Pengertian Pipa Schedule 40 Sch 20 dan Penjelasannya

Apa itu pipa schedule? Pertanyaan ini sedikit membingungkan, seperti membandingkan ada jenis pipa lain dengan dimensi yang sama.Tapi jika digabung dengan kalimat seperti ini, Apa itu pipa schedule 40? Maka pertanyaan ini menjadi lebih mudah diartikan.

pipa-schedule-40

Nah pada artikel ini kita akan membahas mengenai pertanyaan tersebut, pengertian schedule, harga dan cara mengetahui pipa schedule. Di bagian akhir artikel juga ada tabel schedule pipa standar ASME versi pdfnya. Mari simak ulasan berikut.

Apa Itu Schedule?

Schedule adalah istilah dalam piping yang menggambarkan ukuran ketebalan suatu pipa. Schedule merupakan parameter yang digunakan untuk menentukan ketebalan dinding pipa. Tapi parameter tersebut tidak mempunyai dimensi atau satuan sehingga diwakili dengan angka saja.

Semakin besar nomor angka schedule itu menggambarkan ketebalan pipa juga semakin bertambah. Misalnya, pipa 2 inch sch 40 tentu akan lebih tebal dibanding dengan nomor schedule di bawahnya seperti schedule 20, sch 10 dan sch 5. Dan akan lebih tipis jika dibandingkan dengan sch 60, sch 80 dan seterusnya.

Contoh: pipa baja 2 inch schedule 40 ketebalannya 3,91 mm sedangkan pada schedule 80 ketebalannya adalah 5,54 mm. Jadi nampak sekali perbedaannya.

Apa Itu Nomor Schedule?

Nomor schedule diartikan sebagai nilai perkiraan ekspresi. Angka tertera yang mengikuti schedule – 10, 20, 40 dst, bukan menunjukkan ukuran dari ketebalan pipa, inside maupun outside diameter pipa. Misalnya pipa schedule 10, angka 10 bukan berarti ketebalan pipa 10 mm atau inside diameternya 100 atau 1000 mm. Lalu dari mana angka nomor tersebut?

Angka nomer schedule merupakan perkiraan ukuran rasio design pressure untuk tegangan yang diijinkan pada pipa. Para engineer sudah merumuskan tentang ini. Ini hanya contoh perbandingan saja, misalnya suatu pipa sch 40 mampu menahan pressure maksimal 40 barg, pada ukuran pipa yang sama sch 20 hanya mampu menahan maksimal 20 barg saja.

Parameter ketebalan pipa yang dikenal dengan istilah schedule ini mempunyai nomor yang sudah diatur dalam standar ANSI / ASME B36.10M dan API 5L. Ada sebelas nomor schedule yang digunakan, yakni: schedule 5, 10, 20, 30, 40, 60, 80, 100, 120, 140, dan sch 160. Semua nomor schedule mempunyai dimensi yang sudah ditentukan yang dibuat berdasarkan standar yang berlaku.

Di proyek konstruksi dan piping, yang paling populer adalah pipa baja sch 40. Schedule 40 mempunyai ukuran ketebalan medium yang bisa diaplikasikan untuk banyak ukuran pressure dan temperature. Sedangkan pipa schedule 140 dan schedule 160 sangat jarang digunakan, kecuali pada kondisi tertentu yang memerlukan pressure tinggi.

Selain sch 40, ada juga pipa sch 20 dan sch (STD) yang juga sangat populer digunakan saat ini. Kenapa? Mari simak ulasan berikut.

Apa Itu Pipa Schedule 20

Pipa schedule 20 adalah jenis pipa yang mempunyai standar ketebalan tertentu yang digunakan untuk saluran tekanan rendah. Pipa sch 20 mempunyai nominal pipe size (NPS) mulai 8 inch sampai 36 inch, dengan ketebalan 6,35 mm untuk pipa 8 inci sampai 12,7 mm untuk pipa 36 inci (lihat tabel di bawah).

Fungsi pipa schedule 20 selain digunakan untuk saluran bertekanan rendah - saluran air misalnya, di era konstruksi modern ini pipa schedule 20 banyak diaplikasikan untuk bahan konstruksi bangunan, contohnya: coloumn structur, rangka jembatan dan aksesori konstruksi lainnya.

Klasifikasi pipa sch 20:

  • Pipa sch 20 tersedia untuk NPS 8 – 36 inch dan tidak tersedia di bawah 8 inch.
  • Tebal pipa sch 20 mempunyai ukuran sama yakni 6,35 mm untuk NPS 8 - 12 inch.
  • Tebal pipa sch 20 mempunyai ukuran sama yakni 7,92 mm untuk NPS 14 - 18 inch.
  • Tebal pipa sch 20 mempunyai ukuran sama yakni 9,53 mm untuk NPS 20 - 24 inch.
  • Tebal pipa sch 20 mempunyai ukuran sama yakni 12,7 mm untuk NPS 26 - 36 inch.

Apa Itu Pipa Schedule 40

Pipa schedule 40 adalah salah satu jenis pipa yang mempunyai karakteristik ketebalan yang ideal sehingga bisa diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan konstruksi dan bangunan, dari saluran gas hingga saluran air, serta untuk bahan konstruksi baja.

Kekuatan pipa baja sch 40 juga sangat bagus. Menurut University of Massachusetts, hardness atau kekerasan pipa baja sch 40 memiliki ukuran 16,1 pada skala Rockwell. Itu artinya memiliki kekuatan luluh (yield strength) 423 MPa, ultimate strength 470 MPa dan modulus elastisitas 225 GPa.

Pipa ini mempunyai ukuran mulai dari 1/8 inch sampai 36 inch dengan ketebalan yang bervariasi tergantung diameternya. Pipa baja sch 40 memiliki ketebalan antara 1,73 mm untuk pipa 1/8 inci hingga 19,05 mm untuk pipa 36 inci. 

Pipa sch 40 mempunyai dimensi yang mirip dengan pipa Standar (STD). Persamaan dan perbedaannya bisa dilihat pada klasifikasi berikut.

Klasifikasi Pipa Schedule 40

  • Schedule 40 (SCH 40) tersedia untuk ukuran NPS 1/8 - 36 inch
  • SCH 40 tidak tersedia untuk NPS 22, 26, 28 dan 30 inch.
  • SCH 40 identik dengan pipa standar (STD) untuk NPS 1/8 – 10 inch dan mempunyai thickness(tebal) yang berbeda mulai dari NPS 12 inch ke atas.

Klasifikasi Pipa Standar (STD)

  • Pipa ukuran standar (STD) tersedia mulai NPS 1/8 - 48 inch
  • Pipa STD mempunyai thickness (T) sama 9,53 mm untuk ukuran NPS 12 – 48 inch
  • Pipa STD identik dengan pipa sch 40 untuk NPS 1/8 – 10 inch dan mempunyai thickness(tebal) yang berbeda mulai dari NPS 12 inch ke atas.

Harga Pipa Schedule 40

Seperti kita ketahui pipa sch 40 merupakan jenis pipa yang paling populer dan paling banyak dibutuhkan baik untuk pipa migas maupun jaringan pipa air. Pipa schedule ini mudah ditemukan di mana-mana, di internet misalnya kita bisa browsing daftar harga pipa schedule 40 dengan mudah.

Di beberapa suplayer harga pipa schedule 40 sangat bervariasi. Sebagai contoh, harga pipa 4 inch CS seamless  sch 40 memiliki harga sekitar 3 jutaan, distributor lain harganya sekitar 2 jutaan. Selisih harga yang cukup jauh. Sebaiknya cek secara teliti sebelum membeli, cek harga pipa di suplayer ternama yang terpercaya.

Cara Mengetahui Pipa Schedule Standar ASME

Penggunaan pipa yang saat ini sangat beragam membuat pabrikan mengeluarkan produk pipa dengan ketebalan yang juga beragam. Untuk satu pipa saja bahkan mempunyai ketebalan bervariasi yang tidak masuk dalam kriteria schedule manapun.

Nah, sampai di sini kita baru menyadari arti 'apa itu pipa schedule'. Karena selain schedule yang sudah ditetapkan ternyata banyak sekali ragam ukuran ketebalan pipa di pasaran. Jadi lakukan cek and ricek sebelum melakukan pembelian. Supaya tidak salah pilih, berikut tips sederhana yang bisa Anda lakukan:

  • Cek harga. Pipa schedule standar ASME mempunyai harga yang jauh lebih mahal dari pipa baja biasa. Jika tertera nomer schedulenya sama sedangkan harganya murah jauh di bawah harga standar itu artinya jelas bukan pipa schedule ASME tapi pipa baja biasa.
  • Cek thickness pipa. Ketebalan pipa harus sama persis dengan tabel standar ASME B36.10 atau B36.19 (untuk pipa SS). Sebaiknya gunakan alat ukur sketmatch (digital) untuk mendapatkan angka yang tepat. Sebagai contoh pipa 6 inch sch 40 pada tabel standar ASME B36.10 ketebalannya adalah 7,11 mm. Jika kurang dari itu berarti bukan pipa schedule.
  • Cek visual pipa. Pipa baja CS atau SS mempunyai dua tipe yakni seamless dan welded. Jika Anda mencari pipa seamless, perhatikan permukaan bagian insidenya apa itu jenis pipa seamless atau welded sesuai yang Anda inginkan. Jika belum tahu perbedaannya Anda bisa cek di sini Perbedaan pipa seamless dan welded.
  • Mintalah mild certificate. Setiap produk untuk pipa bertekanan (standar ASME) mempunyai sertifikat yang membuktikan bahwa produk tersebut sudah melewati proses inspeksi dan uji material. Cocokkan dengan nomer stamp yang terdapat pada permukaan pipa, satu persatu. Jika ada yang berbeda atau bahkan mungkin tidak ada stamp numbernya itu artinya patut dipertanyakan keasliannya.

Itulah penjelasannya mengenai pipa schedule serta beberapa tips tambahan. Pada era konstruksi modern sekarang ini penggunaan pipa bukan hanya untuk saluran semata tapi bisa diaplikasikan sebagai struktur dan aksesoris pada konstruksi bangunan.

Dengan mengetahui pengertian pipa sch 20 dan sch 40 ini serta panduan dari tabel berikut bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam memilih dimensi pipa yang benar.

Tabel Khusus Sch 20, 40, STD dan Berat Permeter

Berikut kami lampirkan link tabel pipa sch 20, sch 40 dan sch STD menurut standar ASME B36.10 untuk jenis pipa welded & seamless wrought steel pipe.

TABEL PIPA KHUSUS SCH20, 40 DAN STD SERTA BERATNYA PERMETER

Ini link downloadnya:  Tabel pipa sch 20, sch 40 dan standar - pdf.

Istilah pada tabel:

  • NPS singkatan dari Nominal Pipe Size adalah ukuran nominal pipa
  • OD singkatan dari Outside Diameter adalah ukuran bagian luar pipa
  • ID singkatan dari Inside Diameter adalah ukuran bagian dalam pipa
  • Wall Thickness (T) adalah ukuran tebal dinding pipa.

Terima kasih sudah baca artikel. Jika berkenan silahkan dishare ke media sosial Anda melalui ikon di bawah.

Rekomendasi: Tabel lengkap schedule pipa CS dan SS standar ASME B36.10 dan B36.19

LihatTutupKomentar