Pengertian serta Fungsi Ginpole - Ginpull

Disamping untuk ereksen tower, Ginpole juga digunakan untuk menaikkan beban di atas struktur yang terlalu tinggi yang tidak bisa dijangkau dengan crane, seperti menempatkan antena di atas menara, dan untuk mengangkat segmen menara yang lain selama erection (ereksen).

fungsi-ginpole
Aktifitas erection Ginpole di area pegunungan

Apa Itu Ginpole?


GINPOLE (ginpull) adalah tiang berkaki tiga yang berfungsi untuk mengangkat beban.

Gin pole bisa diartikan juga "Tiangmas", yang pada ujung paling atas dipasang katrol dan dikombinasikan dengan wire sling serta mesin Winchi untuk menarik beban / material baja pada erection tower.

Dibandingkan dengan Crane, penggunaan Gin pole lebih praktis dan efisien, terutama pada lokasi yang tak terjangkau crane, seperti di area persawahan, di atas pegunungan dan di area sulit lainnya.

Pemasangan Ginpole


Pada tahap awal, ujung bawah Ginpole ditempatkan dalam lubang dangkal atau diikat kuat supaya tidak bergeser dan diposisikan sedemikian rupa sehingga ujung atas terletak di atas objek yang akan diangkat.Kemudian diamankan lagi dengan bentangan tiga tambang atau lebih, agar tidak roboh.
Tambang tersebut berfungsi juga untuk memindahkan secara lateral posisi top ginpole - yang dikendalikan dari bawah - agar selalu berada di atas beban yang akan di angkat.

Gin pole dirangkai dari beberapa segmen (section) yang bisa dibongkar pasang, ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan pemakaian.

Saat digunakan untuk membuat menara yang tersegmentasi, tiang gin dapat dilepas, diangkat, dan dipasang kembali ke segmen yang baru saja selesai untuk mengangkat yang berikutnya.Proses ini dapat diulang sampai bagian paling atas dari menara selesai terpasang, berapapun tinggi menara yang akan dibangun.

Aplikasi Pemakaian Ginpole


Fabrikasi ginpole dan ereksen tower

Gambar skema penggunaan Ginpole


fungsi-ginpole
Erection menara menggunakan ginpole


Gambar- gambar tersebut menunjukkan berbagai macam Ginpole / Tiangmas dalam berbagai aplikasi di lapangan.

LihatTutupKomentar