Perbedaan Simplex dan Strainer Duplex

Basket Strainer adalah peralatan penting yang digunakan dalam berbagai aplikasi penyaringan. Pemasangannya dirancang secara horizontal pada jalur pipa sehingga akses pembersihan elemen filter dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

pengertian-dan-cara-kerja-duplex-strainer

Duplex strainer / image:google

Dari tiga jenis basket strainer, ada dua yang paling umum yaitu simplex strainer dan duplex strainer. Keduanya memiliki desain dan cara kerja yang berbeda, tapi pada dasarnya mempunyai kegunaan yang sama yaitu sebagai alat penyaring kotoran dalam aliran.

Keduanya juga mempunyai fungsi yang sangat penting dan banyak digunakan pada industri berikut:

  • Power plants
  • Oil and Gas
  • Chemical Industry
  • Heating – conditioning systems
  • Pabrik kertas
  • Pengolahan air laut
  • Industri pengolahan air bersih
  • Instalasi pengolahan air limbah
  • Irigasi
  • Industri lainnya

Simplex dan duplex mempunyai perbedaan yang sangat signifikan, tidak hanya dari desainnya tapi juga dari cara kerjanya dalam sistem penyaringan aliran. Mari kita ulas lebih detail di sini.

Simplex Strainers

pengertian-simplex-dan-duplex-strainer

Apa itu simplex strainer?

Simplex strainer adalah suatu perangkat penyaringan yang berbentuk tabung dengan menggunakan satu basket filter untuk menyaring dan membuang padatan dalam aliran. Perangkat ini digunakan untuk menghilangkan partikel asing dalam sistem saluran pipa yang dapat dimatikan sementara (shutdown). Terutama diaplikasikan pada saluran pipa yang berukuran besar.

Sesuai namanya, simplex mempunyai bentuk paling sederhana jika dibandingkan dengan jenis strainer lainnya. Tipe simplex mempunyai sebuah penutup yang dapat dilepas dengan mudah untuk akses pembersihan atau penggantian basket filternya.

Strainer simplex dapat memberikan perlindungan yang efisien pada pompa, valve, dan peralatan lainnya dari kerusakan akibat kemasukan benda asing. 

Jenis simplex dipasang secara horisontal pada jalur pipa, baik pada line discharge maupun suction. Untuk jalur dischare, tipe filter menggunakan wiremesh dengan pori-pori yang lebih halus. Sedangkan pada jalur suction biasanya menggunakan filter yang lebih kasar. 

Spesifikasi Simplex Strainer

Desain cover:

  1. Bolted cover
  2. Swing Bolt O-Ring Closure
  3. Hinged Cover Lift
  4. Davit Cover Lift

Jenis filter:

  1. Wire mesh
  2. Perforated sheet metal

Desain posisi nozzle:

  1. Straight
  2. 90 deg. rotated nozzle
  3. Offset nozzle
  4. Horisontal-vertical nozzle

Desain sambungan nozzle:

  1. RF flange
  2. Threaded

Cara Kerja Simplex Strainer

Aliran masuk melalui inlet dan keluar melewati filter menuju outlet strainer. Benda asing atau partikel-partikel akan tertahan dan mengumpul di basket filter. Ketika filter (saringan) sudah ada penyumbatan dan perlu dibersihkan, sistem aliran harus dimatikan terlebih dulu. Kemudian sistem ini dapat dioperasikan lagi ketika proses penggantian atau pembersihan basket filter sudah selesai dilakukan.

Donwnload katalog simplex pdf.

Duplex Strainers

Apa itu duplex strainer?

Duplex strainer adalah sebuah perangkat penyaringan yang mempunyai dua basket filter dalam ruang terpisah yang dapat digunakan bersamaan atau secara bergantian untuk digunakan pada sistem di mana aliran tidak dapat dihentikan.

Duplex strainer dirancang untuk tetap dapat mengalirkan aliran selama proses  pembersihan, atau ketika ada penggantian filter. Dengan sebuah katup (valve) yang digunakan untuk mengalihkan aliran cairan ke salah satu saringan, ketika saringan lainnya sedang dilakukan pembersihan. Dengan cara ini sistem aliran tetap bisa berjalan dan efisiensi dapat diperoleh secara maksimum karena 100 persen uptime dan tidak ada downtime.

Spesifikasi Duplex Strainer

Jenis filter:

  1. Wire mesh
  2. perforated sheet metal

Desain sambungan nozzle:

  • RF flange

Desain cover pada strainer dupleks:

  1. Bolted cover
  2. Swing bolt O-ring closure
  3. Hinged cover lift
  4. Davit cover lift

Cara Kerja Duplex Strainer

Aliran akan masuk melalui inlet kemudian keluar melewati salah satu atau kedua basket filter menuju jalur outlet. Benda asing atau partikel-partikel akan terperangkap dan mengumpul di dalam basket filternya. Ketika filter (saringan) sudah ada penyumbatan dan perlu dibersihkan,sistem aliran tetap bisa dioperasikan. Pembersihan kemudian bisa dilakukan secara bergantian dengan memutar handle valve untuk mengarahkan aliran ke salah satu bagian basket, sementara bagian lainnya sedang dilakukan pembersihan filter. Ada baiknya Anda baca juga cara kerja auto basket strainer di artikel lainnya.

Donwnload katalog duplex pdf.

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan cara kerja simpleks dan dupleks strainer serta pengaplikasiannya dalam industri. Dengan melihat hal tersebut dapat diketahui perbedaannya. Tipe simpleks digunakan untuk sistem aliran yang bisa dihentikan sementara (shutdown) ketika dilakukan pembersihan filter, sedangkan tipe dupleks bisa melakukan pembersihan filter tanpa mengganggu sistem. 

Simak artikel lainnya mengenai jenis-jenis strainer lainnya. Semoga bermanfaat.

Badikan ke
LihatTutupKomentar