Kelebihan Bekerja di Perusahaan Listrik Negara

 Perusahaan Listrik Negara merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memegang kendali semua aspek berkaitan dengan kelistrikan di Indonesia.

bekerja-di-pln

Image by:https://pojokmadura.com

Ada banyak orang yang ingin bekerja di perusahaan tersebut dengan berbagai alasan. Berikut penjelasan mengenai kelebihan bekerja di PT PLN Persero.

  • BUMN Paling Fleksibel

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) termasuk BUMN yang paling banyak menerima pegawai dari berbagai bidang ilmu. Mereka akan merekrut pegawai mulai dari bidang teknik elektro yang memiliki hubungan sangat erat dengan ilmu kelistrikan sampai bidang ekonomi. Apabila Anda sudah diterima sebagai pegawai di PLN tentu harus siap ditempatkan dimanapun dengan jabatan apapun. 

Anda bahkan bisa ditempatkan di wilayah kerja yang jauh dari kampung halaman bahkan luar pulau sekalipun. Misalnya Anda yang berasal dari Pulau Jawa akan ditugaskan ke wilayah kerja Pulau Irian Jaya dan lain sebagainya. Oleh karena itu bisa jadi Anda yang memiliki kemampuan di bidang teknik elektro justru mendapatkan tugas di bidang pembangkitan. Hal itulah yang membuat PLN disebut sebagai perusahaan BUMN paling fleksibel. 

  • Jaminan Kesehatan Lebih Besar

Gaji pegawai di PLN mungkin tidak lebih besar dari BUMN lainnya, misalnya Pertamina dan anak perusahaan. Namun besar gaji yang diberikan pada setiap pegawai cukup untuk membiaya hidup kedua orang, menikah, beli rumah maupun mobil. Semua serba cukup kecuali jaminan kesehatan. PT PLN memberikan jaminan kesehatan kepada setiap pegawainya lebih besar dibandingkan BUMN lain. 

Hal ini ditandai dengan berbagai tes kesehatan yang dilakukan sebelum Anda menjadi pegawainya. Tes kesehatan tersebutlah yang membantu PLN menyaring peserta terbaik untuk dijadikan pegawai mereka. Pegawai yang diterima bekerja di PLN tentu saja memiliki kesehatan lebih prima dibandingkan peserta lain. 

Tidak sampai di situ saja, PLN juga menanggung semua beban terkait kesehatan pegawai setelah Anda menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Pelayanan kesehatan yang memuaskan tentu saja penting bagi para pegawai, terutama pekerja lapangan dengan dukungan fisik prima. Selain BPJS Kesehatan, para pegawai PLN juga diberikan kartu PLN Sehat, jaminan kacamata dan pelayanan kesehatan gratis di beberapa rumah sakit.  

  • Jaminan Kesejahteraan

Siapa yang tidak ingin sejahtera? Tujuan bekerja adalah untuk menyejahterakan kehidupan, baik diri sendiri maupun keluarga. Perusahaan Listrik Negara sangat memperhatikan kesejahteraan para pegawai. Mereka memastikan pegawai mendapat gaji pokok, tunjangan kesehatan sampai 2 orang anak serta suami dan istri. 

Secara garis besar gaji yang diberikan PLN untuk para pegawai mencapai 20 bahkan 24 kali per tahun. Jika ada yang merasa kurang cukup dengan gaji dan tunjangan perusahaan, maka bisa dipastikan Anda tidak cerdas mengelola keuangan. Dari sanalah PLN disebut sebagai perusahaan yang cukup tepat untuk bekerja. 

Oleh karena itu Anda perlu mempersiapkan diri agar layak mendapatkan posisi pegawai di perusahaan tersebut. Periksa secara rutin lowongan kerja di Perusahaan Listrik Negara melalui website resminya atau media sosial. 

  • Jalinan Relasi Luas

PT PLN menjadi tempat bertemunya pegawai dari berbagai wilayah Nusantara. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa pegawai bisa ditempatkan dimanapun bahkan di luar pulau sekalipun. Jadi para pegawai dapat menjalin pertemanan dengan pegawai lainnya yang berasal dari wilayah bahkan pulau berbeda. Mulai dari Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Pulau Rote. 

Meskipun banyak perbedaan, tapi para pegawai menjalin hubungan yang baik guna mencapai satu tujuan dengan tekad membangun negeri. Anda juga dapat menjalin relasi dengan berbagai elemen dari pemerintahan. PLN bisa dijadikan sebagai salah satu cara keliling Indonesia tanpa biaya karena semuanya ditanggung oleh perusahaan. 

  • Ladang Amal

Pegawai PLN memiliki dedikasi yang tinggi dengan mencurahkan tenaga dan pikiran dalam melaksanakan perannya. Mereka harus menjaga dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dalam bidang kelistrikan. Setiap pekerjaan merupakan ladang amal, begitu pula dengan pegawai PLN. 

Para pegawai dapat membantu masyarakat mulai dari urusan administrasi, mesin pembangkit, teknologi informasi dan menjaga dispatcher. Apabila seketika listrik padam di rumah warga, maka pegawai PLN harus dengan senang hati melayani hingga listrik kembali nyala. Pegawai pula yang mendatangi wilayah yang belum terjamah listrik untuk penambahan jaringan agar warga dapat menikmati listrik. 

Demikianlah beberapa kelebihan bekerja sebagai pegawai Perusahaan Listrik Negara. Semoga dapat menginspirasi.

LihatTutupKomentar