Mengenal Apa Itu Gambar Proses Flow Diagram dan Fungsinya

Apa itu PFD? Secara sederhana Process Flow Diagram adalah gambar diagram alur aliran fluida dalam suatu plan yang dilengkapi dengan simbol-simbol

 Dalam ilmu piping, Anda tentu pernah mendengar penggunaan gambar Process Flow Diagram atau PFD. Gambar ini sering dirujuk sebagai kerangka awal proyek yang menentukan bagaimana piping akan dibangun.


gambar-proses-flow-diagram-pipa
Sumber gambar:www.rff.com

PFD bisa berbeda – beda bentuknya tergantung proyek yang dijalankan. Contoh saja untuk rumah – rumah, diagram yang dibentuk tidak akan compleks karena lebih berhubungan pada pipa air bersih dan jalur pembuangan. Tapi jika berurusan dengan industri seperti pabrik, gambarannya pasti lebih kompleks dan membingungkan.

Bagi Anda yang ingin belajar lebih soal gambar-gambar proyek piping, mari kita bahas secara sederhana mengenai gambar PFD pada artikel berikut ini!


Apa Itu Process Flow Diagram?


Secara sederhana Process Flow Diagram adalah gambar diagram alur aliran fluida dalam suatu plan yang dilengkapi dengan  simbol-simbol yang menunjukkan nama equipmen utama, intrumen, dan anak panah (arrow) sebagai petunjuk kemana arah proses produksi berlangsung.


Di dalamnya, Anda akan menemui secara keseluruhan bagaimana equipment, pipa – pipa serta komponen-komponen lainnya di susun. Jika membangun skema sederhana untuk rumah misalnya, hal ini bisa mudah dan jelas. Tapi jika berkaitan dengan pembangunan pabrik ataupun instalasi yang lebih kompleks, gambaran PFD ini bisa lebih sulit. Diagram ini harus membahas semua aspek ‘peralatan’ secara total. Berbeda dengan gambar tingkat lanjutan untuk proses membangun - P&ID misalnya, PFD masih berupa konsep.

Baca juga: Apa Itu Gambar Piping and Instrumentation Diagram?

Informasi yang ditunjukkan pada PFD rata – rata belum memperhitungkan secara spesifik penghitungan seperti pressure, ukuran pipa dan spesifikasi peralatan yang digunakan. Pada gambar ini lebih pada alur proses serta berbagai parts penting yang akan digunakan, sistem keamanan yang akan dipakai, skema kontrol, pembagian jalur pipa, mode operasi serta control fluida yang akan digunakan.


Karena masih berbentuk diagram alur(flow), Anda akan temukan banyak symbol, angka, code dan juga ID yang digunakan untuk merujuk pada bagian sistem piping. Gambar proyek PFD biasanya cukup membingungkan bagi mereka yang tidak biasa melihatnya.


Apa Fungsi Porcess Flow Diagram


Guna ilmu piping sangat berpengaruh untuk membuat PFD yang fungsional. Tanpa gambar yang bagus, fungsi dari gambar ini untuk planning akan jatuh secara signifikan. Banyak proyek yang memiliki kelemahan pada sistem pipanya karena ketidaksiapan dari dasarnya. Tanpa PFD yang baik, bagaimana bisa menyusun P&ID, GA dan gambar Isometrik yang tepat?

Simak juga: Mengenal Berbagai Gambar yang Digunakan di Proyek Piping

Fungsi utama PFD adalah sebagai arahan untuk gambar – gambar lainya. Bisa dikatakan sebagai pondasi awal untuk acuan gambar-ganbar selanjutnya. Hal ini terutama untuk kebutuhan berbagai peralatan penting dan sistem pengolahan fluida yang digunakan. Contoh saja, berkaitan dengan fluida yang reaktif dan beracun, tentu sistem pipa dan keamanan yang digunakan lebih compleks. Untuk persiapan, PFD akan memberi note yang nantinya akan dijabarkan lebih konkret pada gambar P&ID.


Berbagai Unsur yang Digambarkan Pada Process Flow Diagram


Saat membuat gambar proyek ini, Anda harus memberikan informasi yang cukup seputar banyak hal. Walaupun hanya berbentuk sketsa awal dengan gambaran abstrak, flowpiping tetap harus jelas. Mulai dari faktor peralatan, jenis pipa yang digunakan dan juga alat control yang digunakan harus masuk informasinya di sini.


Berikut adalah beberapa contoh informasi yang dimasukkan dalam Process Flow Diagram:

  • Arah aliran fluida
  • Kandungan dan sifat fluida yang mengalir
  • Sistem safety yang digunakan
  • Info kapasitas dan debut fluida
  • Proses control yang digunakan
  • Berbagai peralatan yang digunakan
  • Berapa banyak valve yang digunakan
  • Rencana awal alat tampung dan pipa yang digunakan
  • Pembagian – pembagian jalur pipa secara umum

Dari informasi di atas, detailnya akan dibahas lebih lanjut pada gambar Piping&Instrument Diagram (P&ID). Karena itu, tidak terlalu banyak detail pada bagian PFD. Cukup gambaran secara general sebagai planning awal.


Pada bagian ini, bisa diberi note – note evaluasi dan perbaikan jika perlu. Pada Ilmu instalasi piping gambar ini akan menjadi fondasi awal yang masih di-refine hingga benar – benar detail saat menjadi gambar isometric.


Walaupun begitu, informasi yang diberikan pada PFD tetap harus baik. Jika ingin membuat skema gambar proyek pipa yang baik, pondasi yang digunakan juga harus berkualitas. Jadi berbagai data yang diperlukan untuk membuat PFD harus benar-benar matang sebelum berlanjut buat P&ID.


Sekian bahasan tentang Process Flow Diagram dalam gambar proyek tentang pipa. Mudah – mudahan informasi ini berguna bagi Anda sekalian. Terima kasih sudah membaca artikel ini.


LihatTutupKomentar