-->

Settings Posts Feature

Panduan Lengkap - Ukuran dan Schedule Pipa Beserta Tabel

Panduan Lengkap - Ukuran dan Schedule Pipa Beserta Tabel

Nursahid

Di proyek konstruksi perpipaan tentu tidak asing dengan istilah nominal pipe size maupun schedule. Yap! NPS dan SCH adalah metode standar untuk menentukan ukuran dan ketebalan pipa yang digunakan secara umum.

panduan-mengetahui-nps-dan-scedule-pipa

Dimensi pipa yang mencakup ukuran dan schedule ini merupakan salah satu pengetahuan yang wajib dimiliki utamanya ketika Anda bekerja di proyek konstruksi dan piping. Artikel ini akan mengulas semuanya mengenai apa itu Nominal Pipe Size, Diameter Nominal, schedule pipa beserta tabelnya. 

Jadi sebelum ada NPS dan SCH seperti saat ini pada awalnya ukuran pipa hanya didasarkan pada tiga macam, yaitu:

  • Standard Weight (STD) 
  • Extra-Strong (XS), dan
  • Double Extra-Strong (XXS)

Namun seiring perkembangan teknologi dan modernisasi di berbagai industri, tiga macam standar tersebut tidak cukup untuk mengcover semua kebutuhan sistem perpipaan. Sehingga untuk menyempurnakannya dirumuskan konsep ‘schedule number’ yang menggabungkan antara ketebalan dinding pipa (wall thickness) dengan diameter pipa.

Dalam prakteknya saat ini, ketika mendengar kata ‘pipa’ di proyek konstruksi dan perpipaan, yang muncul pertama kali di benak kita adalah pipa berapadan schedule berapa. Memang, secara umum penggunaan pipa didasarkan dua item, yakni:

  1. NPS - diameter nominal pipa
  2. Pipe Schedule - yang tidak lain adalah ketebalan dinding pipa.

Untuk lebih memahami apa itu NPS, NB, DN dan SCH silahkan lanjut menyimak penjelasan di bawah ini. Ada baiknya baca juga: Dasar-dasar ilmu perpipaan untuk Pipefitter pemula pada artikel sebelumya.

Apa Itu Nominal Pipe Size

Nominal Pipe Pize atau disingkat NPS adalah metode untuk menentukan ukuran pipa berdasarkan diameter nominal, dan bukan berdasarkan diameter yang sebenarnya.

Ukuran outside diameter pipa berdasarkan Nominal Pipe Size dengan outside diameter yang sesungguhnya terkadang tidak sama. Saat Anda mengatakan pipa 4 inch, maka sebenarnya 4 inch itu adalah ukuran nominal pipa, bukan ukuran diameter 4 inch yang sesungguhnya.

Mari kita buktikan: 1 inch = 25,4 mm kalau dikalikan 4 menjadi 101,6 mm, padahal kalau diukur secara aktual outside diameter pipa 4 inch adalah 114,3 mm. Berarti ada perbedaan antara ukuran nominal pipa / NPS dengan diameter aslinya.

Tapi bukan berarti ukuran nominal itu pasti tidak sama dengan diameter aslinya. Untuk pipa ukuran 14 inch ke atas ukuran nominalnya adalah sama dengan ukuran diameter aktual pipanya. Misalnya, pipa 16 inch, kalau diukur secara aktual maka outside diameternya juga 16 inch, contoh: 16 x 25,4 = 406,4 mm pada tabel NPS juga tertera angka 406,4 mm. Bisa dicek ya, di katalog atau tabel.

Jadi NPS sebenarnya merupakan standar ukuran pipa yang dibuat berdasarkan ketentuan yang sudah diatur oleh ASME (American Society of Mechanical Engineering), yakni organisasi swasta dan nirlaba di Amerika Serikat yang berfokus terutama untuk memastikan keseragaman dalam standar yang digunakan dalam disiplin teknik.

Ukuran pipa yang dikenal dengan istilah NPS ini secara umum tersedia mulai dari ukuran 1/8 inch sampai 48 inch. Ukuran 52 inch ke atas sudah termasuk ukuran spesial yang jarang sekali digunakan di process plant.

Apa itu Diameter Nominal

Diameter Nominal atau disingkat DN adalah Standar Internasional (SI atau Matric Designator) yang dipakai di Eropa yang setara dengan NPS. Perlu dicatat bahwa DN menunjukkan ukuran pipa yang berbeda dari NPS. DN menggunakan satuan milimeter, dimana 1 inch dibulatkan menjadi 25 mm tanpa ada angka desimalnya.

Pipa 2 inch secara sederhana disebutkan sebagai DN 50, Pipa 4 inch disebut DN 100, dan seterusnya. Di sini istilah DN pada umumnya dipakai standar untuk ukuran pipa bahan plastik, HDPE dan sejenisnya.

Sedikit berbagi pengalaman, kami pernah partner dengan salah satu perusahaan spesialis pipa HDPE- untuk menggarap repair pipa HDPE Fire Water Pump di salah satu perusahaan gas negara. Pipa yang saya kerjakan waktu itu adalah 10”. Saya buta tidak tahu sama sekali mengenai pipa hdpe. 

Saya browsing di internet mencari referensi mengenai spesifikasi dan harga material. Sekitar 1 jam meluncur di internet tidak menemukan hasil, yang ada adalah HDPE DN250. Saya coba menghubungi teman untuk memastikannya. Dan ternyata benar bahwa DN250 ya pipa 10” itu.

Jadi untuk mengetahui ukuran NPS ke DN cukup mengalikannya dengan 25, terkecuali untuk ukuran pipa kurang dari 4 inch harus lihat tabel. Periksa tabel di bawah untuk memudahkan pemahaman. 

Apa itu Pipe Schedule?

Schedule atau biasanya disingkat SCH adalah parameter yang digunakan untuk menggambarkan ketebalan pipa (wall thickness). Semakin besar nomor schedule maka semakin tebal pipanya, dan semakin kecil pula inside diameter pipanya. Contoh, pipa 4 inch schedule 40 mempunyai ketebalan 6,02 mm sedangkan pipa 4 inch schedule 80 ketebalnnya adalah 8,56 mm.

Pada awalnya ukuran ketebalan pipa hanya berdasarkan tiga jenis saja, yakni:

  1. Standart (STD)
  2. Strong (XS)
  3. Extra Strong (XXS)

Kemudian, pada saat ini ketentuan scedule pipa sudah diperluas menjadi berbagai nomer scedule, mulai dari sch 5, sch 10, sch 20, sch 30, sch 40, sch 60, sch 80, sch 100, sch 120, sch 140 dan sch 160. Jenis pipa yang paling umum dan paling banyak diaplikasikan di site adalah pipa schedule 40. Sedangkan pipa sch 160 hanya digunakan di kondisi tertentu pada temperature dan pressure tinggi.

Rekomendasi:

  1. Pengertian pipa sch 40 dan sch 20 beserta penjelasannya
  2. Penjelasan lengkap dimensi pipa CS dan SS - ASME B36.10 dan B36.19.

Kode dan Standar Schedule Pipa

Beberapa ketentuan umum pada pipa schedule antara lain:

  • SCH 40 dan SCH Standar(STD) memiliki ukuran yang sama, pada pipa 1/8 inch sampai dengan pipa ukuran 10 inch. Untuk pipa 12 inch ke atas ukuran ketebalan antara sch 40 dan sch STD sudah berbeda.
  • Pipa sch STD mulai ukuran 12 inch ke atas memiliki ketebalan dinding yang sama yaitu 9,53 mm. Jadi meskipun pipanya 48 inch pipa sch STD ketebalannya adalah 9,53 mm.
  • XS memiliki ketebalan yang sama dengan schedule 80 hingga NPS 8 inch (DN 200). Di atas NPS 8 inch, XS memiliki ketebalan dinding 12,5 mm.
  • XXS mempunyai ukuran yang lebih besar daripada schedule 160.

Kode ASME B36.10 adalah standar untuk Welded and seamless wrought steel pipe yang mencakup ukuran mulai dari schedule 5, 10, 20, 30, 40, STD, 60, 80, XS, 100, 120, 140, 160, dan XXS.

Untuk pipa stainless steel / SS diatur dalam ASME B36.19 memiliki ciri nomer schedule yang berbeda dengan steel pipe yaitu: schedule 5S, 10S, 20S, 40S dan 80S. Ada tambahan huruf ‘S’ dibelakang nomor schedule yang menunjukkan kode khusus untuk pipa stainless steel.

Untuk Anda yang bekerja sebagai pipe fitter, bisa mengetahui kode-kode ASME untuk pipa yang akan Anda kerjakan di description material dalam gambar isometric pipa, contohnya: Pipe SMLS, SCH40, A106, GR B, ASME B36.10 dan seterusnya. Cara membacanya adalah Pipa seamless schedule 40 sesuai standart astm A106 dan asme B36.10

Rumus Pipe Schedule

Rumus untuk perhitungan nomer schedule pipa bisa di lihat di bawah ini;

Schedule = (P/S)*1000
P = internal working pressure (psig)
S = allowable stress (psi)

Tegangan ‘S’ yang diijinkan untuk material pada suhu tertentu tetap, artinya dengan bertambahnya angka pressure ‘P’ maka schedule-yang merupakan penanda ketebalan dinding pipa-juga akan bertambah.

Tabel Ukuran Nominal dan Schedule Pipa

Di bawah ini kami lampirkan tabelnya, silahkan klik link ini:

   BUKA TABEL SCHEDULE PIPA    

Atau, download tabel versi pdf di sini:

Kesimpulan

Setiap Fitter dan Pipefitter mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda mengenai istilah perpipaan ini. Ada yang menyebut ukuran pipa dengan nama NPS atau DN, bahkan kebanyakan mereka tidak mempermasalahkan apa itu NPS dan DN yang penting tahu ‘pipa berapa dan schedule berapa’. Padahal sebenarnya kata 'pipa berapa' itu sama dengan NPS berapa atau DN berapa. 

So, berdasarkan penjelasan lengkap di atas semoga teman-teman proyek konstruksi dan piping yang selama ini bingung memahami arti schedule pipa bisa terjawab. Jangan lupa selain pemahaman tentang scedule(sch) dan dimensi, yang tak kalah pentingnya adalah mengerti gambar P&ID beserta penjelasannya yang digunakan dalam proyek piping.

Jadi sebenarnya arti schedule itu menjelaskan tentang ketebalan pipa yang standart ketebalannya sudah ditentukan oleh pabrik pembuat pipa berdasarkan ketentuan ASME. Sedangkan Nominal Pipe Size menjelaskan tentang ukuran diameter luar pipa yang standart ukurannya juga sudah ditentukan.

Catatan tambahan:

  • NPS merupakan istilah umum yang dipakai untuk mengetahui ukuran diameter pipa carbon steel, stainless steel dan pipa baja lainnya.
  • DN adalah istilah umum yang sering dipakai untuk mengetahui ukuran diameter pipa dari bahan plastik,  HDPE dan sejenisnya.
  • Untuk pipa 14 inch ke atas ukuran NPS adalah sama dengan OD yang sebenarnya, sedangkan untuk pipa diameter kurang dari 14 inch ukuran standart OD nya sudah ditentukan. Lihat Tabel di atas.
Itulah panduan mengenai ukuran nominal pipa dan sekedulnya. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan ilmu piping Anda serta sobat project team di proyek konstruksi dan migas. Terima kasih sudah baca artikelnya. Jika bermanfaat silahkan dishare ke medsos Anda melalui ikon di bawah ini.

3 Comments

Cancel

Iklan bawah artikel

Settings Related Posts