Fungsi Dummy dan Trunion Support

Pipa memiliki jenis yang beragam. Jenis -jenis dari pipa yang sering digunakan biasanya ditentukan berdasarkan kondisi dan desain dari pipa. Kondisi dan desain ini ditentukan dengan mempertimbangkan teknis dan komersialnya.

Berdasarkan desain dan cara pembuatannya, pipa dibagi menjadi 2, yaitu pipa seamless atau pipa tanpa sambungan dan pipa welded atau pipa dengan sambungan. Pipa seamless biasanya digunakan untuk sistem pipa yang membutuhkan ukuran pipa yang kecil maupun ukuran sedang. Adapun pipa welded memiliki diameter ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan pipa seamless.

Ketika kita menggunakan pipa panjang dengan ukuran yang besar, tentunya kita membutuhkan support untuk menahan panjangnya pipa. Support ini berfungsi untuk membantu menopang berat pipa dan juga berat fluida yang ada di dalam pipa.

Support di dalam dunia perpipaan dibagi menjadi 3 jenis (seperti yang sudah kita bahas pada Jenis-jenis Support dan Fungsinya), yaitu pipe support hanger, pipe support restraint, dan juga vibration absorbers. Pipe support hanger ini merupakan salah satu jenis support yang sering digunakan untuk menopang pipa agar pipa tidak tertahan sepenuhnya oleh equipment.

fungsi-dummy-dan-trunion-pada-instalasi-perpipaan

Selain untuk menopang pipa, pipe support/hanger juga berfungsi untuk menghindari terjadinya slagging pada pipa. Sagging merupakan terjadinya penggembungan pada pipa. Dalam artian, pipa mengembung ke bawah akibat kurangnya penopang. Jika hal ini terjadi, maka fluida yang ada di dalam pipa akan tertahan, sehingga fluida tidak akan mengalir.

Jenis-jenis dari pipe support/hanger ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu ada yang langsung ke struktur pipa dan ada juga yang menggunakan shoe. Nah salah satu jenis dari pipe support hanger adalah Trunion Support dan Dummy Support pada perpipaan.

Apa Itu Dummy Support?

Dummy adalah bagian dari pipa yang berfungsi sebagai cabang penopang antara pipa dan titik penopang terdekat. Biasanya lebih kecil atau ukurannya sama dengan pipa yang didukung. Dengan mengelas bagian tambahan ini ke siku pipa, pada dasarnya dapat memperkuat titik rentan dari sistem pipa.

Mengapa menggunakan dummy?

Pada sistem perpipaan terkadang terdapat beberapa spool pipa yang menonjol. Hal semacam ini akan beresiko untuk patah. Oleh karenanya dummy support pada pipa akan memperkuat pipa yang menonjol pada titik-titik ini dan menjaga gravitasi agar pipa tidak tertarik ke bawah.

Aplikasi pemasangan support dummy bisa dilakukan secara vertikal pada tekukan(elbow)  atau secara horisontal. Tergantung kebutuhan di lapangan.

Apa Itu Trunion Support?

Trunion adalah pipa tambahan yang dilas ke pipa vertikal untuk menambah kekuatan. Trunnion biasanya dilas ke area sistem perpipaan yang membutuhkan daya dukung beban yang lebih tinggi.

Mengapa menggunakan trunnion?

Tanpa penyangga, pipa vertikal bisa menjadi tidak stabil. Ketika gravitasi turun, pipa menekuk dan bergoyang, menyebabkan pipa dalam bahaya. Trunion meningkatkan stabilitas dan membantu mengamankan pipa.

Apa Perbedaan Dummy dan Trunion?

Kedua jenis support ini memang unik dan sering disebut bersama-sama. Bahkan ada yang mengartikan bahwa support Dummy dan support Trunion itu sama, padahal tidak! jadi wajar kalau Anda bertanya-tanya, "Apa perbedaan antara trunnion dan dummy?" 

fungsi-dummy-support-pipa

Gambar Dummy support

fungsi-trunion-support-pipa

Gambar Trunion support

Bila kita perhatikan kedua gambar di atas maka sudah nampak jelas perbedaan dari keduanya.

Dummy

Support dummy terbuat dari satu potongan pipa yang dilas di belakang siku pipa yang berfungsi untuk menyangga dan menstabilkan pipa pada titik belokan.

Trunion

Sebaliknya, trunion berbentuk dua pipa yang dilas pada dua sisi yang berlawanan pada pipa vertical yang berfungsi agar pipa tidak bengkok, sekaligus menjaga agar pipa tidak goyah yang dapat menyebabkannya aus atau pecah.

Jadi itulah perbedaan yang paling menonjol dari kedua support tersebut.

Fungsi Trunion dan Dummy support 

Trunion support dan dummy support pada perpipaan merupakan penyangga pipa yang memperkuat bagian pada pipa. Selain itu juga menstabilkan sistem  perpipaan. Seorang engineer akan menghitung berapa banyak support yang dibutuhkan dalam sistem perpipaan yang sedang dikerjakan.

Trunnion support dan Dummy support pada perpipaan adalah pipa tambahan yang digunakan sebagai support. Dimana ukurannya mirip atau lebih kecil jika dibandingkan dengan pipa utama yang sedang digunakan dalam sistem perpipaan. Trunion support ini nantinya akan dilas dengan sistem perpipaan yang sedang berjalan.

Namun biasanya, trunion support dan dummy support menggunakan pipa ukuran yang sama dengan pipa utama biasanya dihindari. Hal ini karena sulitnya pemotongan profil dan juga kesulitan dalam pengelasan antara trunnion support dan dummy support pada pipa utama selama konstruksi.

Selain sebagai penopang pada sistem perpipaan, trunnion support dan dummy support juga memiliki fungsi yang lain dalam sistem perpipaan.

Nah untuk jelasnya yuk kita simak fungsi trunion support dan dummy support dibawah ini.

1. Memperkuat titik lemah pada sistem perpipaan

Pada sistem perpipaan pasti terdapat titik lemah yang dapat mempengaruhi kinerja sistem perpipaan. Jika tidak ditangani maka dapat menyebabkan pipa pecah ataupun rusak. Oleh karenanya pada sistem perpipaan dibutuhkan suatu support sebagai solusinya. trunnion support dan dummy support dapat memperkuat bagian yang rapuh sehingga dapat melindungi sistem perpipaan yang sedang berjalan. Titik lemah ini biasanya dapat dicari dengan melakukan analisis berat dan analisis tegangan pipa yang ada pada sistem perpipaan.

2. Menjaga pipa dari tekanan tinggi

Saat proses sistem perpipaan berlangsung, pasti terdapat fluida yang mengalir di dalamnya. Fluida ini memiliki energi yang mengalir melalui pipa. Sehingga ketika fluida mengalir di dalam pipa maka fluida akan menabrak dinding pipa. Akibat hal itu maka akan memberi tekanan ekstra pada titik-titik tertentu di dalam pipa. Nah dengan menambahkan trunnion support  dan dummy support pada titik pipa yang rentan, maka hal ini akan menyebabkan tekanan pada fluida akan menyebar ke segala arah, sehingga pipa tidak pecah. 

3. Menjaga pipa dari tata letak pipa di luar penopang

Terkadang pada sistem perpipaan terdapat beberapa pipa yang menonjol di luar penopang. Pipa yang yang menonjol di luar penopang akan beresiko untuk patah. Oleh karenanya dummy support pada pipa akan memperkuat pipa yang menonjol pada titik-titik ini dan menjaga gravitasi agar tidak menarik pipa yang menonjol ini ke bawah.

Demikian ulasan mengenai support dummy dan trunion beserta perbedaan dan fungsinya. Simak juga Berbagai gambar yang digunakan dalam proyek piping di sini, semoga berguna. Terima kasih sudah membaca artikelnya.


LihatTutupKomentar