Alat-alat Kerja Fitter Fabrikasi

Alat kerja fitter fabrikasi: -mesin las, cutting torch, gerinda, gerinda rotary, plasma cutting, mesin bor, meteran, roll meter, siku, penggaris dll.

Proses fabrikasi merupakan suatu susunan pekerjaan membuat berbagai bahan dari baja (plat, baja profil dan material besi lainnya) menjadi peralatan-peralatan industri.

Fabrikasi sendiri bisa dilakukan di workshop atau dilakukan langsung di lokasi pemasangannya, seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel Definisi dan rangkaian pekerjaan fabrikasi.

alat-kerja-fitter-untuk-memotong-plat-stainless

Berbagai peralatan industri pupuk dan semen banyak dihasilkan dari proses fabrikasi, contohnya struktur baja, hopper, konveyor, dan masih banyak lainnya. Termasuk salah satunya adalah ducting yang fungsinya untuk menyalurkan bahan produksi berupa gas maupun bahan yang berbentuk seperti tepung halus.

Salah satu jabatan yang punya peran penting dalam proses fabrikasi adalah fitter. Karena merekalah yang terjun langsung mengolah dan membuat alat-alat industri sesuai dengan desain engineering melalui gambar kerja fabrikasi (shop drawing).

Saat proses fabrikasi seorang fitter sudah pasti mengetahui alat-alat apa yang harus dipersiapkan dan digunakan. Jika Anda ingin tahu alat kerja fitter, artikel ini akan menguaraikan semuanya mengenai peralatan-peralatan yang biasanya digunakan fitter di whorkshop. Silahkan simak penjelasan ini.

Alat-alat Kerja Fitter untuk Fabrikasi Ducting Stainless Steel

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai alat-alat kerja fitter, khusus untuk fabrikasi ducting steinless steel SS 316 L dengan outside diameter 1200 mm. Pada umumnya alat-alat ini juga dibutuhkan untuk fabrikasi plate baja yang lain, meskipun tidak semuanya.

alat-kerja-fitter-fabrikasi

Berikut daftar alat-alat kerja fitter fabrikasi yang digunakan di workshop: 

  1.    Mesin las
  2.    Cutting Torch (Blander).
  3.    Grinder (gerinda).
  4.    Grinda Rotary
  5.    Plasma cutting, untuk memotong plat stainless
  6.    Mesin Bor
  7.    Meteran
  8.    Roll meter
  9.    Mistar (penggaris)
  10.    Square (siku)
  11.    Spidol untuk marking
  12.    Pencile Stone untuk marking
  13.    Palu/hammer
  14.    Centerpen/drip/penitik.

Alat-alat kerja tersebut merupakan peralatan utama yang wajib dipersiapkan seorang fitter. Dalam keadaan tertentu seringkali ada kondisi dimana kita harus membuat alat sendiri untuk mempermudah dan memperlancar pekerjaan. Alat-alat tersebut, misalnya:

  • Paju/baji
  • Cukit (seperti tambal ban)
  • Plate ' L '/jack bolt
  • Strongbadge/support plate
  • Plate ' U ' (ujungnya dipasang baut,dipakai untuk pasang flange)

Itulah daftar alat-alat yang digunakan oleh fitter fabrikasi untuk mengeksekusi material baja. Kadang dalam tes-tes fitter ini juga diujikan. Jadi, bagaimanapun juga seorang fitter harus selalu punya ide dan inisiatif bagaimana caranya agar pekerjaan cepat selesai, juga dengan kualitas yang baik. Jangan asal jadi loh yaa.

Simak artikel menarik lainnya:

  1. 5 point penting cara menjadi fitter yang baik
  2. Definisi dan rangkaian pekerjaan fitter.
  3. Definisi dan rangkaian pekerjaan fabrikasi.
  4. Istilah dan fungsi jabatan di proyek konstruksi.

Update artikel: 12 Agustus 2021


Bagikan ke
LihatTutupKomentar