Mengenal Tipe Plumber dan Tugasnya

Plumbing adalah istilah yang berhubungan dengan sistem perpipaan air pada bangunan dan berkaitan langsung dengan sistem saluran air daerah.

Istilah plumbing sendiri berasal dari bahasa Inggris yakni pipa ledeng, jadi kalau diartikan, Plumbing adalah suatu sistem pemipaan yang mengatur sirkulasi dan distribusi air bersih dan air limbah pada bangunan gedung. Plumbing mencakup pekerjaan instalasi pipa beserta semua komponen dan peralatan sistem perpipaan.

Sistem plumbing didesain oleh piping engineer yang bekerja sama dengan engineer bangunan. Sedangkan orang yang terjun langsung untuk menggarap instalasinya adalah plumber.

Siapa Plumber?

Plumber adalah tukang ledeng yakni orang yang bekerja dengan keahlian di bidang pemasangan, perbaikan dan pemeliharaan sistem plumbing di kawasan pemukiman, perkantoran, hotel dan lingkungan industri.

Plumber bisa bekerja secara freelance, dalam sebuah tim kontraktor atau bekerja di dalam perusahaan. Mereka merakit, memasang, atau memperbaiki saluran pipa plumbing dan alat kelengkapan, heating, sistem drainase dsb. Mereka juga merakit komponen pipa, tubing, fitting, menggunakan kopling, threaded komponen atau dengan pengelasan. Baca juga: Pengertian dan jenis fitting pipa.

Tugas dan pekerjaan plumber sekilas memang sama dengan pipe fitter. Tapi sebenarnya ada perbedaan, seperti pada area pekerjaan dan jenis sistem perpipaannya.

Plumber bertugas mengerjakan pipa air yang berkaitan dengan sistem plumbing pada bangunan gedung, sedangkan pipe fitter bekerja di area proyek konstruksi pemipaan yang mengerjakan semua jenis sistem pipa, misalnya perpipaan air, perpipaan minyak maupun gas serta pada semua jenis fluidanya.

Note: Pipe Fitter dan Fitter biasanya mempunyai keahlian yang sama, rata-rata mereka bisa menguasai pekerjaan konstruksi baja maupun piping. Jika tertarik dengan Fitter, Anda bisa baca di sini 5 point penting cara jadi fitter yang baik.

Pembagian Tipe Plumber

Jika dibedakan berdasarkan spesialis pekerjaannya, Plumber bisa dibagi dalam tiga tipe, yakni:

1. Residential Plumber

Residencial Plumber adalah tukang plumbing yang spesialis bekerja di area pemukiman atau perumahan. Mereka mengerjakan perpipaan dan peralatan yang berkaitan dengan saluran air bersih, termasuk perbaikan saluran wastafel dapur, kamar mandi, drainase dan saluran pipa lainnya di sekitar perumahan.

2. Commercial Plumber

Commercial Plumber adalah tukang plumbing profesional yang melayani pekerjaan di lingkungan industri dan komersial. Mereka bekerja di ruang ritel, gedung industri, sekolah, dan rumah sakit.

Commercial plumber merupakan orang-orang profesional yang menangani lebih banyak sistem pipa daripada tukang plumbing residencial. Mereka mempunyai keahlian yang lebih luas, instalasi saluran air bersih, sistem sprinkler, saluran pembuangan, dan sebagainya.Tukang pipa komersial dapat bekerja di boilers, sewer lines, atau lift stations. Para profesional ini dapat dipanggil untuk perbaikan kapan saja, termasuk akhir pekan dan hari libur.

3. Repaire and Service Plumber

Repaire and Service Plumber adalah tukang plumbing yang spesialis menangani service dan perbaikan plumbing. Mereka melakukan perbaikan dan perawatan pada pipa ledeng yang sudah ada, termasuk komponen dan peralatan sistem pipanya. Plumber tipe ini bekerja secara individu berdasarkan panggilan atau bisa dari sebuah tim kontraktor yang kompeten.

Tugas Plumber dan Tanggung jawabnya

Untuk menjadi Plumber profesional perlu skill yang bagus dan pengalaman bertahun-tahun. Mereka bekerja dengan tugas dan tanggung jawab yang cukup berat sampai selesainya proyek, supaya dapat memperoleh pengakuan dengan mendapatkan sertifikat keahlian (Sertificate of Employment).

Tukang plumbing bertugas mengaplikasikan gambar berdasarkan desain dari engineer. Jika dijabarkan, tugas dan tanggung jawab secara umum Plumber yang profesional meliputi:

  • Membaca gambar kerja sistem plumbing, untuk mengetahui spesifikasi dan tata letak sistem saluran air bersih, limbah, dan ventilasi serta semua sistem peralatannya.
  • Mendeteksi kesalahan pada peralatan dan sistem plumbing, dan mampu menemukan solusinya dengan benar.
  • Memasang, memperbaiki, dan merawat perlengkapan dan sistem perpipaan.
  • Mengatur dan menandai letak sambungan pipa , lubang saluran, dan perlengkapan di dinding dan lantai.
  • Mengukur, memotong, membengkokkan, dan memasang pipa menggunakan alat listrik atau dengan mesin manual.
  • Menyambung pipa dengan welded fitting, fitting kompresi, fitting berulir, crimp dan fitting push-fit, dsb.
  • Melakukan tes tekanan pipa menggunakan sistem hydrotest atau leak test untuk mengetahui kebocoran pipa.
  • Bekerja dengan aman, mengerti dan mematuhi standar keselamatan kerja yang berlaku.

Lisensi dan Sertifikasi

Mengenai lisensi dan sertifikasi – seperti yang sudah diterapkan di sebagian besar negara eropa, sampai saat ini kita belum mendengar di negara kita ada lisensi atau sertifikasi untuk Plumber. Tapi bagaimanapun juga yang sangat diperhitungkan adalah skiil dan pengalaman kerja. Yang dibuktikan dengan adanya Certificate of Employment dari tempat mereka bekerja.

Berapa gaji Plumber?

Penghasilan seorang Plumber sangat tergantung pada keahlian dan pengalaman mereka. Plumber pemula mungkin tidak bisa menetapkan harga sesuai keinginan, sedangkan untuk Plumber profesioanal penghasilan mereka rata-rata paling tidak di atas upah minimum regional.

Nah itulah pembahasan mengenai pekerjaan plumber. Jika Anda tertarik dengan pekerjaan ini, mulailah menjalin relasi dengan tukang plumbing di sekitar Anda supaya dapat kesempatan untuk mencoba terjun di bidang ini. Terima kasih,semoga bisa menambah pengetahuan.

Rekomendasi:

LihatTutupKomentar