Pengertian Diaphragm Valve dan Jenis-jenisnya

Pada dasarnya Diaphragm Valve mempunyai fungsi yang sama seperti jenis-jenis valve lainnya yaitu untuk mengatur aliran fluida maupun gas pada sistem perpipaan suatu industri, namun valve jenis diaghpragm ini memiliki kelebihan, diantaranya yaitu memiliki aliran yang tenang dan fluida akan mengalir tanpa hambatan.


jenis-jenis-diaghpragm-valve-dan-penjelasannya
Gambar diaphragm valve tipe weir

Jenis valve ini sangat baik untuk flow control dan penutupan aliran yang sangat rapat walaupun di dalam pipeline terkandung suspended solid. Diaphragm valve cocok digunakan untuk fluida yang korosif, fibrous materials, viscous material, sludges, solids in suspension, gas dan udara bertekanan.

Aktuator Untuk Diaphragm Valve

Diaphragm valve dapat dikendalikan oleh berbagai jenis aktuator misalnya manual, pneumatik, hidrolik, listrik dll. Pada umumnya jenis aktuator pneumatik yang paling banyak diaplikasikan dalam penggunaan diaghpragm valve karena lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan memakai hidrolik maupun listrik.

Meskipun demikian pengopersian secara manual dan hidrolik juga masih banyak digunakan terutama pada sistem proses industri yang tidak memerlukan kecepatan untuk buka-tutup ( open-close).

Jenis Diaphragm Valve (Katup Diafragma)

Struktur utama elemen Valve Diafragma adalah body, bonnet (tutup cerobong) dan diafragma fleksibel. Diaghpragm valve mudah dikenali pada bentuknya yang cembung tepat di bawah handle. Aplikasi utama Valve Diafragma melibatkan operasi tekanan rendah dan slurry.

Secara umum terdapat dua jenis diaphragm valve ini yaitu:
  1. Jenis Straightway
  2. Jenis Weir

1). Diaphragm jenis Straightway / Straight-throught

pengertian-diaphragm-valve-dan-jenis-jenisnya
pengertian-diaphragm-valve-dan-jenis-jenisnya
Gambar detail diaghpragm valve - straightway type

Jenis Straightway / Straight-throught dapat menembus lurus tanpa hambatan. Jenis valve ini memiliki ukuran dan inside diameter yang sama dengan pipa salurannya. Untuk mengoperasikannya diperlukan banyak putaran.

2). Diaphragm valve jenis Weir (bendungan)

pengertian-diaphragm-valve-dan-jenis-jenisnya
pengertian-diaphragm-valve-dan-jenis-jenisnya
Gambar detail diaghpragm valve jenis weir

Valve tipe Weir atau bendungan sangat baik untuk throttling dan penutupan rapat. Untuk mengoperasikan diaphragm valve tipe weir ini hanya memerlukan sedikit putaran saja.

Perlu Anda tahu, stem didalam valve diafragma tidak berputar (berotasi). Diafragma bergerak ke atas dan ke bawah dengan bantuan piston compression yang dalam perputaran yang lain digerakkan oleh lengan pengungkit atau pengoperasian stem.

Pada umumnya valve jenis ini tidak ada pembungkus atau penyelubung sehingga lebih mudah untuk perbaikan dan perawatannya. Tetapi bagaimanapun juga untuk bahan-bahan kimia berbahaya, bonnet disediakan dan disegel dengan teflon atau pembungkus lainnya.

Valve Diafragma ini diproduksi dari bahan-bahan seperti: besi tuang, besi lunak, baja lunak, stainless steel, dan campuran bahan tahan korosi.

Baca juga: Valve - Mengenal 11 Jenis Valve Beserta Fungsinya

Keuntungan Diaghpragm Valve (Katup Diafragma):

  1. Dapat digunakan sebagai on-off dan throttling katup layanan.
  2. Tahan terhadap bahan kimia karena tersedia berbagai lapisan.
  3. Kebocoran batang bisa dihilangkan .
  4. Menyediakan layanan gelembung - ketat.
  5. Tidak memiliki kantong perangkap endapan sehingga sangat cocok untuk lumpur dan cairan kental .
  6. Katup ini sangat cocok untuk bahan kimia berbahaya dan cairan radioaktif .
  7. Katup ini tidak memungkinkan kontaminasi media aliran, sehingga mereka digunakan secara ekstensif dalam pengolahan makanan , farmasi , pembuatan bir , dan aplikasi lain yang tidak bisa mentolerir kontaminasi .

Kekurangan Valve Diaghpragm (Katup Diafragma)

  1. Weir (bendung) dapat mencegah drainase penuh pada pipa .
  2. Temperatur kerja dan tekanan dibatasi oleh bahan diafragma . Umumnya tekanan dibatasi sampai 200 psi ( 1380 kPa ) dan suhu sampai 400 F ( 204 C ) .
  3. Diafragma juga dapat membatasi tekanan hidrostatik .
  4. Diafragma mungkin mengalami erosi bila digunakan secara ekstensif dalam layanan throttling yang mengandung banyak kotoran .
  5. Katup diafragma tersedia dalam ukuran yang terbatas , biasanya NPS 1/2 sampai 12 ( DN 15 sampai 300) .

Aplikasi Khas Katup Diafragma

  1. Air bersih atau kotor dan aplikasi layanan udara
  2. Sistem air de - mineralisasi
  3. Aplikasi korosif
  4. Sistem limbah radioaktif di fasilitas nuklir
  5. Layanan Vacuum
  6. Pengolahan makanan, farmasi , dan sistem pembuatan bir
Rekomendasi untuk Anda:

Nah itulah penjelasan mengenai Diaghpragm Valve dan jenis-jenisnya. Simak juga artikel mengenai jenis-jenis valve lainnya di sini. Jika artikel ini bermanfaat silahkan dishare melalui icon di bawah.

LihatTutupKomentar