Fungsi PDMS dalam Modelling Piping. Ternyata Ini!

 Piping atau pipa merupakan benda yang digunakan untuk mengalirkan berbagai jenis zat cair, maupun gas. Sistem perpipaan digunakan untuk menyalurkan atau menghubungkan fluida dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Seiring waktu, ilmu pipingpun banyak diminati.

fungsi-pdms-dalam-modelling-piping
Gambar pdms-Vapour Recovery Unit/image; https:www.baypore.com


Pipa merupakan material yang berbentuk silinder, berlubang lurus yang digunakan sebagai tempat mengangkut benda cair, gas, maupun benda padat. Jenis pipa yang digunakan dapat menyesuaikan dengan desain dan kondisi yang dibutuhkan. Umumnya, pipa terbagi atas dua kategori, yaitu pipa tanpa sambungan dan pipa sambungan yang dibuat dengan cara dilas.

Sebagai seorang engineer, membuat gambar isometrik adalah hal yang wajib. Tujuan dari adanya gambar ini adalah mempermudah proses pengerjaan bagi para plant maupun kontraktor. Menggambar tentu memakan waktu yang lama. Maka dari itu, engineer perlu menggunakan software PDMS (Plant Design Management System) yang dapat digunakan untuk modelling piping.

Dalam sistem perpipaan, terbagi disiplin ilmu, di antaranya piping design, piping material, dan piping stress analysis.

Pada piping desain merupakan bidang ilmu yang bertugas membuat desain pada sistem perpipaan dari equipment lain atau dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam spesifikasi desain dapat menggunakan PDMS, sehingga minim terjadi kesalahan yang dilakukan pada desainer.

Piping material merupakan bidang yang bertugas melakukan pemilihan bahan pipa. Selain itu, bertugas pada pengelasan, pengecatan, dan spesifikasi fabrikasi, serta masih banyak lagi.

Untuk, piping stress analysis merupakan bagian yang menganalisas desain pipa.

Lalu, 

Apa Itu PDMS (Plant Design Management System)?

Istilah PDMS tidak asing lagi bagi para engineer. Plant Design Management System adalah program atau software yang digunakan untuk membuat modelling 3D. Perangkat lunak ini mampu menunjukkan konsep tiga dimensi saat proses desain berlangsung.

Software PMDS semakin banyak diminati karena memiliki letak yang akurat saat koordinasi desain berlangsung. Di samping itu, dengan menggunakan PDMS dari piping dapat menghasilkan gambar isometrik secara otomatis dengan akurasi yang tinggi, sehingga tidak perlu menggambar secara manual lagi.

PDMS bukan hanya digunakan dalam membuat desain gambar saja, melainkan dapat digunakan untuk mengatur proses desain itu sendiri. Pada umunya, PDMS banyak digunakan untuk membuat desain gambar pada teknik sipil, teknik piping, dan teknik mesin.

Untuk teknik sipil, biasanya yang digunakan adalah membuat bracing, pondasi, dinding, lantai, piperpack, dan masih banyak lagi.

Selain itu, bagian piping adalah bagian yang paling banyak menggunakan PDMS. Engineer menggunakan PDMS untuk modelling pipa dan komponennya, instrument, material, hingga menggamar detail isometrik. Gambar yang dihasilkanpun dengan akurasi tinggi sehingga dapat menampilkan secara jelas letak dan susunan pipa.

Gambar PDMS bisa menjadi pelengkap dari gambar-gambar proyek yang lain dan sangat membantu pengguna di lapangan-terutama pipe fitter dalam mengeksekusi instalasi pipa pada saat proyek Task Force.

Selanjutnya, dalam bidang mechanical biasanya PDMS digunakan untuk memodelkan mechanical equipment, seperti vessel, tank, kolom, dan masih banyak lagi. 

Fungsi PDMS

PDMS merupakan perangkat lunak yang banyak digunakan, karena mampu menunjukkan model atau konsep 3D saat proses desain masih berlangsung. Hasil gambar pun dapat dibuat secara otomatis tanpa harus menggambar secara manual dan memiliki akurasi yang tinggi.

Selain itu, terdapat pula fungsi lain dari software PDMS, yaitu

  • Desain. Bagian utama pada modul PDMS adalah menampilkan grafik atau bentuk model yang merepresentasikan bentuk dari project sesungguhnya. 
  • Dapat menghasilkan gambar isometrik dalam bentuk format yang memiliki akurasi  tinggi.
  • Seringkali, saat melakukan desain plan yang besar membuat beberapa area terpisah. Namun, PDMS memiliki fungsi administrator yang mengatur pemisahan proyek plan ke dalam PDMS.
  • Dapat digunakan untuk membuat atau mengubah komponen dalam katalog pada suatu project database. Pada gambar desain proyek, data yang ada apa katalog tersedia melalui database khusus. 
  • Mengatur dan mengelompokkan dari hasil membuat katalog menjadi lebih spesifik.
  • Properties database biasanya dapat disediakan oleh seorang stress analysis. 
  • Users define able attribute dapat digunakan sebagai informasi tambahan yang dapat disimpan pada database dan dapat diaplikasikan ke dalam gambar maupun laporan.

Nah, bagaimana? Setelah melihat kecanggihan software PDMS ini. Anda berminat menjadi desainer PDMS? Dalam dunia engineer, oil& gas, civil ataupun mechanic memiliki pendapatan yang terbilang cukup tinggi dan sepadan dengan risiko kerja. Tawaran pendapatan pun berkisar 6-15 juta perbulan. Jika, di luar negeri, Anda bisa mendapatkan lebih dari puluhan juta per bulan. 


LihatTutupKomentar