Mari Mengenal Berbagai Gambar yang Digunakan Untuk Proyek Konstruksi

Gambar-gambar yang digunakan untuk konstruksi piping antara lain: 1.PFD, 2.P&ID, 3.GA, 4.Isometrik, 5.Gambar support. Lihat penjelasan secara lengkap
 Jika berurusan dengan proyek konstruksi, Anda harus gunakan banyak gambar sebagai persiapan pemasangan. Gambar – gambar ini tentu terdiri dari banyak jenis. Walaupun sering digunakan pihak profesional, kita sebagai pekerja proyek konstruksi tentu harus tahu soal ini.

Bagi Anda yang sedang merencanakan bangun rumah, gudang, bangun gedung ataupun keperluan lain, ada baiknya juga belajar sedikit soal ini. Walaupun Anda tergolong awam dan tidak perlu tahu detail soal proyek dan planning sistem konstruksi nya, tidak ada salahnya lebih mengerti. Jika Anda mengerti soal gambar – gambar ini, kemungkinan Anda bisa lebih mengerti juga soal detail bangunan konstruksi Anda.

gambar-konstruksi-pipa
Ilustrasi gambar-gambar konstruksi piping

Peletakan pipa dan fungsinya penting dimengerti juga agar Anda bisa memberi input soal peletakan pipa tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin lebih tahu, mari bahas tentang berbagai jenis gambar konstruksi sistem perpipaan yang sering digunakan dalam proyek, berikut ini!

1 # Process Flow Diagram (PFD)


Jenis gambar ini memiliki tugas memberikan gambaran banyak hal. Berikut sebagian informasi yang umumnya tersedia dalam gambaran PFD:

  • Arah aliran
  • Kandungan dan sifat fluida yang mengalir
  • kapasitas dan debit fluida
  • Proses control yang digunakan
  • Berbagai peralatan yang dipakai,
  • dan masih banyak lagi ( penjelasan ada dalam artikel kami yang lain ).

Info lain sebenarnya juga banyak bisa disisipkan dalam gambar ini. Tapi untuk info umum, hal di atas pasti ada. Banyaknya informasi yang diberikan pada gambar ini karena peran dari PFD itu sendiri. Gambar ini merupakan planning awal yang paling mendasar. Jadi berbagai variabel dan keperluan planning piping dibahas dalam gambar sini.

Detail tambahan akan dijabarkan pada desain selanjutnya. Tapi untuk informasi awal dan gambaran kerangka, PFD memiliki peran penting. Tanpa informasi dari PFD, gambar proyek perpipaan yang selanjutnya pasti bermasalah dan memiliki resiko salah desain. Selengkapnya, mari mengenal apa itu Process Flow Diagram dan fungsinya.

2 # Piping and Instrumentation Diagram (P&ID)


Dalam ilmu piping, gambar jenis P&ID merupakan penjelasan lebih lanjut dari PFD. Diagram ini memberikan info lebih detail tentang perlakukan terhadap berbagai faktor pada rencana piping. 

Detail yang diberikan biasanya meliputi:
  • Penjelasan dan spec instrument piping  yang digunakan
  • Perhitungan pressure vessel
  • Posisi pompa dan juga spec yang dibutuhkan
  • Penjelasan soal coller atau heat exchanger serta posisi pemasangannya
  • Letak turbin dan detail penjelasannya
  • Berbagai perhitungan dan penjelasan note khusus yang perlu diketahui
  • Gambaran interferensi antara piping dengan instrument lain
  • Gambaran keperluan hook-up
  • Penjelasan lengkap tentang peralatan mekanik untuk pressure vessel

Semua hal di atas juga dijelaskan secara detail agar para penggunanya bisa mendapatkan info lengkap yang lebih nyata. Karena urusan pipa harus benar – benar pas, semua informasi tambahan ini akan membantu.

Tidak jarang, dalam gambar ini disematkan juga dengan detail piping di setiap bagiannya. Mulai dari line number, arah flow, besaran debit fluida, tekanan kerja, persyaratan slope, jarak dimensional minimize antar valve, jarak antar instrumen, persyaratan khusus untuk cabang dan lain sebagainya.

Semua info ini nantinya bisa dianalisis dan dipertanggung jawabkan secara detail. Untuk menekan nilai error saat sistem perpipaan mulai dipasang, semua harus jelas. Tidak jarang beberapa pihak meminta evaluasi beberapa kali untuk pastikan semua informasi sudah diperhitungkan pada gambar P&ID.

3 # General Arrangement Drawing (GAD)


GA adalah jenis gambar yang memberikan info lay-out untuk peralatan mekanikal, pressure vessel dan routing dari elevasi piping itu sendiri. Sering juga disebut piping plan drawing, gambar ini lebih mementingkan posisi piping dibandingkan faktor lain.

Untuk memaksimalkan fungsinya, GA mampu menunjukkan dua view point. View point pertama adalah Plan View. Sudut pandang ini diambil dari atas dengan patokan elevasi tertentu. Sudut pandang kedua adalah Section View. Sudut pandang ini memotong dari samping untuk memperlihatkan semua posisi piping dan mekanikal dan elevasi secara keseluruhan. Sudut pandang ini juga bisa dipakai dengan model layer untuk menunjukan posisi piping tiap elevasi satu per satu. Yuk! Mengenal lebih soal piping General Arrangement Drawing dan fungsinya.

4 # Gambar Isometrik


Dalam aplikasi ilmu piping, gambar isometric tentu dibutuhkan. Gambar jenis ini membahas perspektif lokasi pipa dengan menggunakan 3 sumbu yaitu X-Y-Z. Pada gambar ini, pipa yang ditunjukkan biasanya hanya satu bagian dari keseluruhan sistem piping.

Sebagai gambar yang membagi pipa dan memberi gambaran 3D, gambar isometric sangat membantu seorang Pipe Fitter ( tukang instalasi pipa) untuk mengaplikasikan pemasangan di lapangan (pada area yang sudah ditentukan). Gambar isometric menggunakan gambar planning yang sebelumnya di bahas sebagai patokannya.

Hal yang ditemukan pada gambar ini ada dua hal. Pertama adalah gambaran umum dan yang kedua adalah instruksi spesifik atau prosedur. Pada gambaran umum, Anda akan temukan kepala gambar, data – data design, gambar status, referensi gambar, notes tambahan dan juga orientasi utara posisi piping.

Sedangkan pada prosedur, Anda bisa temukan informasi cara membangun dan mengaplikasikan sistem pipa. Hal seperti panjang pipa yang digunakan, urutan welding point dan bahkan list material yang dibutuhkan. Mari belajar gambar isometric dalam sistem perpipaan.

5 # Gambar Pipe Support


Jenis gambar proyek piping ini menunjukkan struktur penyangga dan pendukung pipa serta posisinya pada elevasi tertentu. Data yang ditunjukan pada gambar ini juga termasuk peralatan, stress level tiap pipa dan berbagai rangka penyusunnya. Biasanya module support pipa dipisah dari struktur deck, dan penempatannya menjadi satu dengan main structure.

Jenis – jenis pipe support ada banyak. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Trunnion pipe support
  • Lug pipe support
  • Stanchion atau dummy pipe support
  • Shoe pipe support
  • Structural pipe support (Bisa bentuk L atau U tergantung pilihan graming deck yang dipilih)
  • Hanger pipe support
  • Guide pipe support

Gambar pipe support, lebih difokuskan pada berbagai struktur pendukung untuk instalasi pipa dan bukan jalur pipa-nya. Jadi info – info seperti perhitungan, designreference, note proyek terkait, bentuk dan ukuran pipa yang akan disupport, list material, section view dan berbagai info lainnya pasti tersedia pada gambar tersebut. Seorang fitter/pipe fitter yang kebagian menggarap pemasangan support, biasanya melampirkan juga gambar isometrik pipa untuk memastikan posisi penempatannya.

Untuk kebutuhan proyek konstruksi sistem perpipaan ataupun instalasi pipa lainnya, gambar – gambar proyek pipa tersebut di atas yang paling sering digunakan, meskipun masih banyak gambar pendukung lainnya. Setiap gambar menjadi arahan dan representasi untuk membantu proses konstruksinya. Tanpa gambar tersebut, bisa jadi sistem pipa yang dibutuhkan tidak sempurna dan bahkan bisa menyebabkan masalah yang serius kedepannya.
Walaupun Anda awam, mengenal lebih jauh soal gambar – gambar ini pasti membantu. Semoga bahasan tentang jenis gambar sistem perpipaan ini membuka wawasan Anda lebih baik. Terima kasih sudah baca artikelnya!

LihatTutupKomentar