-->

Settings Posts Feature

Definisi Dan Rangkaian Pekerjaan Fitter

Definisi Dan Rangkaian Pekerjaan Fitter

Nursahid

Jika sebelumnya kita membahas mengenai alat-alat kerja fitter fabrikasi, kali ini kita akan membahas secara detail mengenai pengertian dan tugas-tugas yang dilakukan oleh fitter fabrikasi, fitter piping, dan fitter mekanikal.

definisi-rangkaian-pekerjaan-fitter

Definisi Fitter

Fitter adalah orang yang bekerja dengan keahlian di bidang fabrikasi dan installasi alat-alat produksi dan konstruksi serta di bidang perbaikan atau perawatan mesin-mesin industri.

Dalam dunia proyek konstruksi secara umum kita mengenal  adanya : fitter fabrikasi, fitter pipa (pipe fitter) serta fitter mekanik (mechanical fitter). Siapa mereka dan apa tugas-tugasnya? Silahkan simak penjelasannya.

1. Fitter Fabrikasi

Fitter fabrikasi dalah orang yang bekerja dengan keahlian melakukan proses fabrikasi logam, mulai dari persiapan bahan, marking dan cutting, penyetelan(setting) maupun erection atau fit up di lokasi.

Langkah-langkah yang dilakukan fitter fabrikasi meliputi beberapa tahap yaitu:

  1. Mempelajari shop drawing: Mereka menerima gambar shop drawing dari foreman, kemudian mengamati dan mempelajari semua item-item dan detail mengenai bentuk,ukuran maupun jenis material yang dibutuhkan.
  2. Mempersiapkan peralatan kerja: Selain mesin las, cutting torsch, gerinda, meteran, mistar dan siku, mereka juga mempersiapkan alat-alat bantu lainnya jika diperlukan.
  3. Mempersiapkan material: Mengambil dan menyusun material sesuai prioritas pekerjaan untuk proses marking dan cutting, terutama untuk material dasar.
  4. Marking: Membuat sketsa bentuk maupun ukuran dari masing-masing item sesuai ketentuan yang ada di gambar kerja(shop drawing).
  5. Cutting: Melakukan pemotongan material sesuai bentuk dan ukuran yang sudah dibuat.
  6. Setting dan assembling: Penyetelan item menjadi beberapa section kemudian merangkai menjadi suatu bentuk yang sudah ditentukan di gambar kerja shop drawing.
  7. Finishing: Membersihkan semua bekas tagweld maupun temporary support setelah pengelasan selesai. Biasanya dibantu oleh helpernya.

Baca juga : Cara fabrikasi flange ducting dan rumusnya

2. Pipe Fitter

Pipe fitter adalah orang yang bekerja dengan keahlian di bidang penyetelan/setting, penyambungan/join dan installasi/erection pipa termasuk komponen-komponen yang berkaitan dengan perpipaan(piping), misalnya flange, valve, stringer dan lain-lain.

Langkah-langkah pekerjaan yang dilakukan seorang pipe fitter meliputi beberapa tahap yaitu:

  1. Mempelajari drawing: Menerima job dari foreman piping melalui sebuah gambar kerja (gambar isometrik pipa) kemudian mereka mengamati dan mempelajari detail rancangan pemasangan pipa sesuai gambar isometrik, maupun gambar keyplan/layout-nya jika diperlukan.
  2. Mempersiapkan peralatan kerja: Alat-alat yang disiapkan antara lain: mesin las, cuttingg torch, gerinda, meteran, waterpass, siku, chainblock dan lain-lain.
  3. Menyusun material: Loading pipa sesuai kebutuhan termasuk juga acessori / komponen pendukung misalnya: flange, reducer, tee dan lain-lain.
  4. Marking dan cutting: Pengukuran dan pemotongsn pipa sesuai kebutuhan, termasuk membevel pipa sesuai standar di ilmu piping.
  5. Penyambungan pipa: Penyetelan pipa sesuai prosedur yang ada di isometric drawing. Untuk pengelasan tagweld akan dilakukan welder jika pekerjaannya di proyek migas.
  6. Finishing: Menganalisa serta merapikan hasil pekerjaan, termasuk menggerinda, cleaning serta semua yang berkaitan dengan kelurusan dan kesesuaian hasil penyambungan pipa.

3. Mechanical Fitter

Mechanical Fitter adalah orang yang bekerja pada bidang perbaikan dan perawatan alat-alat dan mesin-mesin industri. 

Mechanical fitter atau fitter mekanik bukanlah orang yang punya keahlian khusus seperti teknisi dan engineering, tetapi pekerjaan mereka selalu berhubungan dengan maintenance, mesin-mesin dan peralatannya.

Rangkaian pekerjaan mechanical fitter meliputi :

  1. fit up/penyetelan mesin
  2. perbaikan dan perawatan mesin-mesin
  3. serta melakukan pekerjaan modifikasi sesuai instruksi engineering berdasarkan standart operaionalnya.

Perlu Anda ketahui bahwa fitter fabrikasi, pipe fitter dan mechanical fitter secara individu di area proyek konstruksi dan piping sering disebut Fitter saja. Kenapa? Karena fitter adalah jabatan fungsional di proyek yang bisa ditempatkan pada semua bidang - fabrikasi, perpipaan maupun mekanikal. Tapi sayangnya jabatan yang punya peran penting di konstruksi ini belum punya struktur organisasi yang jelas.

Rekomendasi untuk Anda:

5 point penting cara jadi fitter yang baik banyak dicari

Itulah penjelasan mengenai definisi dan rangkaian pekerjaan fitter menurut pengalaman kami yang sudah banyak makan garam di proyek konstruksi dan perpipaan. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan lewat media sosial Anda.

Diupdate: 12 Agustus 2021

Add Comments

Settings Related Posts