Cara Menjadi Pemborong Konstruksi bagi Pemula

 Dalam dunia konstruksi, menjadi kontraktor memiliki banyak keuntungan. Peluang bisnis di bidang jasa ini juga bisa dibilang menjanjikan dan tidak akan pernah mati. Sebab, akan terus dibutuhkan sampai kapanpun.

Kontraktor dan pemborong sama-sama bergerak di bidang jasa konstruksi. Hanya saja, keduanya tentu memiliki perbedaan.

Kontraktor biasanya mengerjakan proyek yang skalanya bisa dikatakan lebih besar dari pemborong. Selain itu, kontraktor memiliki izin usaha resmi dan berbadan hukum, sedangkan pemborong umumnya tidak memiliki dua hal tersebut karena dikelola secara individu.

Jasa kontraktor dan pemborong bisa kamu pilih untuk proyek bangun atau renovasi rumah. Bila tertarik, Anda juga bisa terjun ke dunia penyedia jasa pemborong. Jangan khawatir, sebagai pemula kamu tetap bisa membangun bisnis ini.


cara-menjadi-pemborong-konstruksi

Aktifitas erection gudang / image-https://deercreekfoundation.org


Bagi Anda yang saat ini memikirkan untuk menjadi penyedia jasa pembangunan, khususnya yang dapat dikerjakan dalam waktu singkat, maka memilih proyek konstruksi baja adalah pilihan yang tepat.

Jadi, selain membantu proses pembangunan, Anda juga dapat sekaligus membantu client untuk lebih menghemat biaya pembangunannya.Terlebih saat ini bangunan yang menggunakan fabrikasi baja terbilang kokoh dan harganya juga relatif lebih murah dari material lain.


Cara Menjadi Pemborong untuk Konstruksi Baja bagi Pemula


Peluang bisnis jasa bangun gudang, rumah, kantor, gedung, ruko, tempat kost, apartemen, dan sejenisnya bisa dikatakan sangat terbuka. Karena saat ini, bangunan tersebut tidak hanya digunakan sebagai hunian saja. Banyak orang yang menjadikannya sebuah investasi menggiurkan.

Maka dari itu, berikut adalah cara menjadi pemborong proyek konstruksi baja:


1. Cari Tahu Dahulu Harga Dasar


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu harga dasar dari fabrikasi baja yang akan digunakan. Bila belum diketahui harga dasarnya, Anda bisa memberikan pilihan kepada client model atau bahan seperti apa yang ia butuhkan dan inginkan.

Penentuan harga dasar ini berguna untuk menentukan harga yang akan diberikan pada client saat mengerjakan proyek konstruksi baja.

Harga dasar pekerjaan borongan konstruksi baja profil biasanya perkilogram. Tapi ada juga yang ditentukan per satuan paket.


2. Cari Tahu Tipe Pekerjaan atau Proyeknya


Selain mencari tahu harga dasar fabrikasi pada poin pertama, Anda juga harus mencari tahu tipe pekerjaan atau proyek yang akan dikerjakan.

Sebagai pemborong, pastikan Anda telah benar-benar mengetahui apa yang harus dikerjakan, seberapa banyak pekerjaannya, lama waktu pengerjaan, gaji pekerja, dan sebagainya. 

Dalam tahap ini Anda bisa minta bantuan seorang Estimator. Atau jika sudah punya pengalaman yang mumpuni di bidang konstruksi baja tentu sangat memudahkan langkah Anda. Tapi sebagai pemborong pemula tentu lebik baik menyewa jasa Estimator, bisa agen atau teman sendiri yang sudah berpengalaman.

Setelah mengetahui semua hal di atas, barulah Anda kalkulasikan berapa harga yang harus dibayarkan oleh client nantinya. Pastikan dalam hal ini tidak ada satupun pihak yang dirugikan.

Baca juga: Cara Menghitung Anggaran Estimasi Proyek Konstruksi Baja


3. Pikirkan Kemungkinan Terburuk


Jika sudah menentukan harga dasar material yang akan dipakai pada proyek konstruksi baja  dan juga telah mengetahui tipe pekerjaan dan aspek lainnya - termasuk upah pekerja, jangan lupakan poin ketiga ini.

Hal satu ini mungkin memang terlihat sepele, tetapi bila terjadi tentu akan menghambat atau bahkan merusak pengerjaan proyek. Apa saja sih yang bisa dikatakan kemungkinan terburuk? Berikut rinciannya:

  • Pekerja Berhenti

Pekerja adalah salah satu sumber daya manusia yang terlibat langsung mengerjakan proyek tersebut. Bayangkan jika satu saja pekerja mengundurkan diri, pengerjaan proyek konstruksi baja tentu akan terhambat. 

Untuk itu menciptakan lingkungan kerja yang harmoni sangat penting. Tidak ada ruginya jika seorang pemborong memberi 'tips' pada anak buahnya. Disamping untuk memotifasi/penyemangat, kalau dilakukan dengan ikhlas hitung-hitung sebagai sedekah. 

  • Bahan Fabrikasi Kurang atau Langka

Terbayangkah kamu jika bahan yang digunakan untuk proyek tersebut ternyata kurang atau malah langka, waktu pengerjaan tentu akan terulur.

Sebelum menyatakan 'siap' sebaiknya cek dan evaluasi dulu harga maupun stock materialnya di pasaran. Sedikit lebih mahal dengan stock melimpah itu lebih baik diprioritaskan daripada mencari harga paling murah tapi stock barang sedikit. Apalagi jika masih dijanjikan. 

  • Musibah atau Faktor Alam

Bila saat pengerjaan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran, banjir, atau faktor alam lain, Anda sebagai pemborong juga harus memikirkan hal ini. Karena bisa saja hal ini justru tidak hanya merugikan client, tetapi juga merugikan Anda.

Dalam kondisi seperti ini tidak boleh menyalahkan siapapun. Komunikasikan secara baik-baik dengan client mengenai agreement / perjanjian kontrak awalnya bagaimana. Usahakan dalam agreement ada tercantum kompensasi masalah faktor alam.


Itulah cara-cara yang harus Anda perhatikan jika ingin memulai usaha bisnis jasa pemborong konstruksi. Kadang tidak semudah yang dibayangkan. Halangan dan cobaan mesti harus bisa dihadapi. Dengan keuletan dan semangat pantang menyerah semoga Anda menjadi pemborong yang sukses.

Semoga bermanfaat! Silahkan dishare di sini.

Related Posts

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...