Teknik Dasar Membaca Gambar Fabrikasi (Update)

Fitter dan Shop Drawing, dua istilah yang selalu berkaitan. Fitter adalah orang yang melakukan proses fabrikasi, merangkai dan membuat alat produksi dan konstruksi. Sedangkan Shop Drawing adalah gambar fabrikasi atau gambar dari suatu bentuk barang atau alat-alat produksi maupun konstruksi yang akan dibuat oleh seorang fitter.

Ruang lingkup pekerjaan fitter sangat luas, bahkan bisa dibilang hampir semua jenis pekerjaan yang berhubungan dengan proyek di situ pasti membutuhkan tenaga Fitter. Oleh karena itu seorang fitter dituntut untuk bisa membaca gambar atau paling tidak tahu teknik dasar membaca gambar fabrikasi, karena dari situ akan berkembang dan bisa membaca gambar selanjutnya yang lebih complete.

Baca juga : 

Macam-Macam Gambar Fabrikasi


Jika Anda seorang Fitter fabrikasi ataupun Fitter konstruksi maka Anda wajib mengetahui dan bisa 'membaca' gambar-gambar fabrikasi sebagai berikut:
  1. Arrangement Drawing
  2. Section Drawing
  3. Detail Drawing
  4. Cutting Plan
Untuk jenis gambar konstruksi yang lain, misalnya: General Drawing, As Built Drawing, Preliminary Drawing dan lain-lain itu urusan nanti, yang penting 4 jenis gambar fabrikasi tersebut harus bisa dikuasai.
Kenapa?
Simak penjelasannya di bawah ini.

1 # Arrangement Drawing

Arrangement Drawing adalah gambar fabrikasi yang menunjukkan bentuk secara menyeluruh dari suatu product yang akan dibuat. 
Melalui gambar tersebut Fitter harus bisa membaca/mengetahui dimensi keseluruhan dari produk yang akan dikerjakan, mulai dari panjang, lebar, tinggi maupun item-item yang terdapat di dalam gambar tersebut.

Arrangemnt Drawing di sini yang saya maksud bukan gambar secara menyeluruh dari serangkaian produk / konstruksi secara kompleks, tapi diambil sebagian kemudian dibuatkan gambar arrangement tersendiri untuk dikerjakan atau difabrikasi.

Kita ambil contoh gambar sederhana seperti ini :

gambar-arrangement-fabrikasi
Sketsa gambar arrangement 

2 # Section Drawing

Section Drawing adalah gambar yang menunjukkan salah satu atau beberapa bagian dari produk/konstruksi yang akan dibuat berdasarkan arrangement drawing tersebut.

Section Drawing merupakan pecahan dari Arrangement Drawing yang menjelaskan secara rinci item-item yang ada di sana, termasuk juga ukurannya.
Di dalam gambar section ini nantinya akan dipecah lagi untuk menunjukkan secara detail baik jenis material, dimensi maupun toleransinya.

Contoh gambar:
gambar-section-fabrikasi
Sketsa gambar salah satu bagian dari Arrangement Drawing

3 # Detail Drawing

Detail Drawing merupakan pecahan dari Section Drawing yaitu gambar yang menunjukkan secara terperinci semua ketentuan yang harus dikerjakan, mulai dari jenis material, dimensi, jarak dan diameter lubang baut, toleransi ukuran, jenis pengelasan dan lain-lain.

Detail drawing biasanya ditunjukkan dengan tanda lingkaran dan huruf A,B,C dan seterusnya.
Contoh gambar:
gambar-detail-fabrikasi
Contoh gambar Detail.

4 # Cutting Plan

Cutting Plan adalah gambar yang menunjukkan bentuk potongan dari masing-masing item beserta jenis material,ukuran maupun tebal plat.
Fitter harus jeli mengenai bentuk dan ukurannya. Dan yang lebih penting lagi, bagaimana cara mengatur dan memposisikan  gambar tersebut ke dalam material. Dari sini biasanya bisa diukur skill seorang Fitter.

Contoh gambar cutting plan:
gambar-cutting-plan-fabrikasi
Sketsa gambar Cutting Plan

Sampai di sini mungkin Anda sudah faham mengenai bagian-bagian gambar fabrikasi.

Sudut Pandang Gambar Fabrikasi


Disamping kita harus mengetahui bagian-bagian gambar fabrikasi, yang tak kalah penting juga adalah tahu sudut pandang gambar fabrikasi. 

Apa yang dimaksud sudut pandang bagi seorang fitter?
Sudut pandang yang saya maksud di sini adalah kemampuan seorang fitter untuk membaca gambar fabrikasi dari beberapa arah.

Ya, gambar fabrikasi memang pada umumnya diperlihatkan dalam 3 arah/sudut pandang yaitu:
  • TOP VIEW - gambar yang memperlihatkan bentuk item dilihat dari arah atas.
  • FRONT VIEW - gambar yang menunjukkan pandangan dari arah depan.
  • SIDE VIEW - gambar yang diperlihatkan dari arah samping.
Adakalanya hanya ditunjukkan dalam 2 sudut pandang saja, karena bentuknya simple.

Dari ke-tiga sudut pandang tersebut kemudian diolah dalam rasio sehingga muncul gambaran seperti apa nantinya produk/konstruksi yang akan dibuat/dikerjakan.
Bagaimana bisa cepat dan jadi produk yang bagus kalau cara membaca sudut pandangnya saja keliru? Semoga Anda tidak.

Berikut ada contoh sederhana teknik dasar cara membaca gambar fabrikasi dalam beberapa sudut pandang.

READ MORE : Teknik Dasar Membaca Gambar Bentuk Datar

Related Posts