Thursday, 12 January 2017

Ball Valve - Pengertian,Tipe-tipe dan Fungsinya

Jika dilihat dari bentuk casingnya, kadang kita sulit membedakan mana Ball Valve dan yang mana Globe Valve.Kedua jenis valve ini memang mempunyai bentuk serta nama yang hampir mirip.

Lalu, bagaimana cara membedakannya?
Baca terus penjelasannya berikut ini sehingga Anda dapat dengan mudah membedakan antara Ball Valve dan Globe Valve.

Apa yang dimaksud Ball Valve?

Ball Valve adalah sebuah katup dengan pengontrol aliran berbentuk disc bulat seperti bola. Disc bola tersebut memiliki lubang yang berada tepat di tengahnya. Ball Valve dalam posisi terbuka (open) ketika lubang tersebut menghadap searah dengan kedua ujung katup, dan aliran akan terjadi.Dan ketika handle diputar sehingga posisi lubang berada tegak lurus terhadap ujung katup, maka posisi valve dalam kondisi tutup (close), dan aliran akan terhalang atau tertutup.

Ball valve banyak digunakan  karena kemudahannya dalam  perbaikan dan kemampuan untuk menahan tekanan dan suhu tinggi. Tergantung dari material apa mereka terbuat, Ball Valve dapat menahan tekanan hingga 10.000 Psi dan dengan temperature sekitar 200 derajat Celcius.

Ilustrasi-pemasangan-ball-valve+pneumatic-actuator
( Ilustrasi-pemasangan-ball-valve+pneumatic-actuator/photo by www.gommci.com )

Ball Valve digunakan secara luas dalam aplikasi industri karena mereka sangat serbaguna, dapat menahan tekanan hingga 1000 barr dan suhu hingga 482 ° F (250 ° C). Ukurannya biasanya berkisar 0,2-11,81 inci (0,5 cm sampai 30 cm).

Baca juga :

Ball Valve dapat terbuat dari logam , plastik atau pun dari bahan keramik. Bolanya sering dilapisi chrome untuk membuatnya lebih tahan lama.


TIPE-TIPE BALL VALVE


Ada 2 tipe Ball Valve yaitu :

1. Full Bore Ball Valve


ball-valve-tipe-full-bore

Full bore ball valve adalah tipe ball valve dengan diameter lubang bolanya sama dengan diameter pipa. Jenis full bore ball valves ini biasanya digunakan pada  blow down, piggable line, production manifold, pipeline...


2. Reduced Bore Ball Valves


ball-valve-tipe-reducer-bore

Reduced bore ball valves adalah jenis ball valve yang diameter lubang bolanya tidak seukuran  / lebih kecil dari ukuran pipa. Minimum diameter bola katup yang berkurang adalah  satu ukuran lebih rendah dari ukuran diameter pipa  sebenarnya. Misalnya ukuran diameter  pipa 4 inci dan diameter bola valve adalah 3 inchi.


FUNGSI, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BALL VALVE


Pemakaian Dan Fungsi Ball Valve


Ball Valve sering dipakai pada proses hydrocarbon, ball valve mampu mengatur besar kecil aliran gas dan uap terutama untuk tekanan rendah. Valve ini dapat dengan cepat ditutup dan cukup kedap untuk menahan fluida/ zat cair. Ball valve tidak menggunakan handwheel, tetapi menggunakan ankle untuk membuka atau menutup valve dengan sudut 90°. Desainnya yang simple, meminimalkan turunnya tekanan pada saat valve dibuka penuh.

Ball Valve banyak dipakai dan difungsikan pada:
  • Pengendalian Aliran (Flow Control)
  • Pengendali Tekanan (Pressure Control)
  • Shut off
  • Cocok untuk high pressure dan temperatures / tekanan dan suhu yang tinggi


Kelebihan Ball Valve:


  • Kehilangan tekanan sangat rendah
  • Jarang bocor
  • Ukuran simple dan tidak begitu berat jika dibandingkan dengan valve lain yang sejenis
  • Mudah dibuka dan tidak mudah terkontaminasi.


Kekurangan Ball Valve :


  • Seat bisa rusak karena adanya gesekan antara ball dengan seat
  • Pembukaan handle yang cepat bisa menimbulkan water hammer/palu air pada system sehingga terjadi tekanan yang besar yang bisa merusak system/sambungan dan dinding pipa.

Source :
http://www.kitomaindonesia.com

loading...