Jenis-jenis Flange Pipa Berdasarkan Tipe Permukaannya

Ilmu Pipa,Tipe-tipe Flange,Jenis-jenis Flange,Cara membaca spesifikasi flange,ilmu fitter dan pipe fitter

Selain jenis-jenis flange pada pipa secara umum, kali ini kami akan mengulas mengenai jenis-jenis flange berdasarkan tipe facenya atau tipe permukaan pada flange. Jenis flange ini bisa kita bedakan hanya dengan melihat permukaan flange (face) yang merupakan tempat gasket.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan ini mungkin dari Anda ada yang ingin mengetahui apa itu flange. Jadi flange adalah suatu komponen yang digunakan untuk menggabungkan dua benda menjadi satu kesatuan yang utuh dengan menggunakan baut sebagai bahan untuk merekatkan.

Kalau flange pipa berarti komponen tersebut digunakan untuk menggabungkan dua pipa menjadi satu kesatuan yang bisa digunakan untuk aliran, lihat Definisi fungsi dan jenis-jenis flange pipa.

Berbicara mengenai jenis-jenis flange pipa, jika dikategorikan berdasarkan type face (permukaannya) maka jenis flange dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Type Flat Face (FF)
  2. Type Raised Face (RF)
  3. Ring Type Joint (RTJ)

Mari kita uraikan satu persatu mengenai jenis-jenis flange ini.

Flange tipe Flat Face (FF)

Flat Face adalah flange yang memiliki permukaan sentuh rata, flat atau polos tidak ada tekstur apapun. Contoh flangenya seperti ini:

jenis-flange-berdasarkan-tipe-face-permukaanjenis-flange-berdasarkan-face-permukaan


Flange jenis ini biasanya digunakan untuk jenis baja tuang (cast iron) dan juga galvanize. Biasanya digunakan untuk pressure rendah. Tipe gasketnya menggunakan flat sheet atau full face.

Flange tipe Raised Face (RF)

Jenis flange tipe Raised Face / RF memiliki permukaan sentuh yang lebih tinggi atau istilahnya raised, dengan tekstur garis-garis kecil melingkar. Jadi kalau kita lihat dari samping akan terlihat bentuk agak menonjol di tengah. Lihat contoh flange di bawah ini:


jenis-flange-berdasarkan-bentuk-face-permukaanjenis-flange-berdasarkan-bentuk-face-permukaan


Flange jenis ini biasanya digunakan untuk rating yang medium, ukuran untuk fluida C150 ~ CL900. Untuk gasketnya pada umumnya menggunakan spiral wound gasket.

Flange tipe Ring Type Joint (RTJ)

RTJ memiliki bentuk yang hampir sama dengan tipe Raised Face, perbedaannya terletak pada cekungan pada permukaan flange yang merupakan tempat ring gasket dan raised (permukaan sentuh) yang lebih besar di bandingkan dengan tipe RF. Perhatikan contoh flange di bawah ini.


jenis-flange-berdasarkan-bentuk-face-permukaanjenis-flange-berdasarkan-bentuk-face-permukaan


Tipe flange ini biasanya digunakan untuk rating yang tinggi yaitu rating 900# ke atas, dan pada umumnya digunakan untuk fluida yang memiliki nilai aliran CL900 ke atas.

Cara Membaca Spesifikasi Flange

Sebelum membahas poin ini, Anda bisa baca dahulu jenis-jenis flange pada artikel sebelumnya. Karena jika Anda sudah baca pastinya Anda akan tahu cara membaca spesifikasi yang tertulis pada permukaan flange. Sebagai contoh: WN Flange 12" RF Sch 160 maka cara membacanya adalah:
- Flange untuk pipa 10 inch scedule 160 
- Jenis flange Weld Neck
- Tipe flange adalah Raised Face 

Itulah penjelasan sederhana mengenai tipe flange berdasarkan facenya dan cara membaca spesifikasi flange. Semoga bisa menambah ilmu piping buat sahabat fitter dan pipe fitter.

Rekomendasi untuk Anda:

Referensi:
http://www.idpipe.com/
http://www.suryadikandiyas.com/
LihatTutupKomentar