4 Cara Menjadi Welding Inspector

 Tahukah Anda bahwa profesi welding inspector menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan, oleh proyek konstruksi baja dan proyek pipa? Jangan anggap enteng profesi ini karena merupakan personal, yang wajib memastikan kualitas hasil las sesuai dengan standar tertentu. Jika salah, resikonya sangat besar! 

 
cara-menjadi-welding-inspector

Ilustrasi pengecekkan kualitas material oleh welding inspector / image-http://mythrii.com/


Lalu, siapakah Welding Inspector itu?

WI adalah orang yang bekerja memeriksa dan memastikan kualitas dan kekuatan hasil pekerjaan pengelasan. WI juga bertanggungjawab memeriksa dan memastikan peralatan serta juru las (welder) sudah memenuhi dan mematuhi prosedur standar keselamatan yang berlaku.


Tugas-tugas Welding Inspector


Apa tugas-tugas Welding Inspektor?Banyak orang berpikir bahwa WI hanya melihat hasil las-lasan yang sudah jadi, padahal sebenarnya bukan itu saja. Mereka (biasanya suatu tim) juga menangani catatan kualifikasi , mengawasi pengujian non-destruktif , memastikan bahan yang tepat tersedia selama pengujian , dan banyak lagi. 

Jika dirinci maka tugas-tugas Welding Inspector adalah: 

  • 1. Menjadi Pengawas Keselamatan(safety watchdog)

WI memastikan bahwa semua pekerjaan pengelasan sesuai dengan standar dan peraturan keselamatan yang ditetapkan perusahaan atau sesuai peraturan yang ditetapkan negara terkait.

  • 2. Mereview Dokumen

WI bertanggung jawab untuk memverifikasi bahwa semua dokumen-dokumen seperti: Spesifikasi Prosedur Pengelasan(WPS), building and welding plans, equipment calibration, and welding materials bahwa semua dokumen ini valid. Anda juga akan berperan penting dalam pembuatan dan pengembangan WPS.

  • 3. Inspeksi pre-welding (bukan hanya pasca-pengelasan)

WI bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan mendasar mengenai bahan las dan konsumable material yang akan diuji. Mereka juga harus memastikan bahwa semua metode sudah benar mulai dari pemotongan, posisi sambungan, pengaturan arus dan ampere oleh tukang las, jenis maupun kondisi elektroda dan bahkan hal-hal seperti penempatan arde dan kelurusan sambungan las sudah benar.

  • 4. Memantau Proses Pengelasan

WI harus terus memantau dan mengawasi selama proses pengelasan untuk memastikan semuanya berjalan mengikuti parameter dan standar yang sudah ditetapkan.

  • 5. Memeriksa hasil lasan

WI selanjutnya melakukan pengujian visual apakah terdapat cacat pekerjaan atau tidak, kemudian evaluasi hasil, membuat laporan dan dokumentasi. Selain itu juga memeriksa temperatur setelah proses las selesai dan memberi tanda, pada lokasi pengujian sampel. WI bertanggungjawab melakukan inspeksi, memeriksa dan mengidentifikasi hasil lasan dan akan tetap mengawasi bila ada repair/perbaikan lasan.

Itulah beberapa tugas-tugas penting Welding Inspector. Mereka bertanggungjawab memastikan bahwa kualitas dan kekuatan produk sudah benar sesuai standar dan aman untuk digunakan. Tugas dan tanggungjawab WI memang berat tapi tentunya setara dengan imbalan yang didapat.

Bagaimana, mau mencoba peruntungan pada profesi ini? Jika iya, berikut tips dan cara menjadi welding inspektor yang bisa Anda praktekkan.


Cara Menjadi Welding Inspector


Biasanya perusahaan besar selalu mencari welding inspector yang memiliki latar belakang pendidikan, sesuai dengan profesi tersebut. Salah satunya adalah kuliah di jurusan teknik, tapi seiring waktu tak sedikit pula yang menerima pengawas las yang basic pendidikan bukan dari jurusan teknik.

Memang bukan hal mudah untuk berada di posisi sebagai welding inspector, selain faktor pendidikan juga butuh jam terbang yang tidak sedikit dan kualifikasi yang sesuai. Tapi apapun bisa terjadi kalau mau berusaha. Kalau Anda mau mencobanya, berikut ini empat cara jitu agar kesempatan mendapatkan posisi tersebut terbuka lebar.

  • 1. Sudah Pernah Jadi Welder

Sebaiknya untuk melangkah menjadi welding inspector, Anda sudah pernah menjadi welder. Sehingga pengalaman di dunia pengelasan sudah cukup maksimal, ini akan membantu Anda upgrade skill untuk menjadi seorang inspektur.

Biasanya posisi welder yang berpotensi jadi inspektur, adalah pada posisi kelas 1 atau welder dengan spesifikasi terbaik.

Baca juga : Tips dan Cara Menjadi Welder Piping Profesional

  • 2. Punya Skill yang Dibutuhkan

Banyak kemampuan khusus yang harus dimiliki seorang welding inspector, diantaranya adalah:

    a. Paham material

Anda harus punya pemahaman tentang material, yang akan digunakan saat melakukan proses las. Mulai dari kemampuannya menempel, standar kualitas, hingga kepuasan klien dengan material yang dipilih.

    b. Paham proses

Banyak proses las yang tersedia, sesuai dengan kebutuhan. Anda harus paham semua jenis proses tersebut agar hasilnya maksimal, bisa meminimalisir masalah terutama dari segi kualitas las nantinya. Seperti gas tungsten arc welding (GTAW), Shield Metal Arc Welding (SMAW), dan lain-lain.

    c. Paham prosedur inspeksi

Seorang welding inspector juga perlu mengetahui proses inspeksi hasil las, melakukannya dengan tepat dengan kriteria inspeksi yang sesuai dengan standar.

    d. Paham gambar

Bisa memahami gambar arsitektur pengelasan yang akan dilakukan, kemudian mengimplementasikannya dengan benar.

    e. Paham laporan welding

Bisa membuat laporan hasil las perpipaan atau jenis las lainnya, sebagai bukti kerja yang jelas.

    f. Paham cara berkomunikasi

Bisa berkomunikasi dengan baik, kepada para juru las, hingga klien.

  • 3. Sudah ikut pelatihan khusus

Pastikan juga Anda sudah mengikuti pelatihan khusus untuk menjadi seorang welding inspector. Biasanya butuh waktu sekitar tiga bulan pelatihan, untuk mengetahui semua seluk beluk menjadi seorang inspektur. Pusat Pelatihan dan biaya Kursus Welding Inspector bisa Anda lihat di sini.

  • 4. Punya sertifikat Welding Inspector

Hal wajib lainnya adalah punya Certificate Welding Inspector atau sertifikat legal dari lembaga terkait, yang menyatakan Anda adalah seorang welding inspector. Beberapa tempat-tempat atau badan pelatihan untuk mendapatkan CWI, bisa Anda coba alamat di bawah ini:

  1. RCMS Universitas Indonesia Jakarta - http://www.rcms.ui.ac.id/page/read/Kursus-Welding-Inspector
  2. BMD Training Center Tangerang - https://www.sertifikasibnsp.id/training-welding-inspector-sertifikasi-bnsp
  3. PT. Media Cendekia Utama Bogor dan tersebar di kota-kota besar lainnya - https://www.trainingcenter.co.id/welding-inspector-training
  4. Balai Besar Bahan dan Barang Teknik B4T-Bandung - https://www.b4t.go.id/service/international-welding-inspector/
  5. SLV Cilegon Banten - https://slv.co.id/welding-inspector/
  6. PPNS Surabaya - https://ppns.ac.id/pusat-penelitian-dan-pengabdian-masyarakat-2/
  7. Kampuh Indonesia - https://www.kampuh-indonesia.com/2020/08/training-welding-inspector-surabaya/ 
  8. DUJ Training Batam - https://dujtraining.com/training/

Dan masih banyak lagi tempat-tempat pelatihan untuk welding inspector di kota-kota besar Indonesia.

Jika semua cara di atas sudah Anda penuhi, maka tinggal selangkah lagi untuk jadi seorang welding inspector di perusahaan yang diidamkan. Baik itu pada proyek konstruksi baja, piping, atau kerja lepas pantai. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Diupdate: 02 Agustus 2021


Bagikan ke

LihatTutupKomentar