalah perusahaan minyak dan gas besar Amerika lainnya. Sementara Chevron adalah perusahaan Amerika, sebagian besar produksi gas alamnya sebenarnya berasal dari pekerjaannya di Australia dan Asia. Pada tahun 2021, Chevron menghasilkan 1,69 miliar kaki kubik gas alam per hari di AS, tetapi 6 miliar kaki kubik per hari secara internasional.

Laba bersihnya pada tahun 2021 adalah $15,63 juta, naik dari kerugian $5,54 juta pada tahun 2020. Laba bersih juga rendah pada tahun 2019 dengan hanya $2,92 juta, tetapi lebih tinggi ketika pasar membayar lebih untuk minyak pada tahun 2018 – ketika Chevron mendatangkan laba bersih pendapatan $ 14,82 juta.

Presiden Biden baru-baru ini mendorong perusahaan minyak dan gas Amerika untuk meningkatkan produksi guna mengurangi kekurangan pasokan yang disebabkan oleh sanksi yang dikenakan pada perusahaan Rusia setelah invasi negara itu ke Ukraina. Chevron dengan antusias menjawab panggilan tersebut. Pada Q1 tahun 2022, meningkatkan produksi minyak dan gasnya di Cekungan Permian sebesar 10%.

Laba bersih perusahaan 2021 bangkit kembali merupakan tanda yang menggembirakan, meskipun laba masih sangat bergantung pada harga minyak. Akan menarik untuk melihat bagaimana peningkatan produksi Permian Basin mempengaruhi keuntungan 2022.

#4 SHELL (SHEL)

Shell adalah perusahaan minyak dan gas yang dulunya Belanda-sekarang-Inggris. Saat ini memimpin proyek konstruksi swasta terbesar dalam sejarah Kanada dengan membangun pengeboran gas alam, pipa dan pencairan di sepanjang pantai British Columbia. Itu tidak akan selesai dalam beberapa tahun, tetapi diproyeksikan untuk memproduksi dan mengekspor lebih dari 14 juta ton gas alam cair dingin per tahun.

Laba bersih Shell untuk tahun 2021 adalah $14,62 juta, pulih dari kerugian bersih sebesar $16,91 juta pada tahun 2020. Kerugian laba bersihnya pada tahun 2019 tidak separah yang terjadi pada produsen minyak dan gas lainnya – laba bersih tahun 2019 turun menjadi $12,42 juta dari $17,51 juta pada tahun 2018.

Baru tahun lalu, Den Haag menentang Shell karena melanggar undang-undang Belanda seputar standar perawatan lingkungan. Perusahaan diperintahkan untuk melipatgandakan tujuan pengurangan emisi karbon yang ditetapkan untuk tahun 2030. Putusan tersebut akhirnya membuat perusahaan tersebut meninggalkan Belanda sama sekali dan bermarkas kembali di London dengan cara yang dramatis.

Laba bersih Shell sejalan dengan pendapatan bersih perusahaan minyak dan gas lainnya selama empat tahun terakhir, turun pada 2019 dan 2020, tetapi pulih pada 2021. Lihat bagaimana fasilitas gas alam British Columbia yang baru memengaruhi keuntungan di masa mendatang setelah selesai dibangun.

#5 PetroChina

PetroChina adalah salah satu perusahaan minyak dan gas milik negara China. Sementara banyak negara telah memberikan sanksi ekspor energi Rusia dalam beberapa bulan terakhir, sekutu Rusia China telah meningkatkan impornya dari negara tersebut.

Penghasilan bersih pada tahun 2021 sangat tinggi sekitar $12,94 miliar. Bahkan sebelum kemerosotan 2019/2020, pendapatan bersihnya pada 2018 tidak setinggi itu hanya $7,46 miliar. Dari semua perusahaan dalam daftar ini, laba bersih PetroChina telah membuat pemulihan yang luar biasa.

PetroChina dan Gazprom Rusia baru-baru ini menyetujui kesepakatan jalur pipa yang akan mengimpor 10 miliar meter kubik gas alam Rusia ke China setiap tahun mulai tahun 2023, dan berlangsung selama 30 tahun ke depan. PetroChina berencana untuk meningkatkan proporsi produksi gas alamnya menjadi 55% dari total produksinya pada tahun 2025.

Laba bersih PetroChina pada Kuartal 1 dan Kuartal 2 tahun 2022 telah melampaui apa yang dihasilkan perusahaan sepanjang tahun 2021. Ini mungkin sebagian disebabkan oleh strategi yang digunakan China dengan membeli dan menyimpan minyak saat harganya murah di awal pandemi, dan kemudian menjualnya kembali ke seluruh Asia disaat harga mulai naik.

Sumber: forbes.com

Add Comments

Cancel

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts